Pencarian populer

Rekomendasi kumparan: 7 Olahan Telur untuk Menu Sahur yang Lebih Sehat

Omurice (Foto: Dok. thinkstock)

Saat sahur, sebagian besar orang pasti akan mencari menu makanan yang praktis dan mudah dibuat, bukan?

Dan, salah satu makanan yang paling sering dibuat adalah hidangan berbahan dasar telur. Ya, selain dapat dibuat dalam waktu yang cepat, telur cocok diolah menjadi beragam sajian mulai dari tumisan, omelet lembut, hingga sup hangat.

Tak cukup sampai di situ, telur juga mengandung protein yang berfungsi menghasilkan energi, sehingga tubuh tak gampang lemas meski berpuasa selama lebih dari 12 jam. Protein pada telur yang mudah dicerna tubuh juga tak akan membuat perut begah dan mual saat berpuasa.

Ingin membuat menu sahur serba telur yang lezat dan mengenyangkan? Berikut kumparanFOOD rangkum tujuh rekomendasinya.

1. Telur ceplok masak kecap yang gurih

Loading Instagram...

Telur ceplok berlumur bumbu kecap yang manis dan gurih sangat cocok disajikan sebagai menu sahur yang praktis namun tetap lezat. Cara membuatnya pun sangat mudah dan tak memerlukan waktu lama.

Caranya, tumis bawang bombay dan bawang putih hingga harum lalu tambahkan telur ceplok, kecap, garam, merica, dan sedikit air. Untuk kamu yang suka dengan cita rasa pedas, kamu dapat menambahkan cacahan cabai merah atau cabai rawit ke dalam tumisan.

2. Scramble egg yang praktis

Loading Instagram...

Scramble egg atau telur orak-arik dapat menjadi menu yang cocok untuk kamu yang tak ingin menyantap makanan yang terlalu berat saat sahur. Selain itu, scramble egg juga cocok dikombinasikan sebagai lauk nasi, disajikan bersama roti gandum, atau campuran salad sayur segar.

Untuk membuatnya, kocok dua butir telur, lalu bumbui dengan merica dan sedikit garam. Kemudian, masak dengan api kecil agar hasil jadi scramble egg lebih lembut dan creamy. Agar rasanya lebih nikmat, kamu juga dapat menambahkan parutan keju dan beberapa sendok susu cair ke dalam kocokan telur.

3. Omurice lembut ala Jepang

Loading Instagram...

Omurice merupakan omelet khas Jepang yang bertekstur lembut berisi nasi goreng, omelet telur, dan siraman saus tomat asam manis. Porsinya yang cukup mengenyangkan sangat cocok disajikan saat sahur agar badan tetap segar selama berpuasa.

Cara membuatnya, kocok dua butir telur, merica, dan garam, lalu dadar hingga setengah matang dengan api kecil agar teksturnya tetap lembut. Beri nasi goreng di permukaan telur setengah matang lalu lipat hingga membentuk setengah lingkaran. Kamu juga dapat mengombinasikan omurice dengan daging ayam atau cacahan brokoli agar gizinya lebih seimbang.

4. Omelet mi gurih dan mengenyangkan

Loading Instagram...

Tak punya banyak waktu untuk menyiapkan sajian sahur? Omelet mi dapat menjadi salah satu menu praktis yang bisa dibuat dalam waktu cepat.

Caranya, campur mi rebus dengan telur kocok yang telah diberi garam dan merica lalu dadar hingga matang. Agar lebih lezat, kamu juga dapat mengombinasikan omelet mi dengan cacahan bawang merah dan bawang putih, cabai, atau sosis.

5. Tumis telur puyuh berpadu sayuran segar

Loading Instagram...

Bagi kamu penyuka telur puyuh, kamu dapat membuat tumisan telur puyuh yang dipadukan dengan sayuran segar. Selain rasanya yang lezat, perpaduan aneka sayur juga dapat memberi asupan nutrisi yang cukup sehingga badan tetap bugar meski harus menahan lapar selama lebih dari 12 jam.

Untuk membuatnya, tumis telur puyuh dan aneka sayur seperti buncis, kacang panjang, pokcoy, atau brokoli dengan bumbu bawang putih, bawang bombay, merica, dan garam. Agar lebih lezat, kamu dapat menambahkan sedikit saus tiram.

6. Omelet sayur sehat mengenyangkan

Loading Instagram...

Selain omelet mi, omelet sayur dapat menjadi menu sahur yang praktis dan pastinya mengenyangkan. Cara pembuatannya pun tak jauh berbeda dengan omelet mi, cukup campurkan telur kocok, cacahan sayur seperti bayam, brokoli, dan wortel lalu dadar hingga matang. Selain dikombinasikan dengan sayuran, kamu dapat menambahkan cacahan daging ayam atau sosis agar cita rasanya semakin kaya dan bervariasi.

7. Sup telur puyuh hangat

Loading Instagram...

Sup memang menjadi salah satu sajian favorit saat sahur, salah satunya adalah sup dengan tambahan telur puyuh yang lembut dan gurih. Selain rasanya yang nikmat, sup dapat menghangatkan perut sehingga risiko mual dan begah saat berpuasa dapat dihindari.

Cara membuatnya juga tak jauh berbeda dengan sup pada umumnya. Cukup tambahkan telur puyuh rebus ke dalam rebusan sup lalu masak hingga semua bahan matang.

Selamat mencoba!

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Kamis,23/05/2019
Imsak04:26
Subuh04:36
Magrib17:47
Isya19:00
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.22