kumparan
4 Jun 2018 15:33 WIB

5 Anak Band yang Memutuskan Berhijrah

Personel grup band yang berhijrah. (Foto: Instagram @salman_al_jugjawy @rezadanish & Maria Gabrielle Putrinda/kumparan)
Ingar bingar dunia hiburan terkadang membuat beberapa pelakunya terbuai dengan kesenangan duniawi. Mereka seolah lupa bahwa kesenangan tersebut bisa menjerumuskan mereka ke dalam dosa yang besar.
ADVERTISEMENT
Namun tentu tak semua pelaku seni hanya mementingkan kehidupan duniawi saja. Beberapa dari mereka ada yang memutuskan untuk hijrah, bahkan perlahan-lahan meninggalkan dunia hiburan yang membesarkan namanya.
Berikut ini kumparan (kumparan.com) telah merangkum 5 personel grup band yang perlahan-lahan memperdalam ilmu agama.
1. Sakti mantan gitaris Sheila on 7
Sakti Sheila on 7. (Foto: Instagram @salman_al_jugjawy)
Pemilik nama asli Sakti Ari Seno ini merupakan gitaris sekaligus pendiri grup band Sheila on 7. Selama tergabung dengan grup band tersebut, Sakti selalu antusias untuk manggung dari kota ke kota. Jadwal manggung yang padat dan kesibukannya sebagai musisi membuat dirinya tak banyak menghabiskan waktu bersama keluarga. Ia pun terkejut saat mendengar ibunya sakit dan terbaring di rumah sakit.
Di dalam pergolakan batin antara tetap mengejar duniawi atau mengejar akhirat, akhirnya Sakti memutuskan untuk keluar dari grup band yang membesarkan namanya itu pada 2006. Ia lebih memilih untuk memperdalam ilmu agama.
ADVERTISEMENT
Untuk mewujudkannya, Sakti yang kini mengubah namanya menjadi Salman Al Jugjawi. Tak hanya itu saja, gaya dan penampilannya juga turut berubah.
Meskipun telah hengkang dari Sheila on 7, namun hubungan dengan para personel yang lain masih terus terjalin sangat erat. Dan setelah berhenti bermusik, kini Sakti lebih banyak meluangkan waktunya untuk berdakwah dan juga berdagang.
2. Reza mantan drummer NOAH
Cerita Reza Soal Hijrah (Foto: Shabrina)
Ilsyah Ryan Reza atau yang akrab disapa dengan Reza pernah menjadi drummer dari grup band Peterpan, yang kini telah berganti nama jadi NOAH. Bersama dengan Ariel, Lukman, Uki dan David mereka sempat melakukan perjalanan manggung ke sejumlah negara.
Titik balik Reza untuk hijrah terjadi pada saat Ariel terkena kasus pornografi pada tahun 2010. Sejak saat itu, grup band Peterpan terpaksa vakum menunggu bebasnya Ariel dari jeruji besi. Momen itulah yang dimanfaatkan oleh Reza untuk introspeksi diri.
ADVERTISEMENT
Saat grup band tersebut vakum, Reza sering mengikuti kajian setelah diajak oleh seorang teman. Kegiatan tersebut sangat membekas di hati Reza, hingga membuat dirinya ingin melepaskan kariernya di industri hiburan Tanah Air.
Setelah Ariel bebas dan nama Peterpan berubah menjadi NOAH, panggilan manggung kembali berdatangan. Hal itu tampaknya membuat Reza sulit untuk melaksanakan kewajibannya sebagai seorang muslim. Sehingga akhirnya pada tahun 2014, dirinya memutuskan untuk hengkang dari NOAH.
3. Derry Sulaiman mantan gitaris Betrayer
Ustadz Derry Sulaiman (Foto: DN. Mustika Sari/kumparan)
Derry Sulaiman pernah merasakan kesuksesan saat manggung bersama dengan grup band metal Betrayer. Posisinya kala itu adalah sebagai gitaris. Sekitar tahun 1998, Derry berencana membuat album di Bali dengan alasan agar dapat berekspresi dan ingin lari dari agama.
ADVERTISEMENT
Tetapi justru pada saat di Bali, dirinya diajak oleh Irfan selaku vokalis band metal Rotor untuk nongkrong di masjid. Padahal, saat itu ia telah lama tidak mendengar suara azan dan jarang melangkahkan kaki ke masjid.
Tak hanya itu saja, Derry pernah menghindar dan mengumpat saat didatangi oleh ustaz. Namun, saat menjejakkan kakinya di masjid, Derry berubah pikiran. Dirinya merasa mendapatkan ketenangan seperti yang pernah ia rasakan saat bermain musik di atas panggung.
Semenjak merasakan ketenangan, Derry terus mengubah dirinya untuk menekuni ilmu agama. Gaya dan penampilannya pun juga berubah menjadi lebih religius.
4. Andika, keyboardis The Titans
Andika salah satu personel The Titans (Foto: Instagram @andikathetitans)
Andika Naliputra Wirahardja atau yang biasa disapa Andika mengawali kariernya di dunia hiburan sebagai keyboardis Peterpan sejak awal berdiri pada tahun 2000.
ADVERTISEMENT
Setelah dikeluarkan dari Peterpan pada 2006, Andika membentuk grup band baru bernama The Titans, bersama dengan Indra, Tomtom, Onny, Imot hingga Rizki. Namun kesuksesan The Titans tak bisa mengalahkan Peterpan.
Meskipun telah berpisah, namun hubungannya dengan para personel NOAH terbilang masih terjaga dengan baik.
Andika pernah ditangkap oleh pihak kepolisian karena memiliki dua bungkus tembakau gorilla. Ia sempat dihukum selama 8 bulan penjara karena kasus penyalahgunaan narkotika tersebut.
Saat ini, Andika terbilang cukup jarang tampil manggung dan lebih sering ikut kajian-kajian untuk memperdalam ilmu agama. Ia kerap mengunggah kegiatan kajian agama di akun Instagram pribadinya.
5. ‎Ivanka Bassis dari Slank
Ivanka Slank. (Foto: Instagram @greenslank)
Personel grup band Slank juga ada yang perlahan-lahan memperdalam ilmu agama. Ia adalah Ivan Kurniawan Arifin atau yang biasa disapa Ivanka 'Slank', sang bassist.
ADVERTISEMENT
Sebelum resmi menjadi personel Slank, Ivan awalnya merupakan pemain tambahan saat Slank mengadakan manggung di berbagai kota, setelah ditinggal oleh beberapa personelnya. Saat itu juga, Ivanka pernah mengkonsumsi narkotika jenis putaw dan ganja bersama Kaka dan Bimbim.
Namun, seiring berjalannya waktu, Ivanka mulai meninggalkan kehidupan gelapnya, dan perlahan-lahan memperbaiki diri. Saat ini, Ivanka bahkan dianggap oleh para personel lainnya sebagai orang yang paling religius di Slank dan pernah melaksanakan ibadah haji ke tanah suci.
Sementara itu pada akun instagram pribadinya, Ivanka pernah mengunggah beberapa aktivitasnya dan penampilannya yang semakin religius. Meskipun begitu, ia tetap menjalani aktivitas bermusiknya bersama dengan para personel Slank yang lain.
Loading Instagram...
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan