Pencarian populer

3 Artis Perempuan yang Sudah dan Sedang Mengejar Gelar Doktor

Marissa Haque, Alya Rohali, dan Oki Setiana Dewi (Foto: Munady dan instagram @arohali)

Gemerlap dunia keartisan terkadang mampu membuat sebagian orang lupa dengan beberapa hal yang cukup penting dalam hidup, salah satunya pendidikan. Popularitas dan kesibukan kadang membuat para artis mengorbankan hal tersebut.

Namun, hal itu nampaknya tak berlaku bagi beberapa artis wanita berikut ini. Mereka menjadikan pendidikan sebagai salah satu prioritas dalam hidup sekaligus membuktikan bahwa pendidikan tinggi juga penting bagi kaum Hawa.

Berikut tiga artis yang melihat pendidikan adalah hal yang penting bagi hidup mereka.

1. Alya Rohali

Alya Rohali (Foto: Instagram @arohali)

Alya mulai dikenal publik sejak dirinya ikut serta dalam pemilihan Abang None Jakarta 1994. Dua tahun kemudian, perempuan kelahiran 1 Desember 1976 ini dinobatkan sebagai Puteri Indonesia dan menjadi wakil Indonesia di ajang Miss Universe 1996 di Amerika Serikat.

Ajang tersebut membukakan peruntungannya di dunia hiburan. Alya pun terlibat dalam beberapa sinetron dan film. 'Di Balik 98' menjadi film layar lebar yang terahkir kali ia bintangi. Berkat film itu, Alya mendapat nominasi 'Pemeran Pendukung Wanita Terbaik' dalam ajang Indonesia Box Office Movie Awards 2016.

Di sisi lain, Alya rupanya tak melupakan pendidikannya. Alya yang mendapatkan gelar Sarjana Hukum di Universitas Trisakti, melanjutkan pendidikan S2 Magister Hukum dan S3 di bidang kenotariatan di Universitas Indonesia.

2. Marissa Haque

Marissa Haque (Foto: Instagram/@marissahaque)

Nama Marissa Haque mulai dikenal publik sejak bermain dalam film berjudul 'Kembang Semusim' yang dirilis tahun 1981. Setelahnya, akting Marissa dapat dinikmati dalam beberapa film layar lebar di Tanah Air. Marissa juga mendapatkan Piala Citra sebagai 'Aktris Pembantu Terbaik' lewat film 'Tinggal Landas Buat Kekasih' pada tahun 1984.

Kendati demikian, gemerlap dunia hiburan tak membuatnya lupa pada pendidikan. Setelah menyelesaikan pendidikan S1 di Fakultas Hukum Univesitas Trisakti, Marissa melanjutkan pendidikan S2 Bidang Bahasa Anak Tuna Rungu di Universitas Katolik Atma Jaya.

Selain itu, Marissa juga menyelesaikan Magister Adminisrasi Bisnis di Fakultas Ekonomi dan Bisnis di Universitas Gadjah Mada. Tak puas sampai di situ, di tahun 2012, Marissa menyelesaikan pendidikan tingkat doktornya dalam bidang lingkungan di Institut Pertanian Bogor (IPB). ‘Model Pengembangan Sistem Kebijakan dan Hukum Pemberantasan Pembalakan Liar atau Illegal Logging (Studi Kasus di Provinsi Riau)’ jadi judul disertasinya ketika itu.

Saat ini, Marissa sudah tak lagi aktif di dunia keartisan. Istri Ikang Fawzi ini sekarang fokus dalam kariernya di dunia politik.

3. Oki Setiana Dewi

Oki Setiana Dewi. (Foto: Munady)

Oki Setiana Dewi sangat identik dengan berbagai film dan program-program religi. Penampilannya dalam film religi berjudul 'Ketika Cinta Bertasbih' turut mengantarkannya pada beragam program religi hingga saat ini.

Kendati demikan, pendidikan nampaknya merupakan suatu hal yang penting bagi pesinetron Oki. Setelah menyelesaikan pendidikan S2 jurusan Pendidikan Anak Usia Dini, saat ini ia sedang melanjutkan pendidikan S3 di UIN Syarief Hidayatullah.

Untuk meraih gelar doktornya, Oki tengah fokus untuk menyelesaikan disertasinya yang berjudul ‘Model Dakwah di Kalangan Selebriti’. Sehubungan dengan disertasinya itu, ia banyak menjadikan artis yang berhijrah sebagai narasumbernya.

Hal ini tentu semakin meringankan beban Oki dalam menyelesaikan disertasinya tersebut. Sebab, ia merasa memiliki akses yang cukup mudah untuk melakukannya.

Oki memutuskan mengangkat mengenai fenomena hijrah di kalangan selebriti dalam disertasinya, karena topik tersebut merupakan sesuatu yang menarik untuk dibicarakan. Oki yang memulai pendidikan S3 sejak 2016 berniat menyelesaikan pendidikannya tersebut pada 2019.

“Saya punya akses untuk teman-teman artis. Jadi, saya ambil judul itu untuk disertasi saya karena kita lihat banyak selebriti yang hijrah, kenapa? Ada apa?” tutur Oki ketika ditemui di kawasan Bintaro, Jakarta Selatan beberapa waktu lalu.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.57