Pencarian populer
18 September 2018 13:00 WIB
..
..

Cara Mengolah Jamur Agar Rasanya Lebih Lezat

Sup jamur (Foto: Shutterstock)

Jamur merupakan salah satu bahan masakan andalan yang sering disajikan saat santap makan. Harganya yang terjangkau serta cocok diolah dengan berbagai bumbu dan rempah membuat aneka jenis jamur selalu diburu ibu-ibu di pasar tradisional maupun modern. Tak hanya itu, jamur yang bertekstur kenyal bahkan sering digunakan sebagai pengganti daging ayam yang lebih sehat namun tetap lezat saat diolah.

Di Indonesia, biasanya jamur diolah dengan cara ditumis atau direbus dengan berbagai sayuran lalu disajikan sebagai sup hangat. Namun, bila kamu ingin menyajikan menu jamur yang berbeda, berikut kumparanFOOD sajikan tujuh rekomendasi olahan berbahan jamur yang lezat dan praktis untuk santap makan.

1. Sate jamur yang murah dan enak

Loading Instagram...

Sate ayam atau kambing mungkin sudah biasa kita santap sehari-hari. Bila kamu bosan dengan sajian sate yang itu-itu saja, yuk, buat sate dari jamur yang kenyal dan pastinya tak kalah lezat.

Sama seperti membuat sate pada umumnya, tusuk-tusuk potongan jamur tiram, jamur kancing, atau jamur shittake menggunakan tusukan bambu lalu bakar hingga warnanya berubah kecokelatan menyerupai daging ayam. Jangan lupa olesi permukaan jamur dengan kecap manis dan bawang putih yang sudah dihaluskan, kemudian sajikan hangat bersama siraman saus kacang dan sambal.

2. Renyahnya jamur goreng tepung krispi

Loading Instagram...

Jamur ternyata juga cocok digoreng bersama tepung layaknya ayam goreng tepung yang super garing saat digigit. Perpaduan tekstur kenyal jamur dan renyahnya lapisan tepung sangat cocok disantap sebagai camilan siang atau bahkan disantap bersama nasi hangat.

Caranya, lumuri suwiran jamur tiram dengan telur kocok dan tepung serbaguna, kemudian goreng hingga berwarna cokelat keemasan. Sajikan jamur kripsi dalam keadaan hangat bersama cocolan saus sambal atau mayonnaise.

3. Tongseng jamur yang gurih

Loading Instagram...

Terkadang banyak orang merasa khawatir saat menyantap tongseng karena kandungan lemak dan kolesterolnya yang tinggi. Tak perlu pusing, tongseng yang diolah dengan campuran jamur dapat menjadi pilihan tepat.

Kamu bisa menggunakan jamur tiram sebagai pengganti daging kambing yang lebih sehat. Selain itu, jamur juga memiliki tekstur yang kenyal namun tidak mudah alot saat dimasak sehingga membuat cita rasa tongseng semakin menggugah selera.

4. Sup krim jamur yang hangatkan tenggorokan

Loading Instagram...

Biasanya sup krim terbuat dari potongan daging ayam yang dimasak dengan kaldu dan aneka bumbu hingga mengental. Namun, sup krim yang diolah bersama jamur ternyata tak kalah lezatnya, lho.

Caranya, tumis irisan jamur kancing dengan bawang bombay dan bawang putih hingga harum lalu rebus bersama susu, kaldu ayam, dan tepung maizena hingga mengental. Sajikan sup krim jamur dalam keadaan hangat bersama potongan roti baguette panggang yang gurih.

5. Diolah menjadi saus pasta yang creamy

Loading Instagram...

Jamur memang cocok diolah menjadi berbagai sajian menggugah, salah satunya disajikan sebagai saus pada pasta nan lembut. Tak hanya sebagai pengganti daging ayam, jamur juga memiliki kaldu alami yang membuat saus pasta menjadi lebih gurih saat disantap.

Untuk membuatnya, tumis bawang bombay dan jamur kancing, lalu rebus bersama susu dan parutan keju hingga teksturnya mengental. Campur ke dalam pasta atau makaroni lalu sajikan bersama taburan parsley dan keju parmesan.

6. Burger jamur yang sehat

Loading Instagram...

Ingin menyantap burger namun takut berat badan naik? Olah saja jamur kancing menjadi isian burger yang lebih sehat dan rendah lemak. Kamu bisa mengolahnya dengan cara ditumis dengan bawang putih dan merica, atau diolah kembali menjadi patty jamur bertekstur lembut.

Untuk membuat patty jamur, cacah kasar jamur kancing lalu campur dengan telur dan sedikit tepung roti kemudian panggang hingga matang. Dijamin rasanya tak jauh berbeda dari patty burger yang sering kamu jumpai di berbagai restoran cepat saji.

7. Pepes jamur untuk lauk makan siang

Loading Instagram...

Bagi kamu yang tak mau repot mengolah jamur di rumah, pepes jamur bisa jadi pilihan tepat. Untuk membuatnya, cukup campur irisan jamur dengan bawang, cabai, telur, dan daun kemangi lalu bungkus dengan daun pisang dan kukus hingga matang. Meski terbilang mudah dibuat, rasa gurih dan aroma harum pepes jamur akan meningkatkan nafsu makanmu.

Jadi, olahan jamur apa yang akan kamu buat hari ini?

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: web: