Pencarian populer

Telur Krispi dan Lodeh Sedap ala Kopi Klotok di Yogyakarta

Makanan di Warung Kopi Klotok Foto: Azalia Amadea/Kumparan

Menikmati nasi panas dengan siraman sayur lodeh yang masih mengepul dan telur dadar krispi. Hmm... membayangkannya saja sudah membuat air liur membendung di mulut. Tenang, jika ingin mencicipi makanan rumahan seperti ini, Warung Kopi Klotok di Yogyakarta pilihannya.

Rumah makan tradisional yang berada di Jalan Kaliurang KM.16 ini tampak sederhana. Bangunan serba kayunya menimbulkan kesan seperti sedang berada di rumah nenek. Pemandangan sawah membentang di halaman belakangnya pun membuat sejuk.

Warung Kopi Klotok di Yogyakarta Foto: Azalia Amadea/Kumparan

Sesuai namanya, rumah makan ini menyajikan kopi klotok. Kopi klotok sejatinya adalah kopi hitam panas. Dikatakan kopi 'klotok' karena saat merebus kopi ini menimbulkan suara 'klotok-klotok' ketika mendidih. Kopinya memiliki aroma yang tidak terlalu kuat, namun kental, hitam pekat dan manis.

Minuman di Warung Kopi Klotok Foto: Azalia Amadea/Kumparan

Selain kopi, rumah makan ini justru lebih terkenal karena makanannya. Menu yang disajikan adalah menu rumahan. Ada aneka sayur lodeh (lodeh tempe lombok ijo, lodeh kluwih, dan lodeh terong), sayur asem, tahu bacem, tempe garit (tempe goreng), pindang goreng, sego megono, serta telur krispi.

Nah, uniknya, primadona tempat ini justru telur krispinya. Bahkan jika ingin mencicipinya pengunjung harus rela antre panjang. Sekali membeli pengunjung bisa memesan 5-10 telur krispi.

Antrean telur kerispi di Warung Kopi Klotok Foto: Azalia Amadea/Kumparan

Sejatinya telur krispi adalah telur dadar. Namun digoreng hingga garing di luar namun tetap lembut di dalam dalam minyak yang banyak. Telurnya sendiri rasanya gurih dan asin. Dilengkapi juga dengan irisan daun bawang.

Telur krispi ini nikmatnya disantap bersama nasi putih panas. Jangan lupa tambahkan siraman sayur lodeh ala Kopi Klotok. Sayur lodeh di rumah makan ini juga cepat sekali habis meski ragamnya banyak. Sayur lodehnya terasa asin, gurih, creamy santan, sedikit pedas, dan manis.

Makanan di Warung Kopi Klotok Foto: Azalia Amadea/Kumparan

Sayur lodehnya terasa makin sedap karena sudah dipanaskan beberapa kali. Semakin dipanaskan sayurnya akan semakin melembu. Kuah juga kian meresap. Jangan lupa, lengkapi juga dengan tempe jarit serta sambal ulek.

Jika tak ingin makan berat, cobalah pisang gorengnya. Seporsi pisangnya (Rp 6.500) berisi 2 buah. Pisangnya pulen, manis, berbalut tepung lembut dengan tingkat kerenyahan yang tidak terlalu garing namun pas untuk kerenyahan sebuah pisang goreng.

Pisang goreng di Warung Kopi Klotok Foto: Azalia Amadea/Kumparan

Menyantap pisang goreng sebainya saat masih panas. Makin sedap. Temannya bisa teh tubruk gula batu yang segar. Menyantap pisang goreng panas dengan teh tubruk hangat benar-benar bikin ketagihan.

Bahkan salah satu pengunjung Kopi Klotok juga mengakuinya. "Kami sering makan ke sini karena memang enak dan sedap. Menunya masakan rumahan. Terus saya juga suka bawa teman-teman saya ke sini sambil reunian," ujar Abdurahman R kepada kumparan (23/4).

Selain enak, harga menunya pun terjangkau. Seporsi nasi lengkap dengan aneka lodeh sepuasnya dan sambal dadak dihargai Rp 11.500. Sedangkan telur krispinya dibanderol Rp 5.500 per porsinya. Sementara untuk menu minuman dihargai berkisar Rp 1.000 sampai Rp 6.500 saja.

Bagaimana tertarik juga mencicipi kesedapan sajian rumahan di sini?

Warung Kopi Klotok

Alamat: Jalan Kaliurang KM.16, Pakembinangun, Pakem, Area Sawah, Pakembinangun, Pakem, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55582.

Jam buka: 07.00 - 22.00 WIB.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.31