Pencarian populer

Cornelia Agatha vs Maudy Koesnaedi, Siapa Bintang 'Si Doel' Favoritmu?

Cornelia Agatha dan Maudy Koesnaedi (Foto: YouTube Falcon)

'Si Doel Anak Sekolahan' menjadi sinetron yang begitu populer di era '90-an. Kini, kisahnya dilanjutkan melalui sebuah film layar lebar berjudul 'Si Doel The Movie' yang akan dirilis pada 2 Agustus mendatang.

Meski mengangkat drama keluarga bernuansa komedi, sinetron legendaris tersebut juga memuat kisah cinta segitiga antara Doel, Sarah, dan Zaenab. Doel--yang diperankan oleh Rano Karno--dijodohkan dengan Zaenab, sementara hatinya tertambat pada Sarah.

Sarah diperankan oleh Cornelia Agatha. Berkat perannya dalam sinetron 'Si Doel Anak Sekolahan' itulah, namanya melambung. Perempuan yang akrab disapa Lia itu juga terlibat dalam sejumlah sinetron lain, seperti 'Aku Ingin Pulang', 'Cintanya Cinta', 'Istri Kedua', 'Perempuan Pilihan', 'Si Doel Anak Gedongan', dan 'Semboyan Cinta'.

Cornelia merupakan salah seorang pesinetron berbakat pada masa itu. Selain membintangi banyak sinetron, ia juga dianugerahi penghargaan dari Forum Film Bandung (FFB) 2002 sebagai Aktris Terpuji berkat aktingnya sebagai Dayu dalam 'Perempuan Pilihan'.

Cornelia Agatha di Film 'Detik Terakhir' (Foto: YouTube ovie vie)

Perempuan kelahiran 11 Januari 1973 tersebut juga menjajal peruntungan di dunia perfilman. Film layar lebar yang dibintanginya memang hanya sedikit, namun ia berhasil meraih prestasi lebih dari yang ia dapatkan sebagai pesinetron.

Berkat aktingnya sebagai Rini di film 'Rini Tomboy' (1991), misalnya, ia dinominasikan sebagai Pemeran Utama Wanita Terbaik di Festival Film Indonesia (FFI) 1992.

Kepiawaiannya berakting sangat diapresiasi kala Cornelia berperan sebagai Regi dalam film 'Detik Terakhir' (2005). Kala itu, ia dinominasikan sebagai Pemeran Utama Wanita Terbaik di FFI 2005, Pemeran Utama Wanita Terbaik di Festival Film Jakarta 2006, Most Favourite Actress di MTV Indonesia Movie Awards 2006, dan Aktris Terfavorit di Indonesian Movie Awards 2007.

Di samping itu, melalui peran yang sama, ia dinobatkan sebagai Aktris Terpuji di Festival Film Bandung 2006 dan Aktris Terbaik di Indonesian Movie Awards 2007.

Loading Instagram...

Hanya saja, setelah membintangi film 'Jatuh Cinta Lagi' dan menikah dengan Sony Lawlani pada 18 Maret 2006, ia tak lagi muncul di layar lebar. Dari pernikahan itu, Cornelia dianugerahi bayi kembar pada 7 Desember 2006, yakni Makayla Athaya Lalwani dan Tristan Athala Lalwani. Pernikahan mereka kemudian kandas pada 1 Agustus 2013 melalui putusan oleh Majelis Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Selatan (PN Jaksel).

Meski tak lagi terlihat di layar kaca maupun film layar lebar, Cornelia mengaku tetap selalu berkarya di dunia seni dengan aktif berteater dan tampil membaca puisi. Di samping itu, sembari menikmati perannya sebagai ibu, ia juga tengah menyelesaikan kuliahnya di Universitas Kristen Indonesia (UKI).

Sementara itu, berbeda dengan Cornelia, Maudy mengawali kariernya di dunia hiburan dengan mengikuti pemilihan Abang None Jakarta pada 1993. Kala itu, ia didapuk sebagai pemenang bersama Agus Subianto.

Setelah membintangi video klip 'Andai Dia Tahu' milik Kahitna dan 'Kau yang Terindah' milik Java Jive, nama Maudy kemudian melambung kala memerankan Zaenab di sinetron 'Si Doel Anak Sekolahan'. Ia bahkan mendapat penghargaan sebagai Aktris Terbaik FFI 2011 melalui sinetron itu.

Maudy Koesnaedi di Film 'Soekarno Indonesia Merdeka' (Foto: YouTube MVP Entertainment ID)

Selain berperan di sejumlah sinetron dan film televisi (FTV), ia terjun sebagai presenter acara televisi. Beberapa sinetron lain yang dibintanginya, yakni 'Jangan Ucapkan Cinta' (1999), 'Camelia' (2000), dan 'Cinta Berkalang Noda' (2001).

Maudy juga terjun ke dunia perfilman. Setelah menjadi figuran dalam film 'Betina' dan 'Berbagi Suami' pada 2006, ia membintangi 'Garuda di Dadaku' sebagai Wahyuni pada 2009.

Kariernya di kancah perfilman kemudian berlanjut melalui 'Garuda di Dadaku 2' dan 'Love Story' pada 2011. Kemampuan beraktingnya kemudian tak lagi diragukan kala ia membintangi film 'Soekarno: Indonesia Merdeka' (2013) sebagai Inggit Ginarsih.

Sebab, melalui peran tersebut, ia dinobatkan sebagai Aktris Pembantu Terbaik di Indonesian Movie Awards 2014 serta dinominasikan sebagai Pemeran Utama Wanita Terbaik di FFI 2014 dan Pemeran Utama Wanita Terbaik di Piala Maya 2014.

Loading Instagram...

Film-film layar lebar lain yang juga dibintangi Maudy, yaitu 'Negeri Van Oranje' (2015), 'Pinky Promise' (2016), 'Surat Kecil untuk Tuhan' (2017), dan 'Satu Hari Nanti' (2017).

Bicara mengenai kehidupan asmara, Maudy menikah dengan lelaki berkebangsaan Belanda bernama Frederik Johannes Meijer pada 2002. Dari pernikahan tersebut, mereka dikaruniai seorang anak yang diberi nama Eddy Maliq Meijer pada 2007.

Cornelia Agatha dan Maudy Koesnaedi (Foto: YouTube Abang Elan)

Jadi, siapa pemeran 'Si Doel' favoritmu, Cornelia Agatha atau Maudy Koesnaedi?

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.41