kumparan
19 Apr 2018 14:44 WIB

Rutin Konsumsi 7 Makanan Ini untuk Dapatkan Kulit yang Lebih Cerah

Menstabilkan pH kulit. (Foto: Thinkstock)
Kulit wajah yang kering, kusam, bahkan bersisik tentu menjadi salah satu momok menakutkan terutama bagi para wanita. Selain membuat wajah tampak keriput dan menua, kulit yang kurang terhidrasi juga akan membuat riasan tidak dapat menempel sempurna.
ADVERTISEMENT
Beberapa faktor dan kebiasaan yang dilakukan sehari-hari dapat menjadi penyebab kulit kusam. Seperti perubahan cuaca, penggunakan make-up yang kurang cocok, hingga kurang asupan air putih dapat menjadi penyebabnya.
Tak perlu risau, ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengembalikan kesehatan kulit wajahmu. Selain berkonsultasi dengan dokter kecantikan, mengubah menu makan lebih sehat juga dapat membantu meningkatkan kesehatan kulit.
Dilansir Food NDTV, berikut kumparan rangkum tujuh makanan yang dapat membuat kulit lebih cerah:
1. Ubi
Ubi mengandung kalium yang tinggi. (Foto: Thinkstock)
Ubi merupakan salah satu makanan yang cocok disantap saat kulit kusam dan kering mulai mengganggu. Di dalam umbi manis bertekstur lembut ini terdapat kandungan vitamin A yang membantu meningkatkan pembentukan sel-sel baru di kulit. Selain itu, kandungan beta karoten yang tinggi di dalam ubi juga dipercaya dapat membantu melembapkan kulit wajah serta melindungi kulit dari serangan sel jahat.
ADVERTISEMENT
2. Kacang-kacangan
Kacang. (Foto: Pexels)
Tak hanya mengandung lemak tak jenuh yang baik bagi kesehatan jantung, kacang-kacangan seperti almond, kenari, atau kacang mede juga kaya akan antioksidan serta vitamin E. Perpaduan antioksidan dan vitamin E di dalam kacang dapat melindungi kulit wajah dari bahaya radikal bebas. Dan bila dikonsumsi secara teratur, kacang akan membantu melembapkan kulit dan mengurangi kerutan serta flek hitam.
3. Bayam
Bayam (Foto: Pixabay)
Selama ini bayam dikenal akan zat besinya yang tinggi, namun bayam juga mengandung vitamin A, C, dan H20 yang baik bagi kulit. Vitamin A dan C telah lama diketahui sebagai nutrisi yang dapat melawan radikal bebas serta menyehatkan kulit. Selain itu, kandungan air yang tinggi pada bayam akan membuat kulit lebih kenyal dan terhidrasi.
ADVERTISEMENT
4. Alpukat
Ilustrasi alpukat (Foto: Pixabay)
Minyak di dalam alpukat dapat digunakan untuk mengurangi kulit kering dan bersisik yang sangat mengganggu. Tak hanya melembapkan, kandungan vitamin C, E, dan Omega-3 di dalamnya juga sangat bermanfaat untuk mengurangi kerutan dan flek hitam pada permukaan kulit.
5. Ikan
Ikan Salmon. (Foto: Thinkstock)
Ingin mendapatkan kulit wajah yang sehat dan kencang? Konsumsi ikan seperti tuna dan salmon dapat menjadi solusinya. Omega-3 di dalam ikan dapat membantu meningkatkan kelembapan pada lapisan kulit terdalam sehingga kulit wajah lebih sehat. Selain itu, kandungan vitamin D pada ikan juga berfungsi sebagai zat anti-inflamasi yang dapat melawan jerawat, kulit kemerahan, dan iritasi.
6. Stroberi
Buah Stroberi (Foto: Pixabay)
Meski kecil, buah merah ini telah lama dikenal memiliki kandungan vitamin C tinggi yang dapat melindungi kulit dari radikal bebas. Ditambah dengan kandungan lain seperti B1 dan B2, mengkonsumsi stroberi dapat membantu mengurangi keriput, menghaluskan kulit wajah, hingga mengurangi timbulnya jerawat.
ADVERTISEMENT
7. Biji bunga matahari
Biji bunga matahari (Foto: thinkstock)
Biji bunga matahari merupakan salah satu bahan makanan tinggi vitamin E yang dapat meningkatkan kelembapan serta melindungi kulit dari bahaya sinar UV (Ultra Violet). Tak hanya itu, selenium pada biji bunga matahari dipercaya dapat melindungi kulit dari infeksi.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan