kumparan
22 Mar 2019 18:25 WIB

5 Rekomendasi Makanan Halal Khas Irlandia

Cottage pie Foto: Shutter Stock
Selama ini, kuliner Irlandia memang lebih dikenal dengan minuman alkoholnya yang tersohor, namun rupanya, negara ini juga punya hidangan khas berupa makanan halal yang tak kalah nikmat, lho. Sebagai negara yang punya curah hujan tinggi dan lahan subur, Negara Zamrud ini memiliki produk pertanian serta peternakan yang berkualitas tinggi.
ADVERTISEMENT
Selain itu, ada pula berbagai hasil laut unggulan seperti ikan salmon asap, kerang, hingga tiram. Beberapa menu makanan juga biasanya menyediakan pilihan daging, selain daging babi yang disediakan untuk mereka yang tak bisa mengkonsumsinya.
Apa saja makanan halal yang bisa kita temukan di Irlandia? Berikut kumparan sajikan ulasan lengkapnya:
1. Irish traditional stew
Menu makanan di Molly Malone's Irish Pub. Foto: Fanny Kusumawardhani/kumparan
Merupakan semacam sup atau rebusan yang dicampur dengan berbagai macam isian, irish traditional stew kerap disajikan di acara-acara spesial seperti perayaan St. Patricks' Day. Hidangan sup ini terdiri dari potongan daging domba dan sayuran umbi, lalu disajikan bersama kuah kaldu sapi yang gurih dan pekat.
Tekstur daging dombanya pun empuk dan tak berbau. Nah, biasanya, irish tradisional stew dimakan bersama potongan roti khas Irlandia yang terbuat dari soda dan gandum utuh.
ADVERTISEMENT
2. Spice bag
Menu di Molly Mallone's Pub Foto: Fanny Kusumawardhani/ kumparan
Camilan khas Irlandia yang satu ini terdiri dari campuran kentang goreng dan ayam goreng tepung yang dibalut saus manis pedas. Berdasarkan penjelasan public relation dari Molly Malone's Irish Pub, Sarah O Grady, spice bag sejatinya adalah kudapan populer di Dublin yang terinspirasi dari menu Chinese take away.
Meski hanya berupa camilan, namun porsinya yang cukup besar membuat perut terasa cepat kenyang, apalagi dengan adanya perpaduan kentang dan potongan ayam.
3. Bangers and Mash
Bangers and mash Foto: Shutter Stock
Secara sederhana, hidangan bangers and mash adalah sajian sosis yang disajikan di atas kentang tumbuk. Sosis dan kentang tumbuk tersebut lalu disiram dengan saus bawang merah dan dilengkapi bawang goreng serta kacang polong.
ADVERTISEMENT
Meski sering dimasak sebagai menu rumahan, bangers and mash juga kerap disebut sebagai hidangan ala pub, karena proses memasaknya yang cepat dan mudah untuk dibuat dalam jumlah besar. Oh ya, sebelum menyantapnya, pastikan terlebih dahulu bila sosis yang digunakan tak terbuat dari daging babi, ya.
4. Cottage pie
Cottage pie Foto: Shutter Stock
Selain hidangan yang kebanyakan terbuat dari daging sapi, kuliner khas Irlandia juga didominasi oleh pai. Salah satu menu makanan halal yang bisa kamu santap adalah cottage pie.
Pai tersebut terbuat dari daging sapi cincang yang dimasak dengan saus bawang merah dan sayuran, lalu ditumpuk dengan lapisan kentang tumbuk sebelum dipanggang. Terkadang, parutan keju juga ditambahkan sebagai topping untuk menambah cita rasanya.
ADVERTISEMENT
5.Roti soda
Roti soda Foto: Shutter Stock
Nah, ternyata Irlandia juga punya roti tradisional, lho. Menariknya, hidangan yang dikenal dengan nama roti soda tersebut tak menggunakan campuran ragi, melainkan baking soda.
Selain itu, tepung yang digunakan adalah jenis tepung gandum utuh; dengan campuran telur, buttermilk, mentega, dan kismis atau kacang-kacangan. Tekstur roti yang dihasilkan pun sangat empuk dan ringan. Roti ini kerap disajikan sebagai pelengkap hidangan sup khas Irlandia.
Dari sederet makanan halal khas Irlandia di atas, kira-kira mana yang ingin kamu coba?
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan