kumparan
22 Mar 2019 11:31 WIB

Adjis Doaibu Dikira Polisi Betulan Saat Syuting 'Pohon Terkenal'

Adjis Doaibu. Foto: Maria Gabrielle Putrinda/kumparan
Film produksi Divisi Humas Polri yang berjudul 'Pohon Terkenal' menceritakan kehidupan taruna dan taruni di Akademi Kepolisian (Akpol), Semarang, Jawa Tengah. Digarap oleh sutradara Monty Tiwa dan Annisa Meutia, film ini tidak hanya menampilkan sisi disiplin para taruna pria dan wanita saja.
ADVERTISEMENT
Namun, terdapat pula kisah persahabatan, percintaan, dan terselip juga humor dalam film berdurasi 96 menit ini. Komika Adjis Doaibu menjadi salah satu pemain yang terlibat dalam film 'Pohon Terkenal' ini. Dia berperan sebagai salah satu pengasuh di Akpol.
"Gue kan kalau di sekolah itu kayak guru BP. Kalau sekolah normal yang kayak guru BP. Ini kan di Akpol, namanya pengasuh," kata Adjis Doaibu, ditemui di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan.
Pemilik nama lengkap Abdul Aziz Batubara tersebut bercerita salah satu pengalaman unik yang dirasakannya selama proses syuting. Kala itu, dia baru saja berganti baju dan mengenakan seragam AKP (Ajun Komisari Polisi ), lengkap dengan semua pangkatnya.
"Begitu gue keluar ruangan itu, ada taruna satu rombongan gitu, hormat. Terus gue enggak tau musti bales gimana, (mereka bilang) ‘siang komandan’ gitu. Terus gue bingung kan, terus kata AKP yang asli, udah bilang saja iya," ujarnya.
ADVERTISEMENT
"Besokannya, sengaja ini AKP ngeberhentiin satu rombongan lagi, tapi beda rombongan. Disuruh nyari tahu nama gue siapa," lanjut Adjis.
Menurut pemain film 'Cek Toko Sebelah' tersebut, di Akpol tidak melihat muka atau nama. Namun, mereka sangat hormat dengan pangkat yang disandang oleh seseorang.
Lebih lanjut, Adjis mengatakan kalau awalnya dia sempat terkejut saat diajak bermain dalam film 'Pohon Terkenal', dan berperan sebagai polisi.
"Jadi kayak awal-awal diajak gitu kayak, 'anjir beneran nih', maksudnya kenapa musti gue gitu. Tapi dari Pak Monty (Tiwa) sendiri ngasih penjelasan ke gue. Karena kita butuh karakter yang selain tegas ada lucunya juga. Tapi harus berimbang, kayak gitu," terangnya.
Lantas, menurut Adjis Doaibu, apa pesan yang didapat dari film ini?
ADVERTISEMENT
"Kita akan melihat sisi lain dari kepolisian yang selama ini beredar di masyarakat tentang negatifnya bahwa polisi jauh dari hal-hal negatif itu. Positif banget, dan yang paling penting adalah masuk Akpol gratis," tandasnya.
Film 'Pohon Terkenal' bercerita tentang kehidupan para taruna dan taruni di Akademi Kepolisian. Pohon terkenal sendiri merupakan salah satu istilah populer di dunia kepolisian. Istilah yang diberikan kepada taruna dan taruni yang gemar membuat ulah.
Film ini juga diperankan oleh Laura Theux, Umay Shahab, Raim Laode, dan Cok Simbara. Film 'Pohon Terkenal' tayang di bioskop Tanah Air mulai tanggal 21 Maret 2019.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan