Pencarian populer

7 Restoran Halal yang Bisa Kamu Kunjungi saat Berada di Tokyo

Makanan halal Tokyo (Foto: Fb @sumiyakiya)

Tak seperti negara mayoritas Muslim yang merayakan bulan Ramadhan penuh suka cita, kemeriahan bulan puasa memang tak terlihat di Jepang. Pasalnya, negara dengan berbagai kebudayaan unik ini memang mayoritas memeluk agama Shinto dan Buddha.

Meski begitu, bagi kamu yang sedang berada di Negeri Sakura dan tengah melaksanakan ibadah puasa di sana tak perlu khawatir, karena Jepang juga memiliki banyak restoran yang menyajikan aneka sajian halal dan ramah Muslim. Salah satunya ada di Tokyo, ibu kota sekaligus salah satu kota terbesar di Jepang.

Mulai dari ramen, sushi, tempura, hingga sukiyaki halal dapat kamu temukan di berbagai sudut kota Tokyo. Penasaran? Berikut kumparanFOOD rangkum tujuh restoran ramah Muslim yang ada di Tokyo.

1. Yoshiya

Loading Instagram...

Ingin menikmati sajian tradisional Jepang yang autentik dan pastinya halal? Kamu dapat mengunjungi Yoshiya yang berada di area stasiun Shinjuku. Telah berdiri sejak 60 tahun lalu, restoran ini menyajikan washoku atau satu set sajian tradisional Jepang yang terdiri dari beberapa menu khas.

Bagi pengunjung Muslim, Yoshiya menyediakan tiga menu halal seperti spicy karaage atau ayam pedas, tempura soba, dan obento style yaitu lunchbox berisi daging goreng, tofu nabe, nasi, dan salad. Bahkan, restoran ini memiliki ruang tersendiri untuk menyimpan aneka daging dan sayurannya, lho.

Yoshiya

Shinjuku Metro Restaurant Floor B1F, 1-1-2 Nishishinjuku , Shinjuku-ku, Tokyo

2. Sumiyakiya

Bagi kamu penggemar yakiniku atau barbeque khas Jepang, Sumiyakiya menjadi tempat yang tepat untuk berbuka puasa di Jepang. Di sini, kamu dapat menikmati aneka daging berkualitas tinggi seperti Kobe, atau Hida yang pastinya halal.

Bertujuan menyajikan sajian khas Jepang yang dapat disantap oleh berbagai kalangan, termasuk warga Muslim, seluruh bahan dan proses pemasakan makanan selalu diawasi agar terjaga kehalalannya. Selain yakiniku, uniknya restoran ini juga menyajikan kimchi khas Korea sebagai sajian pendampingnya.

Sumiyakiya

Minato-ku, Nishiazabu 3-20-16, Tokyo

3. Hanasakaji-san

Loading Instagram...

Dilansir Savvy Tokyo, dalam sebulan, pelanggan Muslim yang datang ke restoran yang berlokasi di sebelah stasiun Shibuya ini mencapai lebih dari 500 orang. Hal ini membuat Hanasakaji-san menjadi salah satu restoran halal terpopuler di Tokyo.

Menyandang sertifikat 'restoran lokal halal', restoran ini menyajikan shabu-shabu berisi daging sapi dan aneka sayur sebagai menu andalannya. Selain itu, kamu juga dapat menikmati menu lainnya seperti ebifura atau udang goreng, aneka seafood, dan sashimi yang segar.

Hanasakaji-san

Sakura Build B1F 3-22, Sakuragaoka, Shibuya, Tokyo

4. Shinjuku Gyoen Ramen Ouka

Loading Instagram...

Shinjuku Gyoen Ramen Ouka dapat menjadi tempat yang cocok dikunjungi untuk kamu pecinta ramen autentik Jepang. Hanya perlu berjalan kaki sekitar 8 menit dari stasiun Shinjuku, ramen halal bercita rasa autentik bisa kamu nikmati di sini.

Mulai dari spicy halal ramen nan pedas yang disajikan dengan grilled chicken dan yakitori, serta vegan ramen yang terbuat dari kaldu sayuran. Uniknya, ramen di Shinjuku Gyoen Ramen Ouka juga disajikan dengan semangkuk nasi.

Shinjuku Gyoen Ramen Ouka

1-11-7 Shinjuku, Shinjuku-ku, Tokyo

5. Gyu-kaku

Buka sejak April 2017 lalu, Gyu-kaku menyajikan yakiniku khas Jepang yang halal dan pastinya lezat. Tak hanya aneka sajiannya saja yang halal, seluruh peralatan makan serta alat masak di restoran ini juga memiliki sertifikat halal, lho.

Menyajikan aneka jenis paket yakiniku, jangan lupa untuk mencoba paket muslim-friendly wagyu yang terdiri dari daging sapi, ayam, seafood, sayuran, dan sup ala Jepang. Disajikan dalam porsi yang cukup melimpah, yakiniku ala Gyu-kaku dapat menjadi pilihan menu buka puasa yang cocok disantap bersama keluarga atau teman terdekat.

Gyu-kaku

Central Akasaka Bld.2F, 3-12-11, Akasaka , Minato-ku, Tokyo

6. Sushiken

Loading Instagram...

Sesuai namanya, restoran ini menyajikan aneka jenis sushi sebagai menu andalannya. Dan, karena banyaknya wisatawan Muslim yang berkunjung ke Jepang, Sushiken kini juga menyajikan sushi ramah Muslim, tanpa mirin atau sake.

Disajikan dalam bentuk paketan, kamu dapat memilih paket sushi yang diinginkan dengan harga mulai dari 1.300 yen hingga 4.000 yen atau sekitar Rp 170 ribu sampai Rp 500 ribuan per porsinya. Selain sake, Sushiken juga menyajikan menu lain seperti rice bowl, tempura, dan sashimi set.

Sushiken

2-11-4 Asakusa, Taito-ku, Tokyo

7. Kineya Mugimaru

https://www.instagram.com/p/BNa8p7UDh2u/?tagged=kineyamugimaru

Kineya Mugimaru yang berada di area bandara Narita dapat menjadi tempat yang cocok untuk bersantap makan setelah lelahnya penerbangan. Menyajikan sajian homemade udon lembut, tak hanya sajiannya yang lezat, namun udon di Kineya Mugimaru juga terbuat dari bahan-bahan yang halal.

Salah satunya adalah beef udon yang terdiri dari udon super lembut dengan kaldu sapi gurih yang menjadi menu andalan di restoran bandara ini. Selain menyajikan menu halal, restoran ini juga menyediakan tempat yang dapat kamu gunakan saat waktu shalat datang.

Kineya Mugimaru

5th Floor of Narita Airport Terminal 1, Narita-shi, Chiba, Tokyo

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.23