Pencarian populer

7 Fakta Kesehatan Susu Kambing

Manfaat Susu Kambing (Foto: thinkstock)

Selain susu sapi, salah satu jenis susu yang sering dikonsumsi adalah susu kambing. Memiliki cita rasa hambar sedikit asam, susu kambing mempunyai sederet manfaat kesehatan.

Kandungan protein, karbohidrat, kalsium, vitamin A, vitamin B2, hingga fosfor yang terkandung dalam susu kambing dipercaya dapat mengurangi peradangan dan memperbaiki pencernaan. Susu kambing juga kerap dimanfaatkan sebagai produk kecantikan bernama masker kefir.

Bukan itu saja, susu kambing juga menyimpan fakta kesehatan lainnya yang dimiliki susu kambing. Apa saja? Yuk simak ulasannya seperti dilansir Boldsky:

1. Bagus untuk pencernaan

Melancarkan sistem pencernaan. (Foto: Pixabay)

Dibandingkan jenis susu lainnya, asam lemak dalam susu kambing cenderung lebih sedikit, sehingga lebih mudah dicerna tubuh. Selain itu, kandungan protein yang dimilikinya juga bermanfaat untuk membantu mengurangi peradangan dalam tubuh.

2. Memperkuat tulang

Menjaga kesehatan tulang dan gigi (Foto: Thinkstock)

Susu kambing kaya akan kalsium. Secangkir susu kambing mengandung 327 miligram mineral yang lebih banyak dari susu sapi. Mineral tersebut dapat membantu mencegah osteoporosis, rakhitis, dan memperkuat tulang dan gigi.

3. Bersifat antiinflamasi

Manfaat Susu Kambing (Foto: thinkstock)

Susu kambing bersifat antiinflamasi yang dapat mengurangi peradangan akibat infeksi virus dan bakteri. Tak hanya Itu, enzim oligosakarida yang dimiliki susu kambing juga dipercaya dapat mencegah dan mengobati radang usus.

4. Melindungi hati

Manfaat Susu Kambing (Foto: thinkstock)

Tak hanya baik untuk pencernaan, kandungan asam lemak yang dalam susu kambing rupanya juga bisa membantu menyeimbangkan kadar kolesterol dalam tubuh. Hal tersebut tentunya akan melindungi tubuh dari berbagai penyakit kronis, di antaranya stroke, serangan jantung, aterosklerosis dan komplikasi koroner lainnya.

5. Memperbaiki sistem metabolisme

Manfaat Susu Kambing (Foto: thinkstock)

Susu kambing mengandung nutrisi yang lebih padat dibandingkan susu sapi. Secangkir susu kambing menyediakan 20 persen vitamin B, fosfor dan potasium dalam jumlah besar. Meminum susu kambing secara rutin akan membantu merelaksasikan saluran pencernaan dan memperbaiki sistem metabolisme.

6. Menjaga kesehatan kulit

Kulit sehat (Foto: Thinkstock)

Trigliserida dan asam lemak dalam susu kambing juga berfungsi sebagai pelembab yang membantu menjaga kulit tetap ternutrisi. Kandungan vitamin A dan asam laktat yang ada dalam susu kambing juga berkhasiat memperbaiki jaringan kulit rusak, membuang sel kulit mati, serta meningkatkan kesehatan kulit secara keseluruhan.

7. Meningkatkan kesehatan otak

Otak manusia (ilustrasi). (Foto: Pixabay/PeteLinforth)

Sebuah penelitian mencatat bahwa kandungan lipid dalam susu kambing secara efektif dapat menurunkan rasa cemas. Selain itu, asam linoleat dan mineral yang dimilikinya juga bermanfaat untuk membantu menjaga sistem imun, memaksimalkan perkembangan otak sekaligus menjaganya agar selalu sehat.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Sabtu,25/05/2019
Imsak04:26
Subuh04:36
Magrib17:47
Isya19:00
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.23