Pencarian populer

Boba Favorit di Jakarta versi kumparan

The Best Boba in Town. Foto: Nunki Lasmaria/kumparan

Ketika menggodok perjalanan bubble atau boba, ada banyak brand yang ikut menyumbang inovasi kreatif untuk mengembangkan mutiara tapioka ini. Minuman bubble pun makin banyak jenisnya. Ada yang pakai keju, tambahan biskuit, potongan buah, dan lainnya.

Namun, sejauh apapun inovasi minuman ini dikembangkan, pasti ada saja yang paling nyaman di lidah dan membekas di memori. Kami melakukan survei terhadap 100 orang, dan berikut adalah lima brand minuman boba yang paling difavoritkan mereka:

1. Chatime

Chatime Foto: Toshiko Potoboda/kumparan

Dari 100 responden, ada lebih dari 50 responden yang menyebut Chatime sebagai brand minuman favorit mereka. Enggak heran, karena jenama minuman asal Taiwan ini bisa dibilang pemain lama di industri minuman bubble tanah air.

Menurut Diana, salah satu penggemar minuman boba dari Chatime, gerai minuman ini mudah ditemui di mana-mana. Alasan itulah yang membuatnya jatuh hati kepada Chatime.

“Belum lagi varian minumannya enak dan juga manis,” kata Andi Nurdiana kepada kumparan.

Chatime menawarkan produk minuman segar dengan racikan daun teh alami. Menurut Feronica Wibowo, Direktur Chatime Indonesia, semua olahan teh menggunakan brewing machine yang diseduh setiap empat jam sekali sehingga kualitas, aroma, dan kesegarannya selalu terjaga.

Keunggulan itu juga lantas dipadukan dengan berbagai menu variatif yang dikeluarkan secara musiman demi memuaskan para konsumen. Dari berbagai menu yang ada, milk tea (Rp 22 ribu) dan roasted milk tea (Rp 22 ribu) yang kabarnya menjadi andalan. Tentunya dengan tambahan bubble atau topping lain sesuai selera pelanggan.

Chatime tentu punya ciri khas bubble. Ukurannya sedang, berwarna cokelat pekat kehitaman, dengan tekstur yang lembut, kenyal, dan mengembang. Bubble ini tentu bisa dipadukan dengan aneka kategori minuman, seperti milk tea, teh, smoothies, hingga kopi.

2. KOI

Boba Drink di Cafe KOI The. Foto: Retno Wulandhari Handini/kumparan

Di posisi kedua ada KOI, brand asal Taiwan yang kini telah punya 48 cabang di berbagai kota di Indonesia. Keistimewaan minuman boba khas KOI apalagi kalau bukan boba atau pearl-nya yang berwarna keemasan.

Menurut salah satu penggemar minuman boba dari KOI, Astrid Novianti, ukuran boba ala brand yang pertama kali buka tahun 2013 ini juga lebih kecil. Tak sulit untuk menyantapnya.

“Rasanya enak, manisnya pas, bubblenya juara. Kenyal tapi enggak kekenyalan dan enggak terlalu besar kayak bubble lainnya,” ujar perempuan penyuka Hazelnut Milk Tea KOI ini. Astrid adalah satu dari 17 orang yang memilih KOI dalam survei kumparan.

Variasi menu yang beragam membuat pengunjung lebih leluasa memilih minuman yang diinginkan. Mulai dari seri brown sugar yang kini tengah hits, seri macchiato dengan krim membuncah, hingga aneka minuman berbasis teh dan kopi. Semua menu dibanderol mulai Rp 17 ribu sampai 37 ribuan.

Marketing Supervisor KOI The Indonesia, Alvin Gunavata, mengatakan bahwa KOI memang tak ingin hanya fokus kepada satu jenis minuman saja. Secara berkala, brand minuman berbasis teh ini selalu mengeluarkan menu baru agar pengunjung tidak bosan.

“KOI tidak mau dikenal dengan specialty salah satu produknya saja. Jadi kita memang pengin mendiferensiasi dari produk kita dan juga memberikan varian ke masyarakat,” ungkap Alvin saat ditemui kumparan di KOI Puri Indah Mall, Jakarta Barat.

Pengunjung juga bisa memilih tingkat kemanisan hingga topping minuman sesuai seleranya. Hal inilah yang membuat Yohana Oktaviani kepincut dengan menu minuman khas KOI.

“Karena rasanya enak, minumannya bisa di-set sesuai dengan personal preference. Tingkat kemanisan dan es bisa diatur, kebetulan yang ini pakai madu. Jadi lebih sehat,” ungkap perempuan yang kerap memesan menu Honey Milk Tea di KOI ini.

3. Kokumi

Okinawa Brown Sugar - Kokumi Foto: Mela Nurhidayati/kumparan

Meski baru seumur jagung, eksistensi Kokumi sebagai brand minuman tak bisa diremehkan. Terbukti dari panjangnya antrean yang sering mengular di gerai minuman dengan tema unicorn itu.

Hingga kini, brand minuman asli Indonesia itu sudah punya 14 gerai yang tersebar di beberapa kota besar, seperti Jakarta, Bandung, Bogor, hingga Surabaya.

Sedangkan untuk variasi menunya, Kokumi punya minuman berbasis kopi, teh, hingga jus buah. Nah, dari beragam variasi minuman itu, menu dengan nama okinawa brown sugar (Rp 30 ribu) kabarnya menjadi andalan di sana.

Sesuai namanya, minuman ini terdiri dari campuran fresh milk, brown sugar dan juga boba. Konsistensi minuman ini sangat creamy, dengan cita rasa brown sugar yang kuat. Sedangkan boba-nya hadir dengan tekstur yang kenyal dan juga legit.

Banyak orang bilang, cita rasa minuman ini mirip seperti es krim Paddle Pop Rainbow. Benarkah demikian? Coba buktikan sendiri, ya!

4. Tiger Sugar

Tiger Sugar Foto: Toshiko Potoboda/kumparan

Tak ketinggalan Tiger Sugar yang masuk jajaran brand minuman boba favorit pada survei kumparan. Meski baru membuka gerai perdananya pada akhir April lalu, animo masyarakat kepada brand minuman asal Taiwan ini sangat besar.

Bahkan penampakan menu khas Tiger Sugar, Brown Sugar Boba, bisa kita lihat berseliweran di Instagram. Penggemarnya pun rela mengantre berjam-jam sekadar untuk mencicipi kenikmatannya.

Sesuai namanya, tampilan minuman asal Taiwan ini memang mirip corak kulit harimau yang berloreng-loreng. Corak tersebut berasal dari campuran susu segar dan lelehan brown sugar bertekstur kental yang menempel di dasar gelas Tiger Sugar.

Selain itu, Boba hitam pekat bercita rasa manis khas brown sugar jadi ciri khas minuman di Tiger Sugar. Tapi bila bosan dengan boba, Tiger Sugar juga menyediakan seri minuman pearl. Bedanya, ukuran boba lebih besar daripada pearl.

Ada beberapa menu andalan yang bisa dicoba saat mengunjungi gerai Tiger Sugar, di antaranya Brown Sugar Boba (Rp 38 ribu) dan Pearl with Cream Mousse (Rp 32 ribu). Bahan baku kedua minuman ini adalah brown sugar cair, susu segar, boba, ditambah krim untuk menu Pearl with Cream Mousse.

Menariknya, meski berasal dari luar negeri, seluruh bahan boba Tiger Sugar menggunakan bahan baku lokal.

“Kita ingin membanggakan Indonesia, mampu memproduksi susu yang cocok dengan bahan baku Tiger Sugar di negara asalnya. Produk yang ada di dalam negeri ini memang diangkat oleh kami karena kita juga bangga dengan produk lokal,” ujar perwakilan Tiger Sugar Indonesia.

5. Share Tea

Terakhir ada Share Tea, brand minuman asal Taiwan yang telah ada di Indonesia sejak 2012 lalu. Setia menyediakan minuman boba berbasis teh yang creamy, harga yang miring menjadi salah satu daya tarik Share Tea.

Rata-rata menu di Share dibanderol mulai Rp 20 ribu hingga Rp 30 ribu saja per gelasnya. Meski harganya terjangkau, rasa yang ditawarkan tak mengecewakan.

Bahkan banyak pelanggan yang kepincut dengan cita rasa minumannya yang pas, tak terlalu manis tapi juga tidak tawar. Cocok untuk pengunjung yang ingin mencicipi minuman boba dengan cita rasa manis tapi tidak membuat eneg.

Ada beberapa minuman andalan yang jadi primadona pecinta minuman khas Share Tea. Di antaranya seri milk tea dengan tambahan boba bertekstur lembut dan seri mini pearl dengan tambahan boba berukuran lebih kecil.

Selain topping boba, ada beberapa pilihan topping lain seperti aloe vera atau lidah buaya, rainbow jelly, coffee jelly, lychee de coco, dan kacang merah. Pengunjung juga bisa memilih tingkat kemanisan minuman yang diinginkan.

