Pencarian populer

7 Olahan Serba Ikan yang Gurih untuk Santap Makan

Ikan goreng (Foto: Thinkstock)

Sebagai negara Maritim, Indonesia merupakan salah satu negara dengan hasil laut yang melimpah. Tak terkecuali beragam jenis ikan yang dapat dengan mudah kita jumpai di pasar tradisional maupun pasar modern.

Biasanya ikan akan diolah dengan cara digoreng atau dibakar lalu disajikan bersama cocolan sambal pedas. Namun selain digoreng atau dibakar, ternyata ikan juga cocok diolah menjadi beragam sajian lezat lain, lho. Mulai dari pepes, otak-otak, hingga sup untuk hangatkan tubuh.

Ingin menyajikan olahan ikan yang lebih lezat menggugah selera? Berikut kumparanFOOD rangkum tujuh rekomendasi olahan ikan yang tak kalah lezatnya. Apa saja?

1. Otak-otak ikan bandeng

Loading Instagram...

Tak seperti olahan otak-otak lainnya yang dibalut menggunakan daun pisang, otak-otak ikan bandeng memiliki tampilan yang lebih unik yakni menggunakan kulit bandeng sebagai pembungkusnya. Karenanya, sekilas sajian ini lebih mirip ikan bandeng utuh yang diisi dengan adonan daging berbumbu gurih.

Dikenal pula dengan nama bandeng isi, biasanya isian otak-otak terbuat dari daging bandeng yang digiling dan dicampur berbagai bumbu seperti bawang, santan, telur, dan rempah-rempah. Agar lebih lezat, kamu dapat menggorengnya dengan balutan telur kocok dan sajikan bersama sambal pedas atau sambal kacang pedas. Sedap!

2. Gurame goreng tepung asam manis

Loading Instagram...

Gurame merupakan salah satu ikan yang memiliki banyak penggemar karena dagingnya yang lembut dan tebal. Bila bosan dengan olahan gurame yang digoreng atau dibakar, tak ada salahnya mengolah ikan air tawar ini menjadi gurame goreng tepung berlumur saus asam manis.

Menggunakan daging gurame fillet, rasa lembut daging berpadu renyahnya tepung sangat cocok disajikan dengan sepiring nasi hangat. Apalagi ditambah siraman saus asam manis yang terbuat dari bawang, cabai, dan saus yang dimasak hingga mengental, sajian gurame ini dijamin akan membuat santap makanmu menjadi lebih menggugah.

3. Pepes ikan nila bumbu pedas

Loading Instagram...

Bagi kamu yang ingin menyajikan menu ikan yang lezat namun tetap menyehatkan, pepes ikan dapat menjadi pilihan tepat. Salah satunya sajian pepes yang terbuat dari ikan nila berlumur bumbu khas Nusantara yang gurih pedas seperti bawang, kemiri, jahe, kunyit, dan cabai.

Dimasak dengan cara dikukus atau dipanggang di atas bara api, pepes nila bumbu pedas ini sangat cocok disajikan sebagai lauk utama saat makan siang. Dikombinasikan dengan daun kemangi dan daun salam, aroma pepes yang harum dijamin akan membuat siapa pun tak tahan untuk langsung melahapnya.

4. Sate lilit ala Bali

Loading Instagram...

Bali memang terkenal akan sajian sate lilitnya yang gurih dan pastinya lezat. Selain dibuat dari daging ayam atau sapi, kamu juga dapat membuat sajian sate lilit dari daging ikan tenggiri, lho.

Dibuat dengan mencampur daging tenggiri giling, bumbu halus dan santan, rasa gurih berpadu lembutnya daging membuat sate lilit ini semakin menggugah selera. Agar lebih lezat, kamu dapat menyajikannya bersama siraman saus kecap atau sambal matah yang pedas menyegarkan.

5. Pindang ikan patin

Loading Instagram...

Sajian berkuah segar seperti pindang ikan patin sangat cocok disajikan sebagai menu makan siang. Daging ikan patin yang tebal dan gurih berpadu rempah akan mengeluarkan aroma sedap yang membuat siapa pun tergoda untuk mencicipinya.

Tak hanya itu, keistimewaan pindang ikan patin terletak pada tambahan jeruk nipis, tomat, serta potongan nanas yang menambah rasa segar pada sajian. Selain rasa segar yang kuat, tak jarang pula pindang ikan patin ditambahkan dengan potongan cabai sehingga cita rasanya lebih pedas dan pastinya sedap.

6. Gulai kepala ikan

Loading Instagram...

Selain dagingnya, ternyata kepala ikan merupakan salah satu bagian ikan yang populer dan sering diolah menjadi beragam sajian lezat. Salah satunya gulai kepala ikan kakap yang gurih dan bercita rasa kuat.

Perpaduan kepala ikan berukuran cukup besar yang gurih dan kuah kentalnya sangat cocok disantap sebagai menu makan siang nan menggugah. Sebagai penambah rasa, sajian gulai ikan juga biasanya ditambah dengan potongan cabai dan daun kemangi agar aromanya semakin sedap tercium.

7. Sup ikan tenggiri

Loading Instagram...

Selain diolah menjadi sate atau pempek, ikan tenggiri yang dimasak menjadi sup ternyata juga tak kalah nikmat, lho. Perpaduan lembutnya daging ikan, rempah nan wangi, dengan kuah hangat sangat cocok dihidangkan saat cuaca dingin. Ditambah potongan cabai dan tomat hijau sebagai penambah rasa pedas dan segarnya sup ikan tenggiri akan membuat santap makan menjadi lebih sedap.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Jumat,24/05/2019
Imsak04:26
Subuh04:36
Magrib17:47
Isya19:00
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.23