kumparan
24 Mar 2018 16:59 WIB

Tips Memasak Hidangan Nusantara Secara Praktis ala Chef Bara

Chef Bara di Konpers UFF 2018 (Foto: Safira Maharani/kumparan)
Masakan Indonesia dikenal kaya akan cita rasa karena menggunakan bumbu dan rempah yang beraneka ragam. Selain itu, proses memasaknya juga melalui beberapa tahap agar bumbu dapat meresap dengan baik. Tak heran, kelezatan masakan Indonesia semakin mendunia.
ADVERTISEMENT
Menjadi warisan kuliner yang harus dilestarikan, kini masakan Indonesia juga semakin dikembangkan dengan dilakukannya berbagai inovasi oleh para chef. Salah satunya adalah Bara Pattiradjawane. Telah lama berkiprah di dunia kuliner Indonesia, chef ternama ini juga kerap membagikan video memasak di channel akun Youtube miliknya.
Dalam video tersebut, Chef Bara kerap membagikan resep masakan praktis yang hanya membutuhkan proses memasak selama tujuh menit. Berbagai hidangan khas Indonesia yang sering disajikan dalam menu sehari-hari dimodifikasi dan dipadukan dengan bahan-bahan lain. Meski lebih simpel, menu-menu tersebut tentunya tak kalah lezat.
Ilustrasi Bawang Goreng (Foto: Flickr/yennhitran88)
"Warisan kuliner yang kita miliki butuh tahap memasak yang lebih banyak dan ribet, dengan berbagai macam bumbu dan rempah yang lebih beragam. Tapi kan anak muda zaman sekarang maunya yang praktis, jadi kita sebagai pelaku di bidang kuliner bagaimanapun caranya harus bisa membuat mereka tertarik untuk melestarikannya." ujar Chef Bara Pattiradjawane saat ditemui kumparan dalam acara Konferensi Pers Ubud Food Festival 2018 di Hotel Ritz Carlton, Senayan, Jakarta Selatan, Jum'at (23/3).
ADVERTISEMENT
Salah satu persediaan bumbu dapur yang harus selalu tersedia adalah bawang merah dan bawang putih. Ya, berbagai hidangan memang dapat dimasak dengan menggunakan keduanya sebagai bahan dasar. Chef Bara juga menambahkan, kedua bumbu tersebut dapat diganti dengan bahan yang lebih praktis, yaitu bawang putih dan bawang merah goreng kemasan yang tersedia di pasaran.
"Kalau malas memotong bawang, kita juga bisa memakai bawang goreng kemasan yang banyak dijual di supermarket. Rasanya memang sedikit berubah, tapi kita bisa memasak berbagai hidangan hanya dengan dua bahan tersebut." imbuh chef yang pernah membawakan salah satu acara memasak di layar kaca ini.
Ilustrasi Bumbu Instan (Foto: flickr/ yasirbaeda)
Selain itu, penggunaan bumbu instan dalam kemasan atau botolan juga dapat dilakukan sebagai pengganti bumbu masakan. Cukup menambahkan beberapa bumbu tambahan seperti serai atau daun jeruk nipis, cita rasa masakan Nusantara sudah tercipta di dalamnya. Menurut Chef Bara, rasa yang dihasilkan pun tak berbeda jauh dan masih memiliki cita rasa khas Indonesia.
ADVERTISEMENT
"Mungkin banyak yang menganggap masakan Indonesia itu sulit dibuat, padahal sebenarnya tidak. Cita rasa khas Indonesia juga bisa diciptakan dengan cara yang mudah dan simpel, kok." tutupnya.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan