kumparan
26 Feb 2018 9:13 WIB

Tinggi Serat, 7 Manfaat Buah Pir untuk Kesehatan

Ilustrasi buah pir. (Foto: Thinkstock)
Pir, buah berwarna hijau ini dikenal sebagai salah satu jenis buah yang memiliki rasa yang manis dan segar. Selain lezat, buah pir juga rupanya kaya akan nutrisi yang dipercaya dapat menyehatkan tubuh.
ADVERTISEMENT
Mulai dari serat, antioksidan, vitamin K, magnesium, fosfor, protein hingga tembaga terkandung dalam buah asal Eropa ini. Zat-zat tersebut bermanfaat untuk menangkal beragam penyakit, salah satunya penyakit pencernaan.
Bukan itu saja, pir juga dapat membantu menyembuhkan penyakit lainnya. Apa saja?
Yuk simak penjelasannya seperti dilansir Boldsky:
1. Tinggi serat
Buah pir baik dikonsumsi untuk puasa (Foto: Thinkstock)
Pir kaya akan serat sehingga dapat membantu mengontrol kadar gula darah dan membuat perut kenyang lebih lama. Tak hanya itu, serat dalam buah pir juga bermanfaat untuk mendetoksifikasi sistem pencernaan, mengatur kolesterol, serta menjaga kesehatan usus besar dan halus.
2. Memperbaiki pencernaan
Melancarkan sistem pencernaan. (Foto: Pixabay)
Mengkonsumsi pir secara rutin bermanfaat untuk mengurangi beragam penyakit terkait pencernaan seperti sembelit, diare, dan ambeien. Buah satu ini juga dapat mengikat zat pencetus kanker dan radikal bebas dalam lambung dan usus.
ADVERTISEMENT
3. Menurunkan berat
Berat Badan Turun Drastis (Foto: thinkstock)
Sebagai buah dengan rasa yang manis, buah pir dapat memenuhi kebutuhan gula dalam tubuh tanpa membuat berat badan meningkat. Bila kamu sedang berusahan menurunkan berat badan, tak ada salahnya menyisipkan buah berwarna hijau ini ke dalam menu makanmu.
4. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
Bisa tampil stylish dengan celana jogging. (Foto: Thinkstock)
Pir mengandung vitamin C dan zat antioksidan yang mampu melawan kerusakan sel tubuh akibat radikal bebas. Kedua zat ini juga dapat melindungi, menjaga metabolisme, menghambat penuaan, serta menghentikan pertumbuhan sel kanker.
5. Meningkatkan kesehatan jantung
Kesehatan Jantung (Foto: Thinkstock)
Selain meningkatkan sistem kekebalan tubuh, buah manis satu ini juga berkhasiat mencegah penyakit kardiovaskular seperti penyakit jantung, stroke, dan diabetes lewat kandungan zat antioksidan dengan membersihkan pembuluh darah dari tumpukan plak kolesterol.
ADVERTISEMENT
6. Menjaga kesehatan tulang
Jalan kaki meningkatkan kesehatan tulang (Foto: Thinkstock)
Bagi seseorang yang kekurangan vitamin K, risiko terserang penyakit tulang seperti osteoporosis, rakhitis, hingga kanker tulang tentu meningkat. Untuk mencegahnya, cobalah mengkonsumsi pir secara teratur agar tulang senantiasa sehat dan kuat.
7. Meningkatkan sirkulasi darah
Ilustrasi darah (Foto: Pixabay)
Pir juga berkhasiat mencegah anemia, kandungan zat besi dan tembaga yang dimilikinya dapat meningkatkan produksi sel darah merah, mengatur aliran darah, serta meningkatkan sirkulasi. Tak hanya itu, memakan pir secara rutin juga dapat mencegah penyakit kronis darah, seperti leukimia, hipertensi, hipotensi, dan sebagainya.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·