kumparan
18 Jun 2018 19:20 WIB

5 Fakta Richard Madden, Pemain 'Games of Thrones' yang Ultah Hari Ini

Richard Madden (Foto: Instagram @maddenrichard)
Pada 32 tahun yang lalu, tepatnya 18 Juni 1986 di Elderslie, Skotlandia, lahir seorang bayi laki-laki yang diberi nama Richard Madden. Ketika kecil, ia memiliki sifat pemalu.
ADVERTISEMENT
Untuk mengatasi sifat pemalunya itu, Madden kecil bergabung dengan program teater pada usia 11 tahun. Namanya mulai dikenal sebagai aktor setelah berperan sebagai Robb Stark dalam serial 'Game of Thrones'. Selain itu, ia juga berperan sebagai Prince Kit dalam live-action 'Cinderella'.
Dalam rangka ulang tahunnya, kumparan mencoba merangkum beberapa fakta tentang Richard Madden.
1. Pemalu saat kecil
Richard Madden (Foto: Instagram @maddenrichard)
Madden kecil memiliki sifat yang pemalu, gugup, dan tidak mudah bersosialisasi. Karena sifat-sifatnya tersebut, ia mengaku memiliki ketakutan untuk meninggalkan sekolah dasar dan menjalani kehidupan di sekolah menengah, yang Madden tahu cukup keras.
"Aku bepikir, bagaimana aku mendapatkan kepercayaan diri? Sahabatku sangat keren, dia mengikuti teater remaja di Paisley. Aku merasa mungkin itulah caranya," kata Madden seperti dikutip dari Telegraph.
ADVERTISEMENT
Pada usia 11 tahun, ia bergabung dengan Paisley Arts Centre's, program teater remaja. Saat itu, ia menemukan rasa nyaman dan merasa jatuh hati dengan bidang tersebut.
2. Anak Teater
Richard Madden (Foto: Instagram @maddenrichard)
Madden lulus dari Royal Scottish Academy of Music and Drama (RSAMD) pada 2007. Selama menempuh pendidikan di sana, ia bekerja dengan Glasgow Repertory Company.
Di tahun terakhirnya di RSAMD, Madden terpilih untuk memerankan tokoh Romeo. Dalam produksi 'Romeo and Juliet' oleh Global Theatre. Pada tahun 2016, ia kembali bermain sebagai Romeo dan reuni dengan lawan mainnya Lily James sebagai Juliet. Namun sayang, ia tidak dapat berpartisipasi lebih dalam dalam pagelaran teater West End ini karena cedera pada ankle.
3. Berperan sebagai Robb Stark
Richard Madden (Foto: Instagram @daenehrys)
Nama Madden semakin dikenal karena perannya sebagai Robb Stark dalam serial 'Game of Thrones'. Awal ia bisa bergabung dengan serial ini ketika Madden mendapat telepon dari agensi untuk datang dan melakukan proses reading.
ADVERTISEMENT
Saat proses reading, pemeran Prince Kit dalam film 'Cinderella' ini diminta untuk membaca novel karangan George R. R. Martin. Ia merasa shock saat baca novel tersebut.
"Aku mulai membaca novel pertama dan tidak dapat meletakkannya. Aku membacanya sekitar sembilan kali. Menggali sebanyak mungkin yang saya bisa," kata Madden seperto dikutip dari The Baltimore Sun.
Akhirnya, setelah terpilih Madden berusaha untuk memainkan karakter putra sulung keluarga Stark dengan sangat jujur. Sebanyak empat sampai lima kali dalam seminggu ia berlatih menunggang kuda demi perannya.
4. Selalu pakai tabir surya
Richard Madden (Foto: Instagram @maddenrichard)
Berasal dari Skotlandia membuat Madden tidak terlalu sering terpapar sinar matahari. Alhasil ketika berada di tempat yang cukup panas, ia harus selalu menggunakan tabir surya. Meskipun sudah memakai tabir surya, ia hanya punya waktu sekitar 30 menit dalam sehari.
ADVERTISEMENT
"Jika aku ingin menikmati matahari, aku perlu membagi (waktu) di siang hari. Aku keluar selama lima menit dan kemudian kembali ke dalam, kemudian keluar lagi lima menit," ucap Madden seperti dikutip dari TV Guide.
5. Penghargaan yang diraih
Richard Madden (Foto: Instagram @gotinsider)
Pencapaiannya di bidang seni peran membuahkan beberapa nominasi penghargaan. Misalnya saja bersama pemain 'Game of Thrones' lainnya, ia mendapat nominasi Outstanding Performance by an Ensemble in a Drama Series dalam ajang Screen Actors Guild Awards tahun 2012 dan 2014.
Tidak hanya itu, Madden mendapat penghargaan dari bidang fashion. Sebagai Most Stylish Male dalam ajang Scottish Style Awards pada Oktober 2009 dan Esquire Hottest Stars di tahun 2010.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan