Pencarian populer

Masa Simpan 7 Jenis Makanan di Dalam Freezer

Memisahkan makanan mentah dan makanan matang (Foto: Thinkstock)
Agar makanan tetap awet dan segar, umumnya masyarakat akan menyimpan makanan yang baru dibeli di dalam lemari pendingin atau freezer. Diklaim dapat memperpanjang umur makanan, beragam jenis makanan seperti daging dan sayuran kerap disimpan di dalam freezer dalam waktu yang lama.
ADVERTISEMENT
Padahal, pada dasarnya setiap makanan mempunyai masa simpan yang berbeda-beda, sehingga tidak bisa sembarang menyimpannya. Tak hanya memengaruhi tampilan, menyimpan makanan dalam cara yang salah dapat mempengaruhi tingkat kesegarannya.
Lantas, berapa lama batasan menyimpan makanan di dalam freezer? Dilansir Boldsky, berikut ulasannya:
1. Seafood
Ilustrasi udang. (Foto: Pixabay)
Saat menyimpan makanan laut, terutama ikan di dalam freezer, pastikan untuk menyimpannya dalam jangka waktu yang tepat. Ikan tanpa lemak seperti ikan cod dan kerapu dapat disimpan selama maksimal 2 bulan. Sedangkan jenis ikan seperti makarel, salmon, tuna, sarden, dan sebagainya dapat disimpan selama maksimal 1 bulan.
2. Daging
Ilustrasi Daging dan Pisau (Foto: Thinkstock)
Daging mentah yang telah dibekukan dalam freezer memiliki masa simpan yang lama. Sebelum menyimpannya, kelompokan bagian-bagian daging agar mudah diolah. Daging merah seperti daging sapi, kambing atau babi memiliki masa simpan maksimal 3 bulan. Sedangkan, untuk beragam jenis olahan daging seperti sosis, ham, beef hanya memiliki masa simpan selama 1 bukan saja.
ADVERTISEMENT
3. Kerang
Kerang (Foto: Pixabay)
Berapa lama kerang tetap segar dalam freezer? Kerang yang telah dimasak dapat disimpan dalam freezer selama 1 hingga 2 bulan, dan kerang beku yang baru dibeli dapat disimpan selama 3 hingga 4 bulan. Namun, untuk mendapatkan kerang dengan kualitas terbaik, segera olah kerang sesaat setelah membelinya.
4. Es Krim
Ilustrasi es krim (Foto: Thinkstock)
Kudapan bercita rasa manis ini rupanya dapat bertahan hingga tiga bulan di dalam freezer. Es krim telah diolah dengan pengawet di dalamnya, sehingga kamu tidak perlu khawatir untuk menyimpannya lebih lama di dalam freezer.
5. Pizza
Ilustrasi Pizza (Foto: Pixabay)
Memiliki sisa pizza? Bila iya, kamu bisa menyimpannya ke dalam freezer selama beberapa hari, lalu menghangatkannya kembali saat ingin disantap. Namun, jangan terlalu lama menyimpannya, karena bila disimpan terlalu lama, roti pizza akan menjadi keras dan alot, sehingga akan mempengaruhi rasanya.
ADVERTISEMENT
6. Roti
Jaga suhu roti. (Foto: Pixabay)
Kamu bisa menyimpan roti dalam freezer dalam jangka waktu paling lama sekita 2 minggu. Serupa dengan pizza, terlalu lama menyimpan roti dalam freezer akan membuat teksturnya menjadi lebih keras dan alot. Kendati demikian, kamu bisa mengatasi hal tersebut dengan cara memanggang ulang roti.
7. Keju
Ilustrasi keju cheddar (Foto: Thinstock)
Keju merupakan salah satu jenis olahan susu yang memiliki masa simpan terlama, yakni sekitar 2-3 bulan di dalam freezer. Agar semakin efisien, kelompokan keju ke dalam beberapa bungkus yang berbeda sebelum menyimpannya dalam freezer agar memudahkan kamu saat ingin menggunakannya.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan dan Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.81