kumparan
18 Jul 2018 16:00 WIB

Banyak Netizen Suka Menghakimi, Fitri Tropica Sempat Ragu Berhijab

Fitri Tropica berhijab (Foto: Dok. Fitri Tropica)
Lincah dan energik. Itulah sosok dari aktris sekaligus presenter Fitri Tropica. Tingkah lakunya yang tidak bisa diam ketika membawakan suatu acara itu sepertinya perlahan harus ditinggalkan lantaran kini ia sudah berhijrah.
ADVERTISEMENT
Perempuan yang akrab disapa Fitrop ini memang sudah memantapkan diri untuk berhijab sejak Selasa (10/7) lalu. Namun sebelum berhijab, Fitrop mengaku sempat merasa kegalauan dalam dirinya.
Keinginan dirinya untuk menutup auratnya ternyata sudah diketahui sang suami sejak lama. Bahkan, perempuan berusia 30 tahun itu mengaku sudah memiliki keinginan berhijab dari sebelum menikah.
Selama 4 tahun berumah tangga dengan Irvan Hanafi, kegelisahan dan ketakutan Fitrop untuk berhijab selalu menghantui dirinya. Ia mengatakan bahwa netizen menjadi salah satu penyebab kegelisahannya itu. Hal itu ia ungkapkan kepada Irfan Hakim dalam akun YouTube berjudul 'Netizen Sempat Jadi “Penghalang” Hijrahnya Fitri Tropica' yang diunggah pada Selasa (17/7) kemarin.
"Yang bikin maju mundur untuk hijrah adalah netizen. Itu aku belajar lihat-lihat artis-artis yang sudah pada berhijab. Lihat-lihat komentarnya (netizen)," kata Fitrop.
ADVERTISEMENT
"Maksud aku tuh kayak (jadi) takut. Maksudnya niatnya positif untuk mengingatkan, tapi kan adab mengingatkan setahuku itu harus 4 mata enggak boleh sifatnya jadi mempermalukan," lanjutnya.
Loading Instagram...
Menurutnya, berhijrah adalah proses seseorang menjadi lebih baik. Untuk itu, ia tak ingin langsung dihakimi oleh netizen ketika berhijab.
Kepada Irfan Hakim, Fitrop juga menceritakan bahwa ia pernah mengalami titik kejenuhan di saat bekerja. Kala itu, ia pernah tak mau mengambil pekerjaan dalam sebulan. Bahkan, ia pernah menderita penyakit tifus selama tiga kali dalam setahun.
"Dulu pernah ambil syuting setiap hari. Itu ada titik di mana tidak tahu harus ngapain lagi di kehidupan ini. Di titik kayak ibaratnya, gue tuh mau ngapain lagi ya, terus biasanya kalau aku lagi galau-galau gitu, aku tuh suka baca buku psikologi," ucap Fitrop.
ADVERTISEMENT
Video
Dari situ secara perlahan pemain film 'Insya Allah SAH' itu juga mulai mendalami Al-Quran. Tak hanya sekadar untuk dibaca, tapi ia juga menelaah isinya. Suatu ketika, ia menemukan satu ayat yang artinya bahwa kewajiban perempuan mengenakan hijab.
"Sampai pada akhirnya, ketika sedang membaca Al-Quran sampai pada suatu ayat yang berisi kewajiban perempuan untuk mengenakan hijab. Itu membuat hati rasanya..." tandasnya.
Selain dukungan sang suami yang meyakinkan pembawa acara 'Missing Lyrics' itu untuk berhijrah, Fitrop juga menyebutkan bahwa Al-Quran menjadi salah satu pedomannya memantapkan hati menggunakan hijab.
"Tapi akhirnya, Al-Quran juga yang menjawab. Baca (surat Al-Bakarah ayat 286) salah satu surat yang intinya, ikutilah semua perintah Allah dan Rasul dan ikutilah semampumu," tegasnya.
Fitri Tropica bahas masalah hijab kepada Irfan Hakim. (Foto: Youtube/deHakims)
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan