Pencarian populer

Ragam Jajanan Kaki Lima Khas Yunani

Jajanan Yunani. (Foto: Instagram @fredandbutter @souvlakigreekcuisine)

Terletak di dekat perbatasan Eropa dan Timur Tengah, Yunani merupakan salah satu negara di Eropa bagian Tenggara yang terkenal dengan aneka makanannya yang lezat. Mulai dari sajian berat hingga camilan pinggir jalannya memiliki cita rasa menggoda dengan perpaduan bumbu khas Eropa dan Timur Tengah yang unik.

Selain itu, kudapan khas Negeri Para Dewa ini juga terkenal menyehatkan. Perpaduan aneka sayuran, daging, keju, dan rempah-rempah, sajian khas Yunani bahkan sangat cocok disantap bagi kamu yang sedang berdiet.

Jadi, saat bertandang ke Yunani, jangan lupa cicipi aneka kudapan kaki limanya yang lezat dan menyehatkan. Berikut kumparan (kumparan.com) rangkum tujuh jajanan kaki lima yang lezat dan menyehatkan khas Yunani:

1. Spanakopita

Loading Instagram...

Spanakopita merupakan kudapan sejenis pie yang sering dijajakan sebagai camilan pagi di Yunani. Terbuat dari pastry berisi bayam dan keju feta yang dipanggang, kudapan ini memiliki cita rasa gurih dan asin yang menggugah selera. Selain berisi sayuran, pastry gurih ini juga sering dikombinasikan dengan isian lain seperti daging ayam, ikan, dan telur.

2. Souvlaki

Loading Instagram...

Dikenal pula sebagai kebab ala Yunani, Souvlaki terdiri dari potongan daging domba atau sapi yang dipanggang dengan aneka rempah. Dikombinasikan pula dengan sayuran seperti bawang bombay dan paprika, Souvlaki memiliki cita rasa yang gurih dan juicy. Untuk menambah kelezatan, kudapan berbentuk menyerupai sate ini biasanya disajikan bersama selembar roti pita panggang, mayonnaise, hingga keju nan creamy.

3. Kioftedes

Loading Instagram...

Kioftedes merupakan sajian khas Yunani berbentuk bola-bola kecil yang terbuat dari daging sapi atau babi giling. Tak hanya itu, Kioftedes juga dicampur dengan parutan kentang lalu digoreng hingga kecoklatan. Dijual sebagai kudapan siang maupun sore hari, Kioftedes biasanya disajikan bersama kentang goreng, salad, dan cream sauce yang creamy dan gurih.

4. Falafel sandwich

Loading Instagram...

Sesuai namanya, Falafel sandwich merupakan sejenis roti lapis khas Yunani berisi felafel atau bola-bola dari campuran chickpea dan kacang Fava, sayuran, dan saus krim nan gurih. Selain lezat dan mengenyangkan, Falafel sandwich merupakan jajanan kaya gizi dan serat yang bagus bagi kesehatan. Bahkan, kudapan ini sering disajikan sebagai menu alternatif bagi orang yang sedang berdiet.

5. Koulouri

Loading Instagram...

Koulouri adalah kue sejenis kue bagel yang dapat dengan mudah kamu temukan di berbagai wilayah di Yunani. Bertekstur garing dan renyah saat disantap, Koulouri terbuat dari tepung, ragi, minyak zaitu, dan taburan wijen yang dipanggang hingga teksturnya kering. Selain bercita rasa gurih dan asin, ada juga Koulouri dengan bahan lain yang menggugah selera seperti cokelat, keju, dan saus Tahini khas Yunani.

6. Bougatsa

Loading Instagram...

Bila ingin mencicipi kudapan khas Yunani yang tak terlalu mengenyangkan, kamu dapat mencoba Bougatsa yang bercita rasa manis. Bougatsa sendiri merupakan sejenis pastry berisi custard creamy yang terbuat dari campuran susu, krim, dan kuning telur.

Bougatsa disajikan bersama taburan gula halus dan bubuk kayu manis yang wangi. Karena rasa manisnya yang begitu kuat, biasanya Bougatsa dihidangkan dengan segelas kopi pahit.

7. Peinirli

Loading Instagram...

Mulai populer sejak awal tahun 1920-an, Peinirli merupakan pizza tradisional khas Yunani yang terbuat dari adonan roti dengan topping keju, tomat, telur, irisan daging, dan paprika. Menariknya, tak seperti pizza lainnya, Peinirli memiliki bentuk menyerupai perahu yang unik.

Selain sebagai camilan, kudapan ini juga sering disantap sebagai menu makan siang karena porsinya yang cukup besar dan mengenyangkan.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Minggu,19/05/2019
Imsak04:25
Subuh04:35
Magrib17:47
Isya18:59
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.20