Pencarian populer

7 Camilan Manis Khas India yang Cocok Dijadikan Menu Buka Puasa

Kudapan manis India (Foto: Instagram @cookinacurry & @spicebangla)

Menjadi salah satu negara yang kaya akan ragam kulinernya, India memiliki varian makanan manis yang menggugah selera. Aneka kudapan manis tersebut rata-rata terbuat dari susu dan gula. Dua di antaranya, yakni laddu dan gulab jamun, menjadi dua sajian yang terpopuler.

Dengan aroma dan rasanya yang lumer di lidah, membuat kudapan khas Negeri Bollywood ini cocok dijadikan menu berbuka puasa saat Ramadhan. Lantas, kudapan manis khas India apa saja yang cocok untuk berbuka puasa? Yuk, simak ulasannya!

1. Purnam Burelu

Loading Instagram...

Kudapan manis khas India yang pertama adalah purnam burelu. Terbuat dari campuran tepung terigu, mentega dan kelapa, purnam burelu memiliki cita rasa yang manis dan legit. Dalam penyajiannya, adonan purnam burelu akan dibentuk menjadi bulatan kecil, lalu digoreng hingga berubah warna menjadi kecokelatan.

2. Chena Poda

Loading Instagram...

Bagi kamu si pecinta keju, kamu patut mencicipi kudapan satu ini. Adalah chena poda, dalam pembuatannya, keju cottage dan gula akan ditumbuk dan diremas-remas hingga kalis, kemudian dibentuk menyerupai bulatan atau kotak pipih. Setelah itu, adonan chena poda yang telah dibentuk akan dipanggang hingga berwarna kecokelatan. Perpaduan gurihnya keju cottage bercampur karamel yang manis menghasilkan cita rasa sajian yang lumer di mulut. Nikmat!

3. Shor Bhaja

Loading Instagram...

Shor Bhaja merupakan kudapan manis khas Negeri Bollywood yang terbuat dari susu kental manis yang dituang secara perlahan ke dalam penggorengan, lalu digoreng hingga berubah menjadi cokelat keemasan. Rasanya yang begitu manis dan lumer di mulut akan semakin nikmat bila dipadukan dengan segelas susu atau teh tawar.

4. Gulab Jamun

Loading Instagram...

Selain shor bhaja, salah satu kudapan yang tak kalah populernya adalah gulab jamun. Kudapan ini terbuat dari adonan susu dan terigu yang dibentuk menyerupai bola-bola kecil, lalu direndam di dalam sirup gula. Bagi kamu yang tidak begitu suka manis, kamu bisa menyantap gulab jamun bersama dengan segelas teh tawar atau susu tanpa gula.

5. Laddu

Loading Instagram...

Memiliki bentuk yang hampir serupa dengan gulab jamun, laddu merupakan sajian khas India yang terbuat dari campuran tepung terigu, susu dan gula. Dengan rasa yang begitu manis, laddu kerap dihidangkan sebagai salah satu menu utama di berbagai acara besar keagamaan atau ritual tertentu.

6. Jalebi

Loading Instagram...

Kudapan manis selanjutnya adalah jalebi. Berbentuk melingkar dengan warna oranye yang mencolok, jalebi kerap disajikan sebagai menu wajib di setiap rumah di India. Untuk memperkaya rasa, adonan jalebi yang telah digoreng akan disiram dengan sirup gula kental, lalu dihidangkan bersama dengan susu.

7. Dhokla

Loading Instagram...

Kudapan India yang terakhir adalah dhokla. Terbuat dari bahan-bahan yang sederhana seperti tepung beras dan kacang tanah, dhokla umumnya akan disajikan sebagai kudapan di kala senggang atau menu pembuka. Untuk menambah tekstur dan cita rasa, masyarakat India akan menaburkan rajangan kacang tanah dan buah delima ke atas dhokla.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.32