kumparan
27 Apr 2018 14:25 WIB

Naengmyeon, Mi Dingin yang Dibawakan Kim Jong Un untuk Moon Jae-in

Mi dingin / cold noodles Korea. (Foto: Pixabay)
KTT Korea resmi digelar pada Jumat (27/4) di Korea Selatan. Pertemuan antara petinggi Korea Utara dan Korea Selatan itu tentu mendapat sorotan dari mata dunia. Bagaimana tidak, pertemuan tersebut menjadi pertemuan kali ketiga antara kedua negara sejak berakhirnya perang pada 1953.
ADVERTISEMENT
Dan, ada yang menarik dari pertemuan antara Kim Jong-un dan Moon Jae-in kali ini. Seperti dikutip dari The Guardian, Kim Jong-un membawakan mi dingin atau Naengmyeon sebagai oleh-oleh khusus untuk Moon Jae-in.
Bagi kamu pecinta makanan Korea tentu sudah tak asing dengan olahan mi satu ini. Jika diterjemahkan, Naeng memiliki arti dingin dan Myeon berarti mi. Sesuai namanya, hidangan ini disajiakan secara dingin yang terbuat dari mi berbahan dasar gandum yang disajikan dengan serutan es batu di bagian dasar mi.
Es batu tersebut merupakan kaldu daging yang telah dibekukan, sehingga saat es batu mencair, rasa gurih akan tercipta dari kuah kaldu tersebut. Potongan sayuran dan buah seperti kentang, lobak, mentimun dan pir Korea turut disajikan pada hidangan ini. Naengmyeon juga dilengkapi dengan topping irisan daging dan telur rebus setengah matang yang menjadi ciri khasnya.
ADVERTISEMENT
Mungkin belum banyak yang tahu bahwa mi dingin satu ini berasal dari Korea Utara. Telah ada sejak Dinasti Joseon pada abad ke-19, Naengmyeon merupakan makanan asli dari dua wiilayah di Korea Utara, yaitu Pyeongyang dan Hamheung.
Mengingat Naengmyeon berasal dari dua wilayah tersebut, ada dua jenis Naengmyeon yang paling populer di Korea Utara, yakni Pyeongyang Naengmyeon dan Hamheung Naengmyeon. Perbedaan keduanya terletak pada cara penyajiannya.
Pyeongyang Naengmyeon disajikan dengan kuah dingin, sedangkan Hamheung Naengmyeon tidak berkuah, melainkan dicampur saus pedas manis.
Kendati berasal dari Korea Utara, namun hidangan ini telah populer hingga ke Korea Selatan, bahkan menjadi salah satu sajian yang paling diminati saat musim dingin tiba. Jika menilik dari sejarahnya, Naengmyeon memang menjadi santapan musim dingin oleh masyarakat Korea Utara.
ADVERTISEMENT
Tak hanya di kedua negara tersebut, Naengmyeon juga terkenal hingga ke Negeri Sakura dengan nama reimen. Di Indonesia sendiri, Naengmyeon sudah cukup terkenal di kalangan penikmat hidangan Korea.
Penasaran dengan cita rasa Naengmyeon yang dibawakan Kim Jong-un untuk Moon Jae-in? Kamu bisa berkunjung ke beberapa restoran Korea di Tanah Air. Karena beberapa di antaranya telah menyediakan Naengmyeon sebagai salah satu menu andalannya.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan