kumparan
9 Des 2017 18:13 WIB

Resep Hari Ini: Selat Solo, Steak Khas Jawa Bercita Rasa Eropa

Resep hari ini : Selat Solo, steak ala Jawa. (Foto: Instagram/@pawon_indo)
Siapa yang tak tahu Selat Solo? Hidangan yang telah ada sejak penjajahan Belanda ini merupakan makanan khas Kota Solo yang sangat mirip dengan sajian steak ala Eropa.
ADVERTISEMENT
Dulunya, Selat Solo dulunya adalah makanan yang khusus disajikan untuk raja dan bangsawan. Tetapi kini, Selat Solo biasanya dihadirkan pada acara-acara pernikahan yang diadakan oleh keluarga Jawa.
Kata selat pada Selat Solo sendiri merupakan pelesetan dari 'Salad' karena penyajiannya yang menambahkan aneka sayuran sebagai pelengkap. Makanan dengan bahan utama daging sapi ini memang terpengaruh oleh hidangan yang berasal dari benua Eropa.
Diceritakan bahwa pada masa kolonial Hindia Belanda, banyak orang Eropa membawa teknik masakan khas negara Barat ke tanah Solo. Sehingga lama-kelamaan dengan berbagai macam modifikasi dan penyesuaian rasa. Terciptalah hidangan daging bernama Selat Solo atau Salad Solo.
Makanan ini merupakan salah satu makanan Indonesia yang sehat karena terdiri dari daging sapi sebagai sumber protein dan aneka sayuran segar yang kaya vitamin. Karena sehatnya sajian ini, Selat Solo dapat dijadikan sebagai alternatif menu makanan yang pastinya enak dan mengenyangkan.
ADVERTISEMENT
Gurih dan manisnya daging berpadu dengan kuah semur pasti akan membuat menu makananmu menjadi lebih spesial. Kamu tertarik membuatnya? Yuk, intip saja resep steak khas Jawa Selat Solo ala Selebriti Chef Yuda Bustara.
Video
Bahan-bahan:
500 gram daging khas dalam
500 ml air
Aneka sayur seperti selada, timun, wortel, kentang, dan buncis sebagai pelengkap
Bumbu rendaman:
8 siung bawang merah
3 siung bawah putih
garam secukupnya
minyak secukupnya
5 sdm kecap manis
1/2 sdt bubuk pala
Bahan saus:
6 sdm mayones
2 sdm mustard
1 sdt gula
1/2 sdt cuka
garam dan merica secukupnya
Cara membuat:
1. Blender bahan bumbu rendaman kecuali kecap manis dan bubuk pala hingga halus.
ADVERTISEMENT
2. Lumuri daging khas dalam dengan bumbu yang telah dihaluskan, tambahkan kecap manis dan pala. Diamkan daging selama 15 menit sampai bumbu terserap. Kecap manis akan menimbulkan rasa manis pada makanan dan menyebabkan proses karamelisasi ketika daging dimasak.
3. Goreng daging dengan sedikit minyak sampai kecokelatan dan kecap mulai terkaramelisasi. Tambahkan air, kemudian masak sampai daging empuk dan air rebusan mulai surut.
3. Sambil menunggu daging matang, buat saus yang terdiri dari campuran mayonais, mustard, dan bumbu lainnya. Jika sulit menemukan mustard, mustard dapat diganti dengan kuning telur rebus yang telah dihaluskan. Kuning telur rebus ini akan menghasilkan saus yang lebih creamy daripada saus yang menggunakan mustard.
4. Siapkan pelengkap daging berupa aneka sayuran. Untuk wortel, kentang, dan buncis dapat direbus sebentar sebelum disajikan. Kentang juga dapat digoreng jika ingin teksturnya lebih gurih dan renyah.
ADVERTISEMENT
5. Potong-potong daging dan siram dengan kuah rebusan. Sajikan bersama sayuran dan saus, Selat Solo siap dihidangkan.
Punya resep Selat Solo andalanmu? Yuk, bagikan resepnya di kumparan (kumparan.com)!
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan