Pencarian populer

Ketahui 5 Aturan Dasar yang Baik dan Benar Sebelum Menyantap Dimsum

Dimsum memiliki aturan makannya sendiri (Foto: Pixabay)
Dimsum merupakan salah satu makanan oriental yang sangat terkenal di berbagai belahan dunia. Ukurannya yang kecil serta porsinya dapat disesuaikan dengan keinginan sangat pas dijadikan alternatif kudapan yang tidak terlalu mengenyangkan. Mulai dari restoran dan cafe kekinian, sampai gerai kaki lima pinggir jalan telah banyak yang menjajakan dimsum.
ADVERTISEMENT
Namun walaupun hanya berupa makanan kecil, dimsum juga ternyata punya aturan khusus untuk menyantapnya, lho. Terutama di negara asalnya, menyantap dimsum dengan benar juga merupakan bentuk penghargaan terhadap koki dan juga hidangannya.
Selain itu, jika dimsum dimakan dengan cara yang tidak tepat, rasa asli yang dihasilkan dari dimsum tradisional akan hilang. Walaupun makan di restoran mahal yang memiliki koki handal, jika cara makannya kurang tepat, maka rasanya pun hanya akan seperti dimsum pada umumnya.
Dilansir dari SCMP, Koki asal Hongkong Chan Yan-tak, memberikan tips bagaimana menikmati dimsum dengan cara yang benar. Cha Yan-tak yang juga merupakan seorang koki handal di Lung King Heen Restaurant, Hongkong, telah puluhan tahun membuat beragam makanan tradisional khas Tiongkok.
ADVERTISEMENT
Lalu, bagaimana cara menyantap dimsum yang benar? Berikut tipsnya:
1. Jangan Menyantap Dimsum Dalam Satu Kali Suapan
Loading Instagram...
Dimsum sendiri dalam bahasa Kanton berarti makanan kecil. Sesuai dengan namanya, dimsum memiliki ukuran yang relatif kecil dan dapat disantap dalam satu kali suapan. Namun, cara makan yang benar ternyata adalah dengan dimakan secara perlahan agar rasa asli dimsum dapat lebih terasa.
Dimsum dimakan dengan cara digigit sebagian, sehingga isinya akan keluar dan menyatu dengan kulit ketika masuk ke dalam mulut. Terutama untuk dimsum jenis Xialongbao yang memiliki kuah dan umumnya disajikan saat masih panas. Sehingga jika disantap dalam satu kali suapan akan membakar lidah dan membuat citarasa asli dimsum tidak dapat dirasakan.
ADVERTISEMENT
Menurut Cha Yan-tak, menyantap secara perlahan akan membuat kuah sedikit dingin dan semakin nikmat untuk disantap.
2. Penggunaan Saus Tambahan Untuk Dimsum
Loading Instagram...
Memiliki rasa yang gurih dan terbuat dari kaldu, banyak orang yang justru menambahkan saus serta bumbu pelengkap ketika menyantap dimsum. Padahal, banyaknya tambahan bumbu akan menyembunyikan citarasa asli dari dimsum.
Bagi yang ingin menyantap dimsum, cukup mencelupkan sedikit bagian dimsum ke dalam saus kecap asin. Rasa asin yang dihasilkan dari kecap sudah cukup untuk membuat rasanya semakin nikmat, tanpa menghilangkan citarasa aslinya.
3. Satu Sumpit Hanya Digunakan Untuk Satu Orang
Loading Instagram...
Ketika menyantap dimsum terutama di gerai dimsum yang ada di Hongkong, jangan pernah berbagi sumpit kepada orang lain walaupun itu adalah keluarga atau orang terdekat kamu. Selain akan merepotkan karena harus bergantian memakainya, hal tersebut diberlakukan dengan alasan agar kebersihan lebih terjamin.
ADVERTISEMENT
Jika merasa kekurangan sumpit, kamu dapat memintanya kepada pelayan terdekat. Kamu juga dapat meminta garpu atau sendok jika tidak terbiasa menggunakan sumpit.
Kemudian, jangan pernah bermain-main dengan sumpit, termasuk menggigiti ujung sumpit, karena hal tersebut sangat mengganggu pelanggan lain. Banyak orang yang tidak sadar menggigiti ujung sumpit miliknya ketika sedang memilih dimsum yang akan disantap.
4. Belajar Kode-kode Rahasia
Loading Instagram...
Ada beberapa kode rahasia yang perlu kamu ketahui jika berkunjung ke kedai dimsum tradisional yang ada di Hongkong. Beberapa kode tersebut hanya dimengerti oleh orang yang sudah terbiasa datang ke restoran dimsum.
Koki Cha Yan-tak, membocorkan makna kode rahasia yang biasa digunakan ketika mengunjungi kedai atau restoran dimsum. Misalnya ketika hendak mengucapkan terima kasih atas makanan yang telah disajikan, pelanggan cukup menempatkan jari telunjuk dan jari tengah pada meja kemudian mengetuknya dua kali. Hal itu bermakna memberikan bungkukan sebagai tanda hormat kepada koki yang telah membuat dimsum atas semua makanan yang telah disajikan.
ADVERTISEMENT
Kemudian jika pelanggan kehabisan air minum atau teh, mereka dapat menaruh tutup air di sisi meja dan pelayan akan langsung datang untuk mengisi teko yang telah kosong tersebut.
5. Pesanlah Dimsum Secukupnya
Loading Instagram...
Walaupun berukuran kecil, jangan pesan dimsum dalam jumlah banyak sekaligus. Pesanan yang banyak jika tidak dihabiskan, maka hanya akan membuang dimsum yang telah disajikan.
Selain itu jangan pernah meminta kantung plastik atau wadah apapun agar sisa dimsum dapat dibawa pulang. Dimsum diciptakan untuk dimakan dalam keadaan segar dan panas. Dimsum yang telah dingin akan memiliki citarasa yang berbeda, dibanding jika dimsum masih dalam keadaan panas.
Walau dipanaskan dengan microwave, kualitas dimsum akan tetap menurun. Pemanasan dua kali hanya akan menghilangkan rasa asli yang dihasilkan oleh dimsum.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan dan Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.80