Pencarian populer

Biggies BBQ: Makan Enak Smoke Brisket yang Empuk dan Meleleh di Mulut

Menu smoked set Biggies BBQ Foto: Safira Maharani/ kumparan

Selain sirloin, tenderloin, dan iga, rupanya ada satu lagi bagian daging sapi yang kerap diolah menjadi hidangan. Namanya brisket. Dikenal juga dengan nama sandung lamur, bagian daging sapi ini terletak di ketiak sapi. Kandungan lemaknya pun lebih banyak, serta dipenuhi oleh urat dan jaringan otot.

Nah, kalau kamu ingin makan enak dengan menu hidangan brisket, Biggies BBQ bisia jadi salah satu tempat pilihan. Lokasinya berada di kawasan Cipete, tepatnya di belakang pusat kebugaran 20FIT.

Suasana Biggies BBQ Foto: Safira Maharani/ kumparan

Meski baru membuka kiosnya di bulan Februari 2019 lalu, ternyata Biggies BBQ bukanlah pemain baru. Sebelumnya, mereka telah menjual hidangan brisket di berbagai bazaar sejak tahun 2016.

Karena banyaknya permintaan dari pengunjung, akhirnya mereka membuka outlet pertamanya.

Pilihan daging yang ditawarkan pun beragam. Selain brisket, ada juga lidah sapi, dengkul sapi, daging kambing, dan daging ayam. Ada yang ala carte, ada pula menu smoked set yang bisa disantap berdua.

Menu yang paling banyak dipesan adalah smoked set. Isinya 100 gram smoked brisket dan 100 gram smoked tongue (lidah sapi). Paket menu ini juga dilengkapi dengan aneka side dish yang bisa kamu pilih sesuai selera. Mulai dari coleslaw, mac and cheese, garlic bread, hingga butter rice.

Menu smoked set dan burger brisket Foto: Safira Maharani/ kumparan

Porsinya cukup besar. Potongan dagingnya lumayan tebal. Diameter lidahnya pun cukup lebar. Harganya? Rp 130 ribu saja.

Bagian luar dagingnya tampak kering, namun saat dipotong, tekstur dagingnya sangat lembut dan juicy. Serat-serat dagingnya memperlihatkan semburat warna merah segar. Pinggiran dagingnya dilapisi oleh lemak yang menggoda.

Smoked set Biggies BBQ Foto: Safira Maharani/ kumparan

Begitu disantap, potongan daging seakan lumer di dalam mulut. Bumbunya meresap hingga ke dalam seratnya, menciptakan rasa gurih yang begitu nikmat. Maknyus!

Lidah sapinya pun tak kalah empuk, dengan tekstur yang agak kenyal. Gurihnya langsung terasa, membuat lidah ketagihan. Untuk menambah rasa, tersedia aneka saus mulai dari mustard, saus barbeque, saus sambal, hingga sambal matah sebagai cocolan.

Menu smoked set Biggies BBQ Foto: Safira Maharani/ kumparan

Menurut penuturan Azri, sang pemilik, rahasia kelembutan hidangan brisket mereka ada pada proses memasaknya. Satu potong daging brisket utuh dilumuri dengan bumbu kering yang terdiri dari garam, merica, dan bumbu rahasia terlebih dahulu. Setelahnya, daging diasap selama 12 - 14 jam.

"Bagian brisket paling susah diolah karena merupakan pertemuan antara dada dan kaki depan yang banyak uratnya. Makanya harus diolah dengan metode slow cooking," terangnya saat ditemui kumparan.

Selain daging brisket, Biggies BBQ juga punya pilihan menu burger. Salah satunya, brisket burger (Rp 50 ribu).

Tak seperti burger pada umumnya yang menggunakan patty, Biggies BBQ justru memakai daging brisket yang dicincang sebagai isiannya. Dipadukan bersama dua roti bun empuk, selembar keju, selada, dan salad coleslaw (wortel, kubis ungu, dan mayonnaise).

Menu burger brisket Biggies BBQ Foto: Safira Maharani/ kumparan

Berbeda dengan menu daging brisket sebelumnya, isian burger ini punya rasa yang sedikit manis dan agak pedas yang berasal dari balutan brown sauce. Rotinya pun empuk. Sayangnya, campuran salad coleslaw membuat rasa dagingnya agak tenggelam.

Dalam sehari, Azri bisa memasak hingga delapan loft daging, atau sekitar 96 kg daging. Rata-rata, menu Biggies BBQ dibanderol dengan harga mulai dari Rp 50 ribu - Rp 130 ribu.

Nah, kalau ingin mencoba empuknya daging brisket dari Biggies BBQ, sebaiknya jangan datang terlalu malam. Saking banyaknya peminat, menu andalan mereka kerap ludes dalam waktu singkat.

Selamat makan enak, ya!

Biggies BBQ

Alamat: Jl. Cipete Raya, Blok A No. 16, Fatmawati, Jakarta

Jam buka: Setiap hari, (pukul 11.00- 21.00 WIB)

Telepon: 08111022980

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.53