Pencarian populer

7 Makanan yang Bisa Mencegah Rambut Rontok

Ilustrasi biji bunga matahari Foto: Shutter Stock
Rambut rontok menjadi salah satu permasalahan yang kerap dialami oleh perempuan maupun laki-laki. Faktor penyebabnya ada beragam; mulai dari stres, kekurangan nutrisi, hingga perubahan hormon.
ADVERTISEMENT
Bukan itu saja, kesehatan rambut ternyata juga dipengaruhi oleh pola makan dan nutrisi yang masuk ke tubuh kita. Menurut penelitian yang dilakukan oleh Dr. Emily L. Guo, dokter di Baylor College of Medicine di Texas, berkurangnya konsumsi protein, zinc, vitamin D, serta nutrisi lain dapat mengganggu pertumbuhan rambut.
Agar kerontokan rambut tak semakin menjadi, kita bisa mencegahnya dengan memperbaiki asupan nutrisi. Berikut, sederet makanan yang dapat memperlambat kerontokan rambut dan membuatnya lebih sehat, di antaranya:
1. Bayam
Bayam Foto: Pixabay
Dalam beberapa kasus --khususnya perempuan-- kekurangan mineral; seperti zat besi protein, dan vitamin D dapat menyebabkan rambut rontok. Nah, bayam menjadi salah satu sumber zat besi alami yang bisa kita santap.
Tak cuma kaya zat besi, sayuran hijau ini juga mengandung sebum yang bertindak sebagai kondisioner alami untuk rambut. Selain itu, ada juga beberapa kandungan lain; seperti omega-3, magnesium, kalium, dan kalsium yang bisa menjaga rambut tetap berkilau serta tidak kering.
ADVERTISEMENT
2. Biji bunga matahari
Biji bunga matahari untuk cemilan. Foto: Pixabay
Biji-bijian yang satu ini kaya akan vitamin B5 yang membantu aliran darah di kulit kepala tetap lancar dan meningkatkan pertumbuhan rambut. Berdasarkan Clinical and Experimental Dermatology report, kekurangan vitamin B5 diidentifikasi sebagai penyebab rambut rontok.
Dengan menyantap satu ons biji bunga matahari, 20 persen dari kebutuhan vitamin B5 kita sudah terpenuhi.
3. Telur
Menggoreng telur mata sapi Foto: Shutter Stock
Dalam studi yang dipublikasikan International Journal of Trichology, 36 persen dari perempuan yang mengalami kerontokan rambut rupanya kekurangan vitamin biotin. Agar rontoknya rambut tak semakin parah, tambahkan telur dalam menu makanan sehari-hari.
Kandungan vitamin B --biotin-- yang tinggi pada telur dapat membantu pertumbuhan rambut dan memperkuat kuku yang rapuh.
4. Kacang lentil
Kacang lentil Foto: Shutter Stock
Kaya akan protein, zat besi, zinc, dan biotin, kacang lentil juga punya kandungan asam folik yang tinggi. Asam folik tersebut dibutuhkan untuk mengembalikan kesehatan sel darah merah yang berfungsi menyediakan oksigen untuk kulit kepala.
ADVERTISEMENT
5. Makanan laut
Ilustrasi tiram Foto: pixabay.com
Zinc merupakan salah satu mineral penting yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Kekurangan nutrisi zinc dapat menyebabkan kerontokan pada rambut, bahkan bulu mata.
Menurut penelitian dari Biological Trace Element Research, penambahan zinc telah terbukti mengurangi kerontokan rambut pada perempuan dengan sindrom ovarium polikiistik (PCOS).
Zinc akan membantu sel-sel yang berperan dalam menumbuhkan rambut. Untuk memenuhi asupan zinc, kamu bisa mengkonsumsi aneka makanan laut; seperti lobster, kepiting, atau tiram.
6. Bit
Ilustrasi Bit Foto: Pixabay
Umbi bit kaya akan kandungan zat kimia alami yang dikenal dengan nama nitrat. Berdasarkan penelitian dalam British Journal of Clinical Pharmacology, nitrat berfungsi untuk meningkatkan sirkulasi oksigen dan nutrisi pada folikel rambut.
7. Oatmeal
Oatmeal Foto: Shutterstock
Salah satu penyebab kebotakan pada laki-laki dan perempuan kerap dikaitkan dengan resistensi insulin. Untuk mengatasinya, kita bisa mengkonsumsi makanan yang kaya serat seperti oat. Kandungan serat yang tinggi pada oat ini akan membantu memperbaiki sensitivitas tubuh terhadap insulin, yang bisa mengurangi rambut rontok.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan dan Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.86