Pencarian populer

Manfaat Pisang Merah untuk Kesehatan

Ilustrasi Pisang Merah Foto: Shutterstock/TairA

Pernah mendengar pisang merah? Varietas pisang asal Asia Tenggara ini memiliki keunikan warna kulitnya yang merah.

Pisang bernama lain Musa acuminata 'Red Dacca' ini sering diolah menjadi makanan, lho. Konon memiliki rasa yang manis dan sedikit ada rasa raspberry. Cocok dijadikan sebagai hidangan penutup.

Di balik rasa dan warnanya yang unik, pisang merah memiliki banyak kebaikan untuk kesehatan tubuh. Ingin tahu apa saja? Mari simak informasinya berikut ini.

1. Bisa menurunkan tekanan darah

Ilustrasi Pemeriksaan Tekanan Darah pada Ibu Hamil Foto: Shutterstock

Pisang merah kaya akan kalium. Kalium merupakan mineral penting untuk kesehatan jantung yang berperan mengatur tekanan darah.

Menurut penelitian dalam jurnal US National Library of Medicine National Institues of Health, satu buah pisang merah mengandung 9 persen dari Recommended Daily Intake (RDI). Tak hanya itu, satu buah pisang merah juga menyediakan sekitar 8 persen kebutuhan mineral harian seseorang.

Karena itu, menurut para ahli, banyak mengkonsumsi pisang merah bisa membantu mengurangi tekanan darah.

2. Kaya antioksidan

Ilustrasi Pisang Merah Foto: Shutterstock/TairA

Pisang merah juga mengandung antioksidan. Bahkan, kandungan antioksidan yang ada di dalamnya lebih tinggi daripada pisang kuning.

Antioksidannya bisa mencegah kerusakan sel yang disebabkan radikal bebas. Radikal bebas bisa menyebabkan; penyakit jantung, diabetes, hingga kanker.

Banyak antioksidan yang terkandung dalam pisang merah. Ada karetenoid, anthocyanin, vitamin C, hingga dopamin. Maka mengkonsumsi pisang merah bisa menurunkan risiko berbagai penyakit kronis.

3. Meningkatkan daya tahan tubuh

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh Ibu Foto: Pixabay

Pisang merah juga kaya vitamin C dan B6. Nutrisi ini penting untuk menjaga sistem kekebalan tubuh. Kabarnya, satu buah pisang merah berukuran kecil menyediakan sekitar 9 persen hingga 28 persen RDI untuk vitamin C dan B6.

Vitamin B6 dalam pisang merah berperan mendukung sistem kekebalan tubuh. Sedangkan, vitamin C-nya bisa meningkatan dan memperkuat sel-sel kekebalan tubuh.

4. Baik untuk kesehatan mata

Ilustrasi mata sehat Foto: dok.pixabay.com

Pisang merah mengandung karotenoid atau pigmen organik yang membuat kulitnya berwarna merah. Dalam karotenoid tersebut, terdapat dua jenis vitamin yaitu lutein dan beta karoten yang baik untuk kesehatan mata.

Sebagai contoh, kandungan lutein dalam pisang merah bisa mencegah degenerasi makula (AMD/ARMD) atau penurunan penglihatan pusat, dan penyakit mata yang tidak bisa disembuhkan.

Sedangkan, kandungan beta karoten bisa berubah menjadi vitamin A yang penting untuk kesehatan mata.

5. Baik pencernaan

Usus besar dan saluran pencernaan manusia. Foto: Elionas2 via pixabay

Dibandingkan pisang biasa, pisang merah lebih banyak serat. Satu pisang kecil saja, terdapat 3 gram serat atau sekitar 10 persen dari RDI nutrisi.

Serat bermanfaat bagi sistem pencernaan. Seperti melancarkan buang air besar, mengurangi peradangan usus, hingga merangsang pertumbuhan bakteri baik di usus.

Berdasarkan sebuah studi yang melibatkan 170.776 perempuan menemukan fakta, bahwa diet tinggi serat dikaitkan dengan adanya penurunan risiko penyakit Crohn (penyakit radang susu kronis) hingga 40 persen.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Kamis,23/05/2019
Imsak04:26
Subuh04:36
Magrib17:47
Isya19:00
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.22