kumparan
21 Jan 2019 16:50 WIB

Bak Berlian, Apel Hitam Ini Dihargai Rp 105 Ribu Per Buah

Ilustrasi apel hitam (Foto: dok.pixabay.com)
Coba sebutkan jenis apel apa saja yang biasa kamu makan? Apel hijau dari Malang, apel Fuji atau apel Washington? Memang jenis-jenis apel tersebut dapat dengan mudahnya kita temukan di supermarket atau toko buah. Tapi, tahukah kamu jika ada jenis apel hitam bak berlian yang juga dikenal dengan sebutan 'black diamond apple?
ADVERTISEMENT
Mengutip dari freshplaza.com, apel hitam tersebut tumbuh di dataran tinggi Nyingchi, Tibet. Di daerah dengan rata-rata ketinggian 3.100 meter itu, suhunya kerap berubah ekstrem antara siang dan malam harinya. Selain itu, banyak juga sinar matahari dan ultraviolet yang dapat membuat pertumbuhan pohon apelnya menjadi lebih baik. Lingkungan alami yang sempurna ini rupanya memang cocok menjadi lokasi pembudidayaan black diamond apple menurut Yu Wenxin, direktur salah satu e-commerce di China.
Ilustrasi apel hitam (Foto: dok.pixabay.com)
"Black diamond apple adalah jenis apel Hua Niu. Jenis unik ini dikembangkan di lingkungan khusus di Nyingchi dan teknologi okulasi petani. Apel ini memiliki ciri-ciri warna ungu kehitaman, berkilau, dan memiliki tekstur yang bagus. Dari luar, apel hampir terlihat seperti lilin, dan seindah berlian. Itulah sebabnya apel ini dinamakan black diamond apple," tambah Yu Wenxin.
ADVERTISEMENT
Selain itu, mengutip Tencent News, apel ini juga memiliki bobot tubuh yang lebih berat dan padat jika dibandingkan dengan jenis apel lainnya. Sehingga, mengandung lebih banyak vitamin dan nilai gizi di dalamnya.
Penanaman yang mengambil lokasi di Tibet itu juga yang menyebabkan, apel ini tahan terhadap udara dingin atau kering sekalipun. Tempatnya yang juga bebas dari polusi dengan tanah yang masih alami, menjadi alasan mengapa apel ini memiliki kualitas tinggi.
Black diamond apple (Foto: dok.tencentnews.com)
Maka tak heran, jika black diamond apple dijual dengan harga yang cukup fantastis jika dibandingkan dengan jenis apel lainnya. Apel unik ini dihargai 50 Yuan atau setara dengan Rp 105 ribu per buahnya, lho. Karena mulai dari proses penumbuhannya hingga dipanen pun apel ini membutuhkan proses yang cukup panjang, membuat black diamond apple termasuk dalam buah langka.
ADVERTISEMENT
Bagaimana, apa kamu tertarik juga untuk mencicipinya?
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan