Pencarian populer

Mencicipi Lembutnya Sate Kambing khas Tegal di Tirus Famili

Sate Tirus Famili (Foto: Kartika Pamujiningtyas/kumparan)

Selama ini mungkin sebagian besar orang lebih mengenal Tegal sebagai kota asal warteg atau warung Tegal. Padahal, Tegal juga memiliki beragam kuliner tradisional yang tak kalah lezat dibanding daerah lainnya, lho.

Menariknya, tak seperti daerah di Jawa Tengah lain yang identik dengan rasa manis, kuliner Tegal justru didominasi sajian gurih. Sebut saja sauto bumbu tauco, nasi lengko, hingga sate kambing muda yang menjadi favorit pelancong saat berada di Kota Ngapak ini.

Bahkan Tegal menjadi kota yang memperkenalkan sate yang terbuat dari kambing muda berusia di bawah lima bulan atau sate balibul. Bila penasaran dengan kelembutan sate kambing muda khas Kota Bahari, Warung Sate Kambing Muda Tirus Famili bisa menjadi pilihannya.

Berada di Jalan Kapten Sudibyo, tempat makan yang telah ada sejak 1980-an ini menjadi andalan saat ingin mencicipi sate kambing yang lembut dan tidak bau prengus. Ingin tahu lebih banyak? Berikut kumparanFOOD sajikan ulasannya.

Pilihan utama pelancong dari luar Tegal

Warung sate Tirus Famili (Foto: Instagram @yanuarera)

Saat memasuki warung sate ini, pengunjung akan langsung disambut dengan suasana restoran serba hijau dan biru layaknya tempat makan khas Tegal lainnya. Deretan poci dan cangkir mungil dari tanah liat yang dijejer berderet di sudut ruangan membuat suasana semakin kental akan nuansa Kota Bahari.

Tak hanya itu, ruangan yang luas merupakan salah satu alasan kenapa Warung Sate Tirus Famili menjadi andalan untuk menyantap sate yang lezat bersama keluarga. Diisi meja-meja panjang dan tempat duduk yang bisa menampung lebih dari 50 pengunjung, kamu bisa lebih leluasa menyantap sate lezat ala Tirus Famili tanpa perlu khawatir akan berdesakan.

Sate kambing muda menjadi menu andalan

Sate Tirus Famili (Foto: Kartika Pamujiningtyas/kumparan)

Bagi kamu penyuka daging kambing namun kurang suka dengan aromanya, racikan sate ala Tirus Famili dijamin akan memuaskan perutmu. Menggunakan daging kambing muda berusia kurang dari setahun, tekstur lembut, empuk, dan gurih menjadi kelebihan sate khas Tegal ini.

Kurang suka jeroan? Tak perlu khawatir, sebab Tirus Famili juga menyediakan pilihan sate polos yang hanya terdiri dari potongan daging kambing saja. Disajikan bersama sambal kecap dan potongan acar bawang sebagai penambah rasa, perpaduan rasa gurih, manis, dan lembut ini sangat cocok disantap dengan nasi putih hangat.

Selain sate, Warung Sate Tirus Famili juga menyediakan menu lain yang tak kalah menggoda seperrti sup kambing dan sup ayam. Layaknya olahan sup pada umumnya, potongan daging ayam maupun tetelan kambing direbus bersama aneka sayur seperti kubis, wortel, dan daun bawang. Ditambah taburan bawang goreng, gurih dan hangatnya menu ini sangat cocok disantap untuk menghangatkan badan.

Teh poci khas Tegal sebagai penutup

Sate Tirus Famili (Foto: Kartika Pamujiningtyas/kumparan)

Setelah puas menyantap sate kambing muda ala Tirus Famili, jangan lupa akhiri dengan secangkir teh poci ala Tegal yang sudah melegenda. Sesuai namanya, teh tubruk memang disajikan dengan poci dan cangkir mungil dari tanah liat.

Penggunaan poci tanah liat diyakini dapat menghasilkan rasa minuman yang lebih nikmat dan wangi. Sebagai pemanis, teh poci ini paling pas disajikan dengan sebongkah dua bongkah kecil gula batu.

Tertarik mencoba kenikmatan sate kambing khas Tegal ini? Buka mulai pukul 07.00 hingga 23.30 WIB, seluruh makanan di Sate Tirus Famili bisa dinikmati dengan harga mulai Rp 40 ribuan saja per porsinya.

Sate Kambing Muda Tirus Famili

Alamat: Jalan Kapten Sudibyo No.222, Randugunting, Tegal Selatan, Jawa Tengah 52133

Telepon: 0853-3874-2401

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.53