Pencarian populer

5 Lagu Pilihan yang Harus Didengarkan Jelang Konser Guns n’ Roses

Guns N' Roses. (Foto: Dok. Guns N' Roses)

Pada 8 November mendatang, Guns n’ Roses akan tampil di Indonesia, tepatnya di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta Pusat, dalam rangkaian tour bertajuk ‘Not In This Lifetime’.

Grup musik glam rock asal California, Amerika Serikat itu akan tampil selama 3 jam membawakan banyak sekali lagu-lagu yang sudah hits di telinga para penggemarnya.

Jika sudah membeli tiket dan hanya tahu lagu ‘Sweet Child O’Mine’, coba untuk dengarkan 5 lagu pada story ini. Sehingga, kalian bisa bernyanyi dan membantu memeriahkan aksi Axl Rose, Slash, dan kawan-kawan selama tampil di atas panggung.

1. Paradise City

Lagu dari album ‘Appetite For Destruction’ (1987) ini pastinya dapat membuat kamu terhentak selama menyaksikan konser Guns n’ Roses di Jakarta. Slash tentu akan memainkan riff intro di lagu ‘Paradise City’ yang amat ikonik dan melegenda.

Selain itu, single ‘Paradise City’ bisa dikatakan sebagai salah satu lagu rock paling cerdas yang pernah diciptakan oleh Guns n’ Roses. Penempatan setiap riff, baik di intro, verse, chorus, atau bagian solo gitar, terasa pas dan tidak berlebihan. Tensi tinggi di lagu ‘Paradise City’ dahulu juga tercipta, berkat suara tinggi nan serak dari Axl Rose.

Kini, Alx sudah terlalu tua untuk menghajar nada-nada tinggi dan kerap terlihat terengah-engah ketika menyanyikan lagu ‘Paradise City’. Jadi, ia tentu akan banyak terbantu jika semua penonton Guns n’ Roses di SUGBK bisa menyanyikan dengan hafal lirik di lagu tersebut.

2. Night Train

Lagu ‘Night Train’ adalah bukti bahwa Slash dan Izzy mampu bekerja sama dengan baik membuat sebuah riff yang unik dan penuh warna. Selain itu, Steven Adler juga tahu bagaimana cara memanfaatkan cowbell untuk memeriahkan nuansa lagu.

Namun, Izzy dan Adler tidak bisa hadir di Indonesia dan memainkan ‘Night Train’ bersama Slash. Padahal, di buku autobiografinya, Slash mengaku sangat menyukai lagu ‘Night Train’.

“Verse di lagu ‘Night Train’ selalu membuatku gila - Jika kami mendapat panggung yang megah, aku akan berlarian, melompat dari atas amplifier, dan menjadi liar saat ‘Night Train’ dimainkan,” katanya.

Panggung Guns n’ Roses di SUGBK sangat besar, kualitas sound yang tersedia pun sangat megah. Jadi, bisa saja Slash akan benar-benar terus beratraksi ketika memainkan lagu ‘Night Train’.

3. Welcome to the Jungle

sh-na-na-na-na-knees

Ya, itu bagian paling ikonik dari lagu ‘Welcome to the Jungle’ dari album ‘Appetite For Destruction’ (1987). Pada masanya, lagu ini adalah alasan para ayah takut jika anak gadisnya berpacaran dengan seorang personel band rock.

Ya, lagu ‘Welcome to the Jungle’ begitu liar dengan tatanan lirik yang lugas dan cara bernyanyi Axl yang gila, serta riff gitar Slash yang rumit dan berdistorsi tinggi. Selain itu, drum dari Steven Adler di lagu ini pun sangat menghentak dan mampu membuat darah siapa pun yang mendengarnya berderu cepat.

Memang Adler tidak akan tampil di Indonesia, Izzy yang mengisi layer gitar Slash di lagu ‘Welcome to the Jungle’ juga sudah tak mau lagi berada satu band bersama Axl. Namun, kesan nostalgia akan sangat terasa ketika lagu ini berkumandang.

Jika kamu mampu menyanyikan lirik di lagu ini, dibagian akhir setiap chorus kamu pasti bisa menemani banyak penonton lain berteriak-teriak membantu Axl yang suaranya tak mampu melengking lagi seperti dulu.

Selain itu, keindahan ‘Welcome to the Jungle’ juga bisa dirasakan jika mengenal lebih jauh setiap stanzanya yang dipadati penggabungan unsur rock, metal, serta punk.

4. November Rain

Indonesia sebenarnya mendapat kehormatan besar karena Guns n’ Roses tampil pada bulan November. Salah satu lagu mereka, yakni ‘November Rain’, memang berkisah tentang sendunya musim penghujan di akhir tahun.

Berdurasi lebih dari 9 menit, lagu ‘November Rain’ bisa dikatakan sebagai lagu ‘Stairways To Heaven’-nya Guns n’ Roses karena memiliki aransemen yang sangat padat. Dentingan piano yang Axl mainkan, membuktikan bahwa ia adalah vokalis yang juga bisa memainkan instrumen dengan baik.

Jika di Indonesia Axl tampil menyanyikan lagu ‘November Rain’ sambil bermain piano, suara penonton bisa membuat suasana kian syahdu.

Jangan lupa membawa jas hujan atau payung agar jika hujan mengguyur Stadion Utama Gelora Bung Karno, nuansa magis di lagu ‘November Rain’ tetap bisa dinikmati.

5. Patience

‘Patience’ bukan lagu paling cadas dari Guns n’ Roses, bukan pula lagu yang paling menghentak dan rumit. Namun, lagu tersebut adalah salah satu masterpiece yang menunjukkan bahwa grup hard rock segila Guns n’ Roses mampu membuat lagu ballad.

Lebih dari setengah bagian di lagu ‘Patience’, Axl nyanyikan mengunakan nada yang rendah. Oleh karena itu, ia pasti bisa secara baik menyanyikannya tanpa perlu terlihat terengah-engah dan kelelahan.

Biasanya, ketika ‘Patience’ di bawakan, Slash akan duduk di tangga bersama personel Guns n’ Roses lain, sedangkan Axl asyik berjalan-jalan ke arah penonton. Jika hal itu benar terjadi, angkat dan nyalakanlah lampu senter dari telepon genggam agar suasana semakin syahdu.

Oh iya, Axl sering kali mengarahkan mikrofon ke penonton di bagian chorus yang sangat mudah untuk dinyanyikan. Jadi, segera hafalkan lirik dan biarkan suaramu menggetarkan Stadion Utama Gelora Bung Karno.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.23