Pencarian populer

Tak Boleh Asal Santap, Pilot Miliki Menu Makanan Khusus

Ilustrasi pilot (Foto: Shutter Stock)

Sebagai pemegang kemudi pesawat terbang, peran seorang pilot memang amat krusial. Bagaimana tidak, nyawa dari seluruh penumpang berada di tangannya. Karenanya, pilot menjadi salah satu orang yang perlu 'diamankan' agar kondisi fisiknya tetap prima.

Salah satu aturan cukup ketat yang diterapkan dan harus diikuti oleh para pilot adalah dalam segi makanan. Bukan hal yang mengherankan, mengingat makanan merupakan salah satu faktor penting yang tak boleh asal disantap, karena bisa berpotensi menimbulkan alergi, atau dalam kasus yang lebih buruk, keracunan makanan. Menariknya, pilot dan kopilot ternyata tak diperbolehkan mengkonsumsi jenis makanan yang sama dengan para penumpang pesawat, lho.

Makanan di pesawat (Foto: Flickr/Matt@TWN)

Mereka diwajibkan untuk menyantap makanan yang benar-benar berbeda dengan penumpang atau awak kabin, bahkan telah disediakan menu premium khusus untuk para pilot sebagai alternatif penggantinya. Mengapa demikian?

“Kapten pesawat memiliki tanggung jawab untuk memastikan bahwa pilot yang sedang bertugas menyantap menu makanan yang berbeda dari para penumpang,” ujar juru bicara dari maskapai penerbangan Virgin Atlantic seperti dikutip dari The Telegraph.

Makanan di Dalam Pesawat (Foto: flickr/Toyohara)

Keduanya pun tak boleh memilih menu makanan yang sama. Bila hal itu terjadi, maka awak kabin akan meneruskan informasi tersebut kepada kapten pesawat, apakah nantinya permintaan makan para pilot disetujui atau tidak.

Jika disetujui, biasanya mereka diperkenankan untuk memakannya pada waktu yang berbeda dan tak boleh bersamaan. Misalnya saja, kedua pilot menginginkan menu kari sebagai santapannya, maka pilot B harus menunggu pilot A selesai makan terlebih dahulu baru boleh mengkonsumsinya.

Makanan di pesawat (Foto: Flickr/Patrick Smith)

Hal ini dimaksudkan apabila makanan tersebut terkontaminasi, keduanya tidak akan keracunan dalam waktu yang sama sekaligus. Setidaknya, masih akan ada satu pilot yang bisa bertugas mengemudikan pesawat jika salah satunya mengalami keracunan makanan

Keterangan lain dari maskapai penerbangan Aeroflot juga membenarkan adanya aturan tersebut. Makanan yang disediakan untuk para pilot berbeda dengan penumpang pesawat serta telah dijaga ketat sanitasi dan higienitasnya, agar peluang terjadinya keracunan dapat diminimalisir.

Aturan ini tak dibuat hanya untuk formalitas belaka. Pada tahun 1975, tepatnya di bulan Februari, sebuah maskapai penerbangan bernama Japan Airlines mengalami keracunan makanan masal yang melanda seluruh awak sekaligus penumpangnya. Untungnya, kedua pilot yang menyantap menu makanan berbeda terhindar dari masalah tersebut, sehingga masih bisa mengoperasikan pesawat terbang dan melakukan pendaratan dengan aman.

Jadi, sudah tahu kan mengapa pilot pesawat tak diperbolehkan menyantap jenis makanan yang sama seperti penumpang atau awak kabin?

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Kamis,23/05/2019
Imsak04:26
Subuh04:36
Magrib17:47
Isya19:00
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.22