kumparan
2 Agu 2019 9:38 WIB

Jangan Salah Pakai, Ini Jenis-jenis Sendok dan Fungsinya (Part I)

Ilustrasi Alat Makan Foto: Pixabay/armtemtation
Sendok dan garpu digunakan sebagai alat bantu makan guna memudahkan kita memilah-milah makanan yang akan hendak masuk ke mulut. Tapi tahukah kamu? Jenis-jenis sendok itu beragam dan tak semua fungsinya sama, lho.
ADVERTISEMENT
Ada yang digunakan untuk makan lauk, sup, buah, keju, salad, dan lain sebagainya. Hampir setiap jenis makanan ada sendok khususnya. Desainnya pun rata-rata disesuaikan dengan jenis makanannya.
Nah agar tak salah pakai, enggak ada salahnya mengetahui lebih dahulu jenis dan fungsi sendok. Jadi, saat sedang bersantap di restoran fine dining yang mewah, kita enggak malu karena salah pakai sendok. Berikut ulasan selengkapnya, simak yuk!
1. Sendok makan
Ilustrasi sendok makan Foto: dok.pixabay
Sendok yang satu ini umum kita gunakan sebagai alat bantu makan sehari-hari. Permukaannya yang lebar dan oval memudahkan kita menyendok banyak makanan. Apalagi makanan Indonesia yang biasanya terdiri dari nasi putih serta beragam lauk-pauk.
2. Sendok buah
Ilustrasi sendok buah Foto: dok.pixabay
Sendok ini bentuknya mirip dengan sendok makan, hanya saja ukurannya lebih kecil. Sendok ini digunakan untuk memakan buah yang sudah dipotong. Di sisi lain, sendok buah juga bisa digunakan untuk memakan hidangan penutup; seperti cake.
ADVERTISEMENT
3. Sendok kopi
Ilustrasi kopi dan gula Foto: Shutter Stock
Sendok ini juga enggak kalah mirip sama sendok buah, yang membedakannya adalah ujung gagangnya melebar.
Sesuai jenisnya, sendok ini digunakan untuk membantu mengaduk kopi atau teh panas yang disajikan dalam cangkir. Sendok ini biasanya digunakan dalam gaya minum kopi ala orang Amerika dan Eropa.
4. Sendok es krim
Ilustrasi sendok es krim Foto: dok.pixabay
Sendok es krim memiliki kepala lebar dan berbentuk persegi. Desain ini berfungsi memudahkan kita untuk mengambil es krim dalam jumlah yang tepat --tidak kebanyakan maupun terlalu sedikit.
5. Sendok minuman panjang
Ilustrasi sendok minuman panjang Foto: dok.pixabay
Nah, jika tadi ada sendok kopi, maka ada juga sendok minuman panjang. Desainnya mirip sendok kopi dengan ujung gagang melebar namun di bagian tengahnya lebih panjang.
ADVERTISEMENT
Sendok ini memudahkan kita untuk mengaduk minuman dalam gelas tinggi; seperti minuman dingin dengan banyak es batu di dalamnya.
6. Sendok gula
Ilustrasi sendok gula Foto: dok.pixabay
Sendok gula merupakan kembaran dari sendok es krim. Kepalanya berbentuk persegi namun persegi panjang. Ya, agak sedikit lebih panjang memudahkan untuk mengambil gula dalam wadahnya.
Selain itu, desain sendok gula ada juga yang mirip dengan sendok untuk teh atau kopi, dan lebih mudah ditemukan.
7. Sendok sup
Ilustrasi sendok sup Foto: dok.pixabay
Sendok sup juga mungkin sudah tak asing lagi untuk kamu. Sendok bergagang pendek, cekung, dan lebar ini biasa digunakan ketika bersantap makanan berkuah di restoran Chinese food.
Permukaannya yang dalam, memudahkan mengambil kuah sehingga bisa diseruput.
ADVERTISEMENT
8. Sendok salad
Ilustrasi sendok salad Foto: dok.pixabay
Menikmati salad juga ada sendok khususnya, lho. Biasanya dipasangkan dengan garpu salad, memudahkan kita untuk mengaduk serta mengambil sayuran yang biasanya besar karena tidak dipotong.
Gagang sendok salad juga panjang yang memudahkan mengambil salad dalam mangkuk dalam dan besar.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·