Pencarian populer

Ini Beda Expired dan Best Before pada Makanan

Jangan mengabaikan tanggal kadaluarsa makanan. (Foto: Thnkstock)

Saat membeli produk makanan dan minuman di pasar swalayan atau warung dekat rumah, seringkali kita melihat batas waktu pemakaian yang biasanya tertera di bagian belakang bungkusnya. Batas pemakaian yang dicantumkan tersebut menunjukkan tanggal dan tahun kedaluwarsa ataupun best before produk.

Namun masih banyak orang yang ternyata bingung membedakan antara tanggal kedaluwarsa dengan tanggal best before yang dicantumkan. Seringkali orang akan langsung membuang makanan ketika tanggal kedaluwarsa atau best before yang tertera telah lewat.

Sebenarnya ada beberapa perbedaan yang antara tanggal kedaluwarsa atau expired dan best before. Salah satunya adalah, boleh atau tidaknya produk dikonsumsi ketika telah melewati batas waktu yang tertera.

Tanggal kedaluwarsa sendiri adalah waktu yang menunjukkan batas aman suatu produk untuk dikonsumsi. Tidak hanya produk makanan dan minuman saja, produk lain seperti kosmetik juga sering mencantumkan tanggal kedaluwarsa.

Memilih Kemasan Makanan yang Masih Utuh (Foto: thinkstock)

Jika suatu produk telah melewati waktu kedaluwarsa yang dicantumkan, berarti sudah tidak layak dan tidak boleh dikonsumsi lagi karena dapat menyebabkan gangguan kesehatan seperti gangguan pencernaan hingga keracunan.

Dilansir CBC news, The Canadian Food Inspection Agency menyebutkan ada beberapa makanan yang wajib mencantumkan tanggal kedaluwarsa pada kemasannya. Produk makanan seperti susu formula, suplemen kesehatan, makanan instan, dan obat-obatan harus mencantumkan harus mencantumkan batas waktu produk untuk dikonsumsi atau digunakan.

Produk yang mencantumkan tanggal kedaluwarsa memiliki waktu simpan yang lama antara satu hingga tiga tahun.

Sedangkan best before adalah waktu yang menunjukkan kualitas terbaik suatu makanan atau minuman untuk dikonsumsi. Biasanya best before dicantumkan pada makanan segar dan cepat basi seperti roti, daging, dan susu kemasan. Saat produk melewati batas best before atau waktu terbaik dikonsumsi, artinya kualitas makanan atau minuman tersebut telah menurun.

Perhatikan tanggal kadaluarsa produk makanan. (Foto: Thnkstock)

Tidak seperti tanggal kedaluwarsa, makanan yang telah melewati tanggal best before masih layak untuk dikonsumsi walaupun kualitas makanan dan rasanya tidak akan sebaik ketika pertama kali dipasarkan. Makanan ini tidak akan mengganggu sistem pencernaan atau masalah kesehatan lainnya ketika dikonsumsi.

Biasanya produk yang mencantumkan best before memiliki waktu layak konsumsi lebih singkat yaitu kurang dari dua bulan. Tanggal best before juga menjadi indikator di banyak pasar swalayan kapan produk harus ditarik dari peredaran.

Tapi yang harus diperhatikan adalah ketika produk yang mencantumkan tanggal best before telah dibuka dari kemasannya, maka batas waktu yang tercantum tidak berlaku lagi dan produk harus segera dihabiskan atau dimasukkan ke dalam lemari pendingin. Hal ini akan mengurangi risiko terkontaminasi jamur atau bakteri.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Kamis,23/05/2019
Imsak04:26
Subuh04:36
Magrib17:47
Isya19:00
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.22