kumparan
4 Feb 2018 7:54 WIB

9 Tips Membuat Salad Buah Lebih Lezat saat Disantap

Salad buah. (Foto: Thinkstock)
Salad menjadi salah satu makan sehat yang sedang digandrungi masyarakat. Bagaimana cara agar lebih enak menikmatinya?
ADVERTISEMENT
Salad buah terbuat dari campuran buah-buahan segar dengan tambahan dressing atau saus yang membuat salad menjadi semakin nikmat untuk disantap. Tak heran bila sekarang mulai bermunculan gerai bahkan industri rumah tangga yang memproduksi salad bowl dengan aneka varian rasa dan bahan seperti keju, susu, hingga krim yang lembut.
Meski telah banyak dijual di pasaran, salad yang segar dan nikmat juga dapat dibuat sendiri di rumah dengan buah-buahan yang tersedia. Selain lebih higienis, aneka buah kesukaan dapat dikreasikan sesuka hati.
Tertarik membuatnya? Berikut ini kumparan (kumparan.com) rangkum tips dan trik agar salad lebih lezat dilansir Popsugar.
1. Gunakan Buah Musiman
Manfaat Mangga Untuk Ibu Hamil (Foto: Pixabay)
Tekstur dan rasa buah yang tumbuh sesuai dengan musimnya memang lebih nikmat. Hal ini dikarenakan, buah dibiarkan tumbuh secara alami tanpa ditambahkan zat kimia. Buah yang tumbuh alami akan memiliki rasa yang lebih manis, segar, dan pastinya sehat.
ADVERTISEMENT
Misalnya saat sedang musim apel, kamu dapat menggunakan buah apel sebagai salad. Begitu pula dengan buah-buahan lainnya.
2. Buat Salad Menggunakan Buah Kematangan yang Sama
Apel Arctic varietas Granny Smith. (Foto: Dok. www.arcticapples.com)
Salad akan terlihat kurang menarik tatkala kombinasi buah yang digunakan tidak memiliki tingkat kematangan yang sama. Hal ini juga turut mempengaruhi selera makan seseorang.
Tak hanya buah yang belum matang, buah yang sudah terlalu lama matang juga akan merusak tampilan serta cita rasa salad. Sebaiknya, gunakan buah-buahan dengan tingkat kematangan dan rasa yang sama, sehingga salad menjadi lebih nikmat untuk disantap.
3. Kombinasikan Buah yang Berbeda Warna dan Tekstur
Salad buah. (Foto: Thinkstock)
Makanan dengan kombinasi warna yang beraneka rupa akan menciptakan tampilan makanan yang lebih menarik sehingga nafsu makan pun bertambah. Tambahkan beragam buah dengan warna berbeda seperti hijau, oranye, merah, hingga ungu agar tampilan salad semakin menarik.
ADVERTISEMENT
Tak hanya warnanya, perpaduan tekstur yang berbeda seperti renyahnya apel dengan lembutnya kiwi atau buah naga akan membuat mulut semakin penasaran dengan sensasi mengejutkan dari salad.
4. Buang Biji Buah yang Mengganggu
Buah Jeruk (Foto: Pixabay)
Meski berukuran kecil, biji pada anggur, jeruk, atau semangka sangat mengganggu jika tergigit sehingga menyebabkan nafsu makan berkurang. Tak hanya itu, biji-biji kecil akan membuat tampilan salad menjadi kurang menarik.
Agar lebih lezat, luangkan waktu untuk membuang biji-biji kecil yang mengganggu saat membuat salad. Selain lebih menarik, kita akan lebih menikmati kelezatan camilan berbahan buah sehat ini.
5. Memotong Buah dalam Ukuran yang Seragam
Buah Stroberi (Foto: Pixabay)
Salah satu trik agar salad buah semakin menarik adalah dengan memotong buah-buahan dalam ukuran dan bentuk yang serupa. Selain lebih rapi dan tertata, potongan yang sama memudahkan kita menyantap buah-buahan tanpa harus terganggu dengan ukuran buah yang terlalu besar atau kecil yang sulit diraih dengan garpu atau sendok.
ADVERTISEMENT
6. Tambahkan Perasan Air Lemon
Air Perasan Lemon (Foto: thinkstock)
Agar kesegaran salad dapat bertahan lebih lama, gunakan air jeruk lemon yang dapat memperlambat perubahan warna pada buah. Selain menjaga kesegaran buah, air lemon berfungsi agar cita rasa buah lebih keluar sehingga rasa salad akan semakin nikmat.
7. Tambahkan Daun Mint
Daun Mint (Foto: pixabay)
Biasanya daun mint hanya digunakan sebagai garnish atau hiasan untuk mempercantik tampilan makanan. Padahal, penambahan daun mint pada makanan seperti minuman dan salad akan memberikan sensasi segar saat disantap. Tambahkan beberapa helai daun mint segar agar cita rasa salad lebih segar dan renyah.
8. Tabur Sedikit Gula untuk Menyeimbangkan Rasa
Gula (Foto: Pixabay)
Terkadang, kita sering menemukan beberapa bagian buah yang masih mentah atau keras sehingga, rasa salah menjadi kurang enak untuk disantap. Untuk mengurangi rasa buah-buahan yang belum matang sempurna, taburkan salad dengan sedikit gula pasir lalu aduk hingga gula larut. Penambahan gula pasir pada salad akan membuah tekstur buah-buahan lebih lunak dan rasanya pun lebih legit.
ADVERTISEMENT
9. Campur dengan Plain Yoghurt
Yogurt rendah kalori (Foto: Thinkstock)
Plain yoghurt akan membuat cita rasa salad lebih creamy tanpa perlu khawatir nutrisi buah akan terbuang percuma. Selain menambah rasa creamy pada salad, yogurt juga kaya akan bakteri baik seperti Lactobacillus, Streptococcus, dan beberapa bakteri bermanfaat lainnya yang sangat baik bagi sistem pencernaan.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan