Pencarian populer

Nasi Ayam Kedewatan Ibu Mangku, Pedasnya Menggelitik Lidah

Nasi Ayam Kedewatan Ibu Mangku Foto: Safira Maharani/ kumparan

Kulineran di Ubud tak akan lengkap bila belum mencicipi Nasi Ayam Kedewatan Ibu Mangku. Lokasinya berada di Jalan Kedewatan Raya No. 18, Ubud, Bali.

Dari luar, warung Nasi Ayam Kedewatan Ibu Mangku tampak kecil. Namun ternyata, bagian dalamnya sangat luas. Terdapat beberapa balai makan yang menempati semacam halaman.

Bangunannya memiliki arsitektur khas rumah orang Bali. Menciptakan suasana yang begitu hangat, layaknya bertamu ke rumah kawan. Beberapa pohon kamboja dan kolam ikan menghiasi sudut halaman, menciptakan kesan asri.

Suasana warung Nasi Ayam Kedewatan Ibu Mangku Foto: Safira Maharani/ kumparan

Kuliner Bali ini sejatinya sudah ada sejak tahun 1970. Kenikmatannya sudah sangat tersohor dan melegenda. Padahal, menu yang disajikan hanya satu jenis saja; nasi ayam Bali.

Satu yang menjadikannya istimewa: cita rasa pedas yang begitu khas. Tak hanya berasal dari cabai rawit, tapi juga paduan kunyit, kencur dan serai.

Satu piring nasi ayam campur (Rp 30 ribu) terdiri dari nasi putih, lawar sayur, telur pindang, sate lilit, jeroan ayam, dan kacang tanah goreng. Tak lupa, sambal bawang goreng sebagai pelengkap sajian.

Ada dua jenis ayam yang dihidangkan sebagai lauk; yakni ayam betutu dan ayam suwir. Keduanya ditumpuk di atas nasi, membuatnya tampak menggunung.

Nasi Ayam Kedewatan Ibu Mangku Foto: Safira Maharani/ kumparan

Nasi putihnya disiram dengan semacam kuah ayam. Menambah cita rasa gurih dan pedas. Tekstur ayam gorengnya empuk. Bumbunya terasa pedas, meresap hingga ke dalam serat daging.

Sate lilitnya terasa kenyal dengan jejak rasa pedas khas rempah. Jeroan ayam digoreng hingga kering, menghasilkan tekstur yang garing.

Meski semua lauknya didominasi dengan rasa pedas, namun tingkatannya berbeda-beda. Semuanya menyatu dengan baik dan mengimbangi cita rasa gurih pada lawar.

Menciptakan sensasi terbakar pada lidah, namun tetap terasa nikmat.

Nasi Ayam Kedewatan Ibu Mangku Foto: Safira Maharani/ kumparan

Porsi sepiring nasi ayam campur Ibu Mangku ini cukup besar dan mengenyangkan. Bila kurang puas, pengunjung bisa memesan nasi ayam pisah (Rp 35 ribu) dengan porsi nasi yang lebih banyak.

Sambil menikmati kuliner Bali yang legendaris, tak ada salahnya untuk menikmati suasana di warung Nasi Ayam Kedewatan Ibu Mangku. Angin sepoi-sepoi dan suasana khas Bali nan tentram akan membuat santap makan jadi makin berkesan.

Nasi Ayam Kedewatan Ibu Mangku

Alamat: Jl. Raya Kedewatan No.18, Kedewatan, Kec. Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali

Jam buka: Setiap hari, (08.00 - 18.00 WITA)

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.59