Pilihan minuman tanpa tambahan boba juga tersedia di 14 gerai yang tersebar di Jabodetabek. Seperti fruit tea, smoothies, hingga seri yakult yang punya cita rasa asam menyegarkan.

Fakta Unik Si Hits Boba. Foto: Indra Fauzi/kumparan

Selain kelima nama tersebut, beberapa brand yang juga disebut adalah OneZo, Ban-Ban Cheese Tea, Hop-Hop, dan Quickly, pelopor minuman bubble di Indonesia.

Soal rekomendasi, kumparan juga punya tiga rekomendasi boba terbaik. Ini dia The Best Boba in Town versi kumparan:

1. OneZo

OneZo. Foto: Dok. Oppakuliner

Brand minuman asal Taiwan ini punya tiga cabang di Jakarta; AEON Mall BSD, Ketapang Business Centre, hingga Mall of Indonesia. Sama seperti brand lainnya, OneZo juga punya variasi minuman teh, milk tea, latte, hingga mix fruit. Ada empat jenis boba yang ditawarkan: brown sugar bubble, black sesame bubble, mango bubble, hingga crystal bubble.

Sedangkan untuk varian brown sugar, OneZo punya tiga pilihan, seperti fresh milk (Rp 35 ribu), milk tea (Rp 30 ribu), coffee milk (RP 34 ribu). Ukurannya pun terbagi dua, yaitu medium dan large.

Bisa dibilang, menu brown sugar boba milik OneZo yang terbaik di Jakarta. Brown sugar-nya wangi dengan rasa toasted yang dominan. Sedangkan boba-nya hadir dengan tekstur yang konsisten, yaitu chewy dan lembut di lidah.

2. Xing Fu Tang

Xing Fu Tang. Foto: Dok. Xing Fu Tang

Selain OneZo, brand minuman yang belakangan lagi hits di media sosial adalah Xing Fu Tang. Tentu dengan menu brown sugar boba yang jadi andalan.

Xing Fu Tang Sendiri adalah brand minuman asal Taiwan yang baru membuka gerai pertamanya di Lippo Mall Puri, Jakarta Barat, pada 14 Juni lalu. Meski baru seumur jagung, Xing Fu Tang mengklaim produk minumannya sudah mendapatkan sertifikat halal dari MUI.

Pilihan menu yang bisa dicoba di Xing Fu Tang sendiri, ada brown sugar boba milk (Rp 38 ribu), brown sugar boba milk tea (Rp 30 ribu) brown sugar boba and herbal jelly milk (Rp 35 ribu), mango smoothie and rabbit panna cotta (Rp 35 ribu), soda and handmade jelly (Rp 25 ribu), lemon green tea (Rp 20 ribu), lemon black tea (Rp 20 ribu), matcha boba milk (Rp 30 ribu), dan strawberry boba milk (Rp 30 ribu).

Khusus untuk series brown sugar boba, Xing Fu Tang menambahkan creame brulle yang ditorch sehingga aromanya lebih wangi dan sedap. Sedangkan susunya tidak terlalu manis namun tetap creamy.

Salah satu yang jadi ciri dari Xing Fu Tang adalah boba-nya. Mereka memiliki tekstur boba yang lebih kecil dan kenyal. Rasa brown sugar-nya juga sangat lembut dan menyerap ke dalam bobanya. Menarik!

3. Ban Ban Cheese Tea

Dok. Oppakuliner

Boba pan ala Ban Ban beberapa waktu lalu yang sempat menggegerkan penggemar boba. Selain dessert kekinian tersebut, Ban Ban Cheese Tea juga punya minuman bubble yang tak kalah nikmat.

Mengikuti tren brown sugar, gerai yang punya dua cabang ini menghadirkan minuman boba yang terbuat dari campuran susu segar dan infused brown sugar boba. Menu brown sugar ini bernama Hiyoo Boba Milk Tea.

Dibanderol mulai Rp 30 ribuan per gelasnya, keistimewaan boba ala Ban Ban terletak pada tekstur kenyal dan rasanya yang legit. Gelas berbentuk agak bulat dengan logo khas Ban Ban menggemaskan membuat tampilan minuman boba di sini terlihat lebih menggugah.

Seperti nama gerainya, cheese tea juga jadi salah satu menu andalan di Ban Ban Cheese Tea. Ada chocoretto chizu, carameru chizu, dan beri beri chizu yang segar. Buih cheese krim super lembut di atas minuman tak membuat cita rasanya aneh. Justru semakin legit dan unik.

Memang, setiap orang punya preferensi minuman boba-nya sendiri. Kalau kamu, mana yang paling favorit?

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.60