Pencarian populer

Cici Claypot, Sensasi Menyantap Hidangan dalam Claypot di Bandung

Cici Claypot-COVER Foto: Mela Nurhidayati/kumparan

Mendengar nama Bandung, tentu langsung teringat dengan aneka kuliner dan jajanan gurihnya yang menggugah selera. Sebut saja mi kocok, batagor, seblak, hingga surabi. Tak berhenti di sana, Bandung juga memiliki ragam kuliner unik yang tentunya membuat banyak orang penasaran untuk mencoba. Salah satunya adalah Cici Claypot.

Cici Claypot sendiri merupakan tempat makan yang dimiliki oleh seorang influencer di bidang kuliner dan traveling, Shasya Pashatama. Dibuka pada 23 Februari lalu, Cici Claypot menawarkan aneka hidangan nasi dan mi dengan beragam topping yang disajikan dalam claypot atau tembikar. Rasanya lezat dengan sensasi wangi dan hangat, menjadi salah satu keunikan yang jarang ditemui di tempat lain.

Beberapa waktu yang lalu, kumparan sempat menikmati beberapa hidangan di restoran tersebut. Penasaran seperti apa pengalaman yang kami dapat? Mari simak ulasannya berikut ini:

Terinspirasi dari tempat makan favorit semasa kuliah

Suasana di Cici Claypot Foto: Mela Nurhidayati/kumparan

Bisa dibilang, Cici Claypot menjadi satu-satunya tempat makan di Bandung yang menawarkan sensasi kuliner di dalam claypot. Menurut Shasya Pashatama, inspirasi untuk membuka Cici Claypot berasal dari tempat makan favoritnya saat kuliah.

"Dulu tuh ada yang jualan claypot di pinggir jalan Dago, makanannya enak banget dan aku sering ke sana. Terus tiba-tiba dia enggak jualan lagi dan aku merasa kehilangan," ungkap pemilik akun @surgamakan kepada kami beberapa waktu yang lalu.

Sashya Pashatama, pemilik Cici Claypot. Foto: Mela Nur Syamsiyah/kumparan

Kehilangan tempat makan favorit semasa kuliah tak membuat Shasya berputus asa, ia lantas membuka tempat makan serupa bersama saudara laki-lakinya.

Suasana di Cici Claypot Foto: Mela Nurhidayati/kumparan

Berlokasi di kawasan yang cukup strategis di Bandung, Cici Claypot benar-benar bisa jadi pilihan di tengah dinginnya kota Bandung. Tak hanya menawarkan hidangan yang unik, suasana yang ada di tempat makan tersebut juga cukup hangat dengan deretan meja dan lampu kuning yang bisa membuat orang-orang saling mengakrabkan diri.

Hidangan tetap hangat hingga suapan terakhir

Nasi Hainan dan Mie Kriuk Siram-Cici Claypot Foto: Mela Nurhidayati/kumparan

Memasak dengan claypot memang memerlukan waktu yang cukup lama. Namun, hidangan yang dihasilkan jauh lebih lembut, harum dan kaya akan cita rasa.

Karena sang pemilik juga seorang penikmat kuliner, olahan yang ia buat pun diracik selezat mungkin. Tak berhenti sampai di sana, ia bahkan menentukan pilihan menu berdasarkan makanan-makanan yang cukup familier di kalangan masyarakat; seperti nasi goreng, nasi hainan, nasi buncis, hingga mi.

Tak sabar mencicipi, kami pun memesan nasi hainan dan mi kriuk siram sapi yang jadi andalan di sana. Begitu hidangan tersaji, kepulan asap dan aroma menggoda langsung menyeruak. Tak butuh waktu lama, kami langsung menyeruput hidangan tersebut dari dalam tembikar panas.

Nasi Hainan-Cici Claypot Foto: Mela Nurhidayati/kumparan

Hidangan pertama yang kami coba adalah nasi hainan. Terdiri dari nasi gurih yang diberi potongan jamur, sayur dan ayam hainan yang membuat makan jadi kian berselera. Salah satu sensasi yang menurut kami paling unik adalah aroma nasi yang sangat harum dengan kerak nasi di bagian dasar.

Mi Kriuk Siram Daging Sapi-Cici Claypot Foto: Mela Nurhidayati/kumparan

Lanjut ke hidangan kedua, kami benar-benar mengagumi mi kriuk siram daging sapi yang mereka jual. Terdiri dari mi kriuk dan sayuran yang disiram dengan kuah kaldu kental dan cincangan daging sapi yang berlimpah. Hidangan ini juga semakin beragam dengan irisan jamur Hyoko, bawang putih goreng, dan telur yang langsung di masak dalam tembikar.

Saat disantap, tekstur mi yang masih kering dan kriuk memang begitu menggoda di lidah. Tambahan telur, cincangan daging, dan bawang putih goreng juga seakan menyempurnakan hidangan tersebut. Benar-benar yummy!

Selain nasi hainan dan mi kriuk siram sapi, di sana kamu juga bisa menjajal lezatnya nasi buncis cah sapi atau ayam, hingga nasi goreng Yangchou di dalam claypot. Namun, apapun jenis menu yang dipesan, semuanya bakal terasa lebih nikmat jika disantap selagi hangat.

Apa yang membuat Cici Claypot jadi menarik?

Nasi Hainan dan Mie Kriuk Siram-Cici Claypot Foto: Mela Nurhidayati/kumparan

Cici Claypot menjadi satu-satunya tempat makan di Bandung yang menawarkan sensasi menyantap hidangan di atas tembikar. Tak hanya itu, semua hidangan yang ditawarkan Cici Claypot juga dijamin halal dengan harga terjangkau.

"Semua hidangan yang ada di sini affordable, kok, berkisar Rp 25 hingga 31 ribu. Soalnya aku pengin semua orang bisa kapan aja ke sini enggak usah nunggu harus gajian dulu," tutup Shasya.

Itulah sekilas mengenai keistimewaan dan kelezatan Cici Claypot. Bagi kamu yang ingin merasakan sensasi kuliner unik di dalam claypot, tak ada salahnya mengunjungi restoran mereka dan membuktikan sendiri kelezatannya.

Cici Claypot

Alamat: Jl. Sulanjana No.11, Tamansari, Bandung Wetan, Kota Bandung, Jawa Barat 40116.

Jam buka: Setiap hari (18.00-23.00 WIB)

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Selasa,21/05/2019
Imsak04:25
Subuh04:35
Magrib17:47
Isya19:00
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.22