kumparan
3 Jul 2018 16:28 WIB

Cerita Karyawan Koperasi soal Kedatangan Matt Damon di Tanjung Barat

Matt Damon di Indonesia (Foto: Dok: Ajeng Ayuningtyas)
Bagi para pencinta film laga, khususnya Hollywood, sosok Matt Damon tentu tidak asing lagi. Berjilid-jilid film 'Jason Bourne' yang dia bintangi tayang di layar lebar sejak 2012 hingga 2016.
ADVERTISEMENT
Namun siapa sangka, di balik aksi kejar-kejaran brutalnya di film tersebut, Damon rupanya merupakan pendiri water.org, sebuah organisasi nirlaba yang bergerak di bidang pemenuhan sumber air bersih. Dan kali ini, dia datang ke Jakarta untuk misi kemanusiaannya tersebut.
Damon datang jauh-jauh ke Indonesia menyambangi Koperasi Mitra Dhuafa (Komida), sebuah lembaga keuangan mikro di Tanjung Barat, Jakarta Selatan pada Selasa (3/7) pagi. Dia datang sekitar pukul 09.00 WIB hingga 10:30 WIB. Dia ke sana dalam rangka membicarakan program air bersih dan sanitasi dengan koperasi tersebut.
Matt Damon di Indonesia (Foto: Facebook Koperasi Mitra Dhuafa)
Bagi para petinggi Komida, kedatangan bintang film 'The Martian' itu berarti banyak hal. Bukan hanya karena Damon aktor internasional, tetapi juga karena kedatangannya sebagai co-founder water.org menandakan keseriusannya untuk membangun saluran air bersih di seluruh pelosok Indonesia.
ADVERTISEMENT
Menurut Sekretaris Komida Windy Tri Mulyani, Komida sebagai lembaga yang bekerja sama dengan water.org sudah jauh-jauh hari tahu bahwa organisasi tersebut didirikan Damon. Namun dirinya tak pernah menyangka bahwa aktor terbaik Golden Globe 2016 itu akan datang ke kantornya.
"Perasaanya kaget ya, memang kita enggak tahu. Tahunya pas dia datang," ujar Windy saat dihubungi kumparan, Selasa (3/7).
Matt Damon di Indonesia (Foto: Facebook Koperasi Mitra Dhuafa)
Terang saja, kedatangan aktor Hollywod tersebut juga menjadi ajang foto bersama dengan karyawan-karyawan yang lain. Tak sedikit yang menyebut bahwa sosok Damon sangat bersahabat.
"Orangnya humble sih. Tadi dari cara interaksi ke teman-teman staff yang lain juga enggak sombong," ujar Abdullah Zein, staff HRD
Apa yang disampaikan Abdullah kian diamini oleh Febby Mandira. Karyawan yang sudah bekerja satu tahun di koperasi tersebut mengakui bahwa sosok Damon sangat bersahabat. Dia sendiri mengenali Damon karena aktingnya di film 'The Martian'.
ADVERTISEMENT
"Dia Humble banget . Anyway gue suka dia baru-baru habis nonton The Martian karena gue suka ceritanya. Cocoklah kalau dia main yang main, secara social bussinesman gitu kan," kata Febby.
Poster Film The Martian (Foto: Wikimedia Commons)
Damon tidak datang sendiri. Dia ditemani oleh President water.org Jennifer Schorsch, CEO & Co-Founder Gary White, serta Senior Director of Investments John Moyer. Saat ini keempatnya sudah pulang dengan menggunakan jet pribadinya.
Dikutip dari situs water org, organisasi Damon tersebut menancapkan diri di Jakarta sejak 2014 lalu. Saat ini water.org telah bekerja sama dengan 14 lembaga keuangan mikro di seluruh Indonesia.
Matt Damon di Indonesia (Foto: Facebook Koperasi Mitra Dhuafa)
Organisasi nirlaba tersebut berbasis komunitas dan memiliki misi untuk menyediakan layanan air dan sanitasi bagi masyarakat pedesaan. Cita-cita terbesar Damon adalah meningkatkan akses air bersih ke seluruh masyarakat miskin dunia.
ADVERTISEMENT
Berdasarkan data yang dimiliki water.org, terdapat 27 juta warga Indonesia yang kesulitan mengakses air bersih. Tidak hanya itu, water.org juga mencatat ada 54 juta orang yang kesulitan mengakses layanan sanitasi yang layak. Hingga saat ini, water.org telah berhasil membantu 356 ribu orang Indonesia untuk mengakses air bersih.
Matt Damon (Foto: AFP/Geoff Robins)
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan