Pencarian populer

Cerita Atiqah Hasiholan Jadi Dukun Manten

Atiqah Hasiholan saat di kumparan. Foto: Abil Achmad Akbar/kumparan
Aktris Atiqah Hasiholan membintangi film terbarunya yang berjudul ‘Mantan Manten’. Di film karya Farishad Latjuba itu dia berperan sebagai Yasnina.
Karakter yang diperankan oleh istri dari Rio Dewanto itu merupakan seorang wanita modern yang menjadi dukun manten. Untuk mendalami perannya, perempuan berumur 37 tahun ini melakukan workshop yang memberinya banyak pelajaran tentang budaya Jawa.
“Kita ada workshop tentang paes, terus juga di situ kita belajar budaya Jawa juga. Jadi, paling tidak sebisa mungkin mengenal budaya Jawa, filosofinya, apa yang dilakukan terutama dalam hal memaes ini,” ujar Atiqah saat ditemui di XXI Epicentrum, Jakarta Selatan, Senin (1/4).
“Karena memaes ini enggak sembarangan, bukan cuma ada lengkung gini, ada garis ini, itu semua ada syarat dan doa, filosofinya, dan lain-lain,” sambungnya.
Workshop tersebut dilakukan bersama ahlinya, yang diselenggarakan di kawasan Manggarai, Jakarta Selatan, beberapa waktu lalu. “Ada sekitar lima sampai enam kali pertemuan,” kata Atiqah Hasiholan.
Atiqah Hasiholan memberi dukungan dengan datang ke sidang ibunya Foto: Ronny
Banyak hal menarik yang didapat oleh Atiqah setelah belajar menjadi dukun manten. Dia pun mengimbau agar adat istiadat yang sudah turun temurun itu tidak sirna.
“Jadi, mungkin harus ada cara untuk anak muda agar kita enggak kehilangan budaya dan adat istiadat kita untuk lebih mengenal budaya kita,” ucap Atiqah.
Seorang dukun manten harus melakukan beberapa ritual untuk mendapatkan kekuatan magis. Namun, Atiqah tidak melakukan ritual tersebut. Menurutnya, kekuatan magis yang dimiliki dukun manten bisa saja terjadi.
“Kalau menurut aku, ya mungkin atau enggak mungkin, kan aku enggak tahu. Karena kita kan peradaban Jawa ini sudah berdiri sejak lama ya, dan yang pasti banyak hal-hal yang kita yakin, bisa jadi betul,” pungkas Atiqah.
Film ‘Mantan Manten’ bercerita tentang seorang manajer investasi terkenal, Yasnina (Atiqah Hasiholan) dengan kehidupannya yang serba ada. Namun, kondisinya berbalik ketika dikhianati oleh Iskandar (Tyo Pakusadewo) yang merupakan ayah dari tunangannya Surya (Arifin Putra).
Tak hanya hartanya yang lenyap seketika, hubungannya dengan Surya pun berada di ujung tanduk. Sementara Ardy (Marthino Lio), asistennya yang mengingatkan Yasnina tentang aset yang masih tersedia.
Yasnina kemudian berusaha bangkit kembali lewat satu-satunya harta yang ia miliki. Namun, upaya tersebut justru mempertemukannya dengan seorang dukun manten, Marjanti (Tutie Kirana) yang menempati villa tersebut.
Yasnina harus menjalani peran sebagai dukun manten untuk mendapatkan kembali vilanya. Lantas, bagaimana lika-liku perjalanan Yasnina? Film 'Mantan Manten' akan dirilis pada 4 April mendatang.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan dan Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.81