Pencarian populer

Agar Terasa Lebih Lezat, Ini Tips Bersantap di Pesawat

Makanan di Dalam Pesawat (Foto: flickr/A Wee)

Melakukan perjalanan jarak jauh menggunakan pesawat terbang kerap membuat perut keroncongan. Untungnya, pihak maskapai penerbangan menyediakan berbagai menu makanan dan minuman yang bisa kita pesan untuk menghilangkan rasa lapar.

Meski terlihat menggiurkan, namun aneka sajian makanan tersebut seringkali terasa tak begitu lezat, sehingga justru membuat kita tak lagi berselera untuk menyantapnya. Wajar saja, saat tekanan udara menurun, indera pengecap kita ikut berkurang kemampuannya.

Apalagi, makanan yang tersaji di meja kita itu telah diproduksi masal dan telah dipersiapkan berjam-jam sebelum pesawat kita lepas landas. Belum lagi mereka harus dihangatkan kembali dengan oven sebelum masuk ke mulut kita.

Makanan untuk Penumpang Pesawat (Foto: Mela Nurhidayati/kumparan)

Selain itu, faktor lain seperti suara berisik pada mesin pesawat, udara kabin yang kering juga menjadi penyebab ketidakmampuan kita untuk merasakan dan mencium aroma dari makanan dan minuman.

Untungnya, ada cara yang masih bisa kita lakukan untuk sedikit mendongkrak rasa dari makanan yang kita pesan. Sebagaimana dilansir The Telegraph, Profesor Charles Spence, penulis buku ‘Gastrophysics: The New Science of Eating’, memakai headphone peredam suara dapat membuat makanan dan minumanmu terasa lebih enak.

Lebih lanjut, para koki di restoran Fat Duck, Irlandia, bersama Profesor Spence juga menemukan fakta bahwa mendengarkan suara dengan nada tinggi dapat meningkatkan kepekaan indera pengecap kita terhadap rasa manis sebesar 10 persen.

Makanan di Dalam Pesawat (Foto: flickr/Toyohara)

“Efeknya mungkin tak begitu besar, namun sangat cukup untuk memberikan perbedaan pengalaman dalam menikmati makanan di atas langit,” ujar Spence.

Selain itu, kita juga harus fokus menyantap makanan yang tersaji di depan kita, tanpa memakannya sembari melakukan kegiatan lain seperti menonton film. Saat kita benar-benar memperhatikan dan fokus menyantapnya, setidaknya kita akan merasa lebih menyukainya walau hanya sedikit.

Dengan menggunakan cara-cara tersebut, kamu bisa menikmati sajian makanan di pesawat hingga perut terasa kenyang, dan lidah pun ikut senang.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Jumat,24/05/2019
Imsak04:26
Subuh04:36
Magrib17:47
Isya19:00
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.23