kumparan
28 Feb 2017 17:03 WIB

Nikmati Lezatnya Selat Solo di 5 Tempat Makan Ini

Selat Solo ala Rumah Makan Selera Meneer. (Foto: Instagram @selerameneer)
Bagi kamu yang bermukim di Solo pasti tahu benar tentang Selat Solo. Hidangan ini yang menjadi salah satu menu utama untuk Raja Salman saat berada di Indonesia. Banyak warung-warung makan di kota Solo yang menyediakan makanan tersebut. Harganya yang murah dan rasanya yang lezat menjadikan hidangan ini banyak peminat.
ADVERTISEMENT
Di Solo, ada beberapa tempat makan yang menyediakan makanan yang kaya akan bumbu dan rempah ini. Tak hanya di Solo, Yogyakarta pun juga memiliki warung makan tradisional yang menyajikan Selat Solo sebagai menu utamanya. Tetapi kamu tidak perlu pergi jauh-jauh ke Solo atau Yogyakarta, di Jakarta juga terdapat tempat makan yang menjual Selat Solo. Di mana saja?
1. Waroeng Solo Kemang
Loading Instagram...
Bagi kamu warga Jakarta, tak perlu jauh-jauh ke kota Solo hanya untuk menikmati sajian lezat khas Solo, Selat Solo. Di rumah makan yang berlokasi di daerah Kemang ini menyajikan selat solo yang bercita rasa khas Solo.
Tampilan penyajiannya dibikin semirip mungkin dengan dengan selat solo yang biasa disajikan di kota Solo. Dekorasi restorannya juga didesain dengan barang-barang khas Jawa Tengah yang membuat kita seperti menikmati sajian khas Solo di kota aslinya. Sepiring selat solo dibanderol dengan harga Rp 35.000.
ADVERTISEMENT
Jl. Madrasah No.14
Kemang, Jakarta Selatan.
2. Dapur Solo
Dari nama restorannya, kita sudah mengetahui kalau rumah makan ini memiliki spesialisasi menu masakan khas Solo. Selat Solo menjadi salah satu menu andalannya. Buka dari pukul 10 pagi sampai 10 malam, restoran ini menyajikan aneka hidangan khas Solo yang bisa membuat para konsumennya seperti makan di kampung halaman. Seporsi selat solo lengkap dengan isian sayuran, telur kecap dan keripik kentangnya dihargai Rp 35.000.
Jl. Matraman Raya No.18
Kebon Manggis, Matraman, Jakarta Timur.
Telp: (021) 29821966
3. Selera Meneer
Selera Meneer (Foto: Instagram @makansampaikenyang)
Sajian selat solo yang berbeda bisa kamu temukan di restoran yang berlokasi di Gandaria, Jakarta Selatan ini. Daging bistik yang biasa disajikan bulat utuh tidak akan ditemukan disini melainkan irisan daging tenderloin pada hidangan selat solo. Banyak restoran yang memang sengaja menyajikan selat solo menggunakan irisan daging khas dalam. Menggunakan jenis daging yang sama namun hanya bentuk sajian saja yang berbeda. Selat solo di restoran ini dipatok dengan harga Rp 40.000/porsi.
ADVERTISEMENT
Jl. Ahmad Dahlan No.30
Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.
Telp: (021) 29055155
4. Warung Selat Mbak Lies
Loading Instagram...
Warga Solo pasti tahu kalau Warung Selat Mbak Lies menyajikan selat Solo yang lezat sejak tahun 1987. Dekorasi dari warung makan ini didesain dengan interior yang mencolok sehingga lokasinya mudah ditemukan. Sesuai nama warung makannya, selat menjadi menu andalan Warung Mbak Lies. Ada dua jenis selat yang disajikan di warung makan yang selalu buka dari jam 9 pagi sampai jam 5 sore, yaitu selat solo yang juga disebut bistik jawa dan selat galantine. Harga seporsi selat solo dibanderol dengan harga Rp 25.000.
Jl. Serengan, gang II/42
Serengan, Solo, Jawa Tengah
Telp: (0271) 653 332
ADVERTISEMENT
5. Rumah Makan Omah Semar
Tak hanya di Solo, selat solo juga bisa ditemui di Jogjakarta. Rumah makan Omah Semar adalah tempat makan yang menyajikan menu masakan khas Solo. Menu selat merupakan menu andalan rumah makan ini. Ada tiga jenis selat yang disajikan di rumah makan ini, namun yang yang paling favorit adalah Selat Punokawan karena isiannya yang lebih lengkap dari dua selat lainnya. Menu komplit ini hanya dihargai sebesar Rp 23.500. Bagi kamu warga Solo yang bermukim dan rindu akan masakan kampung halaman, bisa langsung datang ke rumah makan ini.
Jl. Argo Lobang No.22
Ngupasan, Gondomanan, Kota Yogyakarta, DIY.
Telp: (0274) 540133
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan