Pencarian populer

Menguak 5 Fakta Kesehatan Seputar Durian

5 Fakta Menarik tentang Durian (Foto: Dok, pixabay)

Dijuluki sebagai King of Tropical Fruit di Asia Tenggara, buah durian menjadi buah yang paling diminati. Meski banyak yang menyukai, namun siapa sangka buah dengan tekstur lembut ini juga dibenci oleh banyak orang. Baunya yang menyengat menjadi alasannya.

Beragam mitos mengenai buah durian telah banyak beredar. Salah satunya adalah larangan untuk mengkonsumsi buah ini dengan minuman tertentu seperti kopi atau minuman bersoda. Bahkan, baru-baru ini di Malaysia, beberapa orang dilarikan ke rumah sakit setelah meminum kopi instan rasa durian.

Padahal, faktanya buah durian tidak membahayakan selama orang yang mengkonsumsinya tidak memiliki riwayat penyakit tertentu. Terlepas dari adanya mitos durian serta kasus yang terjadi di Malaysia, durian mengandung antioksidan serta kaya akan vitamin.

Tak hanya itu saja, masih banyak fakta kesehatan lainnya yang bisa kamu dapatkan dari durian. Apa saja?

1. Konsumsi Durian Berlebih Dapat Menyebabkan Kegemukan

5 Fakta Menarik tentang Durian (Foto: Dok, pixabay)

Sering kalap menyantap durian? Agaknya kamu harus mulai membatasi konsumsi durian jika tidak ingin mengalami kegemukan. 1 kg buah durian mengandung sekitar 1.350 kalori.

Itu berarti, jika kamu mengkonsumsi 1 kg buah durian, berarti 68 persen kebutuhan harian kalorimu sudah terpenuhi. Kebutuhan kalori yang dianjurkan untuk orang dewasa sendiri adalah 2.000 kalori per harinya.

2. Kulit Durian Bisa Sembuhkan Batuk

5 Fakta Menarik tentang Durian (Foto: Dok, pixabay)

Penelitian yang telah dilakukan pada hewan menunjukkan bahwa kandungan yang ada dalam kulit durian dapat membantu menyembuhkan batuk. Sifat analgesik dan antibakteri dari buah durian dipercaya menjadi salah satu penyumbang utama manfaat tersebut.

3. Durian Tidak Mengandung Lemak Jenuh

5 Fakta Menarik tentang Durian (Foto: Dok, pixabay)

Banyak mitos yang menyebutkan bahwa jika mengkonsumsi durian terlalu banyak akan meningkatkan kolesterol tubuh. Padahal, durian sebenarnya tidak mengandung lemak jenuh.

Buah ini justru memiliki kandungan lemak tak jenuh tunggal yang baik bagi jantung. Selain itu, durian juga baik untuk menurunkan kadar kolesterol jahat.

4. Durian Mampu Mengembalikan Energi dengan Cepat

Ilustrasi durian (Foto: Pixabay)

Dengan kandungan karbohidrat yang tinggi, durian dapat membantu mengisi kembali tingkat energi rendah dengan cepat. Kandungan kalium buahnya yang tinggi juga bisa membantu mengurangi kelelahan dan menghilangkan stres.

5. Membantu Menjaga Kesehatan Tulang

5 Fakta Menarik tentang Durian (Foto: Dok, pixabay)

Durian mengandung kalsium dan kalium yang baik bagi tulang. Kandungan kalium dalam buah durian memenuhi sekitar 9% kebutuhan tubuh kita setiap hari.

Kalium juga sangat penting untuk mengatur distribusi dan pengendapan kalsium dalam tulang sehingga tidak larut atau dilepaskan ke dalam darah secara berlebihan.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.33