Pencarian populer

Bukan Hanya di Atas Kain, Ini 5 Makanan Bermotif Batik nan Cantik

Makanan bermotif batik. (Foto: Instagram/@madurasinaran , Instagram/@bolubatik)

Hari ini, tepatnya tanggal 2 Oktober diperingati sebagai Hari Batik Nasional. Keindahan dari setiap detail motifnya membuat batik menjadi salah satu harta karun Nusantara yang layak dijaga. Bukan itu saja, ia bahkan telah diakui oleh UNESCO sebagai warisan budaya dunia.

Motif yang begitu cantik pun tak serta merta terlukis di atas kain saja, batik mulai banyak diterapkan ke berbagai media, seperti barang pecah belah, hingga makanan. Ya, goresan tinta indah yang membentuk motif batik ternyata bisa menjelma menjadi makanan yang nikmat, lho.

Tak cuma mempercantik tampilan, secara tak langsung, motif batik juga ikut dilestarikan dan lebih diperkenalkan lewatnya. Nah, kira-kira, makanan apa saja yang tampilannya kerap dipercantik dengan motif batik, ya?

Berikut telah kumparanFOOD rangkum lima jenis makanan bermotif batik yang nikmat nan cantik:

1. Bolu batik

Loading Instagram...

Bolu gulung dengan berbagai isian selai biasanya hanya disajikan secara polos. Namun, sekarang ini, tak hanya dihiasi dengan gambar animasi nan menggemaskan, motif batik pun mulai mewarnai ‘kulit’ bolu. Mulai dari motif batik klasik hingga yang berwarna cerah, goresan ‘tinta’ tersebut membuat tampilan bolu gulung menjadi semakin cantik.

Tren bolu batik sendiri telah mulai mencuat sejak tahun 2014, dan kini telah dikenal hingga ke mancanegara, seperti Singapura dan Malaysia.

2. Brownies batik

Loading Instagram...

Setelah bolu batik, ada lagi kudapan yang juga menorehkan goresan batik sebagai penghias kulitnya, yakni brownies batik. Permukaan kue brownies yang berwarna gelap dilukis dengan motif batik beraneka rupa. Torehan motif batik yang begitu detail bahkan membuat kue brownies tersebut sangat mirip seperti lembaran kain batik.

3. Puding batik

Loading Instagram...

Tentu banyak yang tak menyangka, bahwa puding atau agar-agar yang bertekstur lunak juga dapat dilukis layaknya kain. Untuk menghasilkan motif batik yang indah di atas jelly atau puding, diperlukan ketelitian yang tinggi serta teknik yang cukup rumit.

Selain bercita rasa segar, dengan adanya hiasan motif batik di atasnya, hidangan puding disulap menjadi karya seni yang dapat memuaskan perut.

4. Tart batik

Loading Instagram...

Bila kini telah bertebaran kue tart dengan tampilan gambar atau foto, ternyata hidangan yang satu ini juga bisa dihias dengan motif batik, lho. Hampir sama seperti puding batik, pembuatan tart batik juga tidaklah mudah.

Dibutuhkan teknik yang sudah mumpuni, mengingat tampilan tart batik lebih bervariasi ketimbang bolu gulung atau brownies. Base cake atau adonan dasar kue yang sudah dipanggang dihias dengan hati-hati, membentuk ilustrasi motif batik yang diinginkan. Tak lupa, tambahan krim dan setangkai ceri agar tampilannya semakin cantik.

5. Cokelat batik

Loading Instagram...

Tak cuma bercita rasa nikmat, cokelat legit juga bisa menjadi ‘kanvas’ bagi motif batik. Terdapat beberapa metode yang dapat dilakukan untuk menorehkan motif kain tradisional itu ke permukaan cokelat, yakni dicetak menggunakan mesin, atau melukisnya dengan tangan secara manual. Motif batik yang dihasilkan pun sama-sama cantik, menambah kebanggaan kita akan warisan Nusantara saat hendak menyantapnya.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.53