kumparan
22 Feb 2019 13:07 WIB

5 Aktor yang Menaikkan Berat Badan Demi Film

Listicle 5 artis yang menaikkan berat badan demi film Foto: Infografik: Nunki Lasmaria Pangaribuan/kumparan
Untuk mendalami karakter yang diperankan oleh para aktor di sebuah film, mereka rela melakukan apa saja. Termasuk untuk menaikkan berat badan.
ADVERTISEMENT
Mereka melakukan berbagai cara agar bisa menambah bobot tubuhnya itu. Bahkan, ada beberapa di antara mereka yang menaikan berat badannya hingga puluhan kilogram.
Berikut 5 aktor yang menaikan berat badan demi film, simak ulasannya.
1. Iqbaal Ramadhan
Iqbaal eks CJR Foto: Munady Widjaja/kumparan
Iqbaal Ramadhan berperan sebagai Minke di film ‘Bumi Manusia’. Untuk mendalami perannya, Iqbaal harus banyak mempelajari sesuatu yang baru hingga melakukan perubahan pada fisiknya.
“(Belajar bahasa) Belanda, Jawa, terus gue juga harus naikin berat badan, numbuhin kumis," ujar Iqbaal saat ditemui di kawasan Gamplong, Sleman, Yogyakarta beberapa waktu lalu.
Iqbaal di film 'Bumi Manusia' Foto: Instagram @falconpictures_
Sutradara film tersebut, Hanung Bramantyo meminta agar mantan personel CJR itu menaikannya berat badannya hingga puluhan kilogram. Untuk mewujudkan hal tersebut, Iqbaal menambah porsi makannya.
ADVERTISEMENT
“Sekarang gue 60 kg, naikin 10 kg bisa lah, makan banyak,” beber Iqbaal kala itu.
2. Augie Fauntinus
Augie Fantinus. Foto: Munady
Di film ‘Lagi Lagi Ateng’, Augie Fauntinus berperan sebagai Ateng. Sosok Ateng terkenal dengan perawakannya yang bermata sipit dan bertubuh gemuk. Maka dari itu, Augie diminta untuk menaikan berat badannya.
“Gue harus naikin berat badan dengan total 5 kg sampai 6 kg. Tapi, syuting selesai, aku ingin ngurangin berat badan untuk sehat saja,” ujar Augie saat ditemui di kawasan Gunawarman, Jakarta Selatan, beberapa waktu lalu.
Augie Fantinus. Foto: Munady
Suami dari Adriana itu memang sengaja menaikan berat badannya, karena ingin terlihat lebih berisi secara nyata, dibanding harus menggunakan properti penunjang.
ADVERTISEMENT
“Kalau (besar) perut, banyak yang bisa dilakuin di film. Cuma, buat gue, real itu lebih baik dibandingkan fake,” imbuh pria kelahiran Bandung, Jawa Barat itu.
3. Daniel Mananta
Pemeran Ahok, Daniel Mananta Foto: Munady
Daniel Mananta dipercaya untuk memerankan sosok mantan Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaha Purnama alias Ahok di film ‘A Man Called Ahok’. Agar bisa terlihat mirip dengan karakter yang diperankannya, dia harus menaikan berat badannya.
“Gue nambahin berat badan 5 kg sampai 6 kg,” ucap Daniel saat ditemui di XXI Epicentrum, Jakarta Selatan, beberapa waktu lalu.
Selain itu, saat syuting pun pria berumur 37 tahun ini juga memakai pakaian penunjang agar tubuh Daniel bisa terlihat lebih mirip dengan Ahok. “Perutnya (Ahok) memang buncit, karena itu kita pakai bodysuit,” tandas Daniel.
ADVERTISEMENT
4. Reza Rahadian
Reza Rahadian Foto: Munady
Di Film ‘My Stupid Boss 2’, Reza Rahadian berperan sebagai sosok bos yang menyebalkan. Di film tersebut, dia didandani sedemikian rupa. Mulai dari perut yang tambun, rambut nyaris botak di bagian atas, hingga berpakaian jadul.
BCL dan Reza Rahadian di 'My Stupid Boss 2' Foto: Falcon Pictures
Saat syuting di film karya Upi Avianto itu, Reza mengenakan fat suit yang membuat dirinya terlihat lebih berisi. Meski begitu, dia tetap menaikan berat badannya agar bisa tampil totalitas dalam memerankan karakternya.
“(Targetnya naik) 9 kg, tapi saya memulai ini berat, saya sudah lebih berat dari yang dulu. Mungkin umur, ya," jelas Reza saat ditemui di kawasan Pondok Indah, Jakarta Selatan, beberapa waktu lalu.
ADVERTISEMENT
5. Dion Wiyoko
Dion Wiyoko. Foto: Puti Cinintya Arie Safitri/kumparan
Dion Wiyoko membintangi film ‘Sundul Gan: The Story of Kaskus’ pada 2016. Di film tersebut, dia berperan sebagai Ken Dean Lawadinata, salah satu pendiri situs komunitas Kaskus.
Agar penampilan Dion bisa terlihat sama seperti Ken yang berkepala plontos dan memiliki tubuh yang berisi, dia berusaha untuk menaikan berat badannya hingga puluhan kilogram.
“Ken kan gemuk, jadi gue harus gemuk juga. Gue dikasih tantangan naik 10 kg dan ternyata susah sampai akhirnya gue mencoba terus," ujar Dion dalam sebuah wawancara.
Salah satu cara pria kelahiran Surabaya, Jawa Timur itu untuk menambah bobot tubuhnya, yaitu dengan melahap banyak makanan yang penuh lemak. Alhasil, dia bisa menaikan berat badannya.
ADVERTISEMENT
“Jadi, gue bisa lima sampai enam kali makan. Makan burger, bakmi, martabak, makanan siap saji. Malamnya ngemil terus dan akhirnya naik 10 kg," pungkas Dion Wiyoko.