Pencarian populer

Dany 'Java Jive' Suka Menggunting Potongan Ayat Al-Quran dari Majalah

Hampir 10 tahun lamanya, Java Jive vakum dari industri musik Tanah Air. Selain masing-masing personelnya memiliki kesibukan mereka masing-masing, kondisi Dany, vokalis Java Jive, adalah alasan utama mengapa band yang melantunkan 'Gadis Malam' itu tertidur dalam jangka waktu yang cukup lama.

Kala itu, Dany absen dari dunia hiburan karena terjerumus ke dunia obat-obatan terlarang. Dany sendiri menggunakan obat-obatan terlarang untuk menyenangkan dirinya atau hanya sekadar rekreasi diri. Dany juga merasa nyaman saat mengonsumsi barang-barang haram tersebut.

Hingga pada akhirnya, Dany tersadar bahwa ada yang salah pada dirinya. Kondisi fisik dan mentalnya jatuh, membuatnya memikirkan apa yang telah dia lakukan selama ini. Hal itu juga membuatnya menangis hingga bersujud seraya mempertanyakan dirinya sendiri.

"Saya sujud, nangis. Nikmat sekali. Di sujud itulah, saya ngerasa enggak sanggup, sok, mangga, terserah. Saya butuh pertolongan mau memperbaiki diri. 10 tahun saya enggak bergaul, bergaul sama DVD, menyendiri," terangnya saat ditemui kumparan dan host Selebriti Hijrah, Ustaz Erick Yusuf, di Bandung, Jawa Barat.

Dany 'Java Jive' dan Ustaz Erick Yusuf (Foto: Retno Wulandari/kumparan)

Dany sadar, sujud dan mempertanyakan apa yang terjadi padanya tidak menyelesaikan masalah. Menghasilkan solusi pun tidak. Maka dari itu, dia mencoba memotivasi dirinya agar terlepas dari cengkeraman dunia hitam narkoba.

Ternyata, motivasi yang didapat Dany datang dari tempat dan barang yang terduga. "Waktu itu, saya ngeguntingin majalah, potongan ayat, awalnya mulai tertarik sama kata-kata motivasi, tetapi yang ke 'kiri' ya, enggak sesuai dengan kondisi saya. Tapi, saya agak tersiram dan optimis. Tapi itu tidak cukup memuaskan," ujarnya.

Selain itu, ada penggalan ayat Al-Quran yang membuat Dany tergerak untuk menjadi sosok yang lebih baik. Ayat tersebut diambil dari surat Al Anfal ayat 72 yang berbunyi 'Innalladzina amanu wa hajaru wa jahadu bi amwaalihim wa anfusihim fi sabilillahi walladzina awa wa nashoru ula-ika ba'dhuhum auliya-u ba'dh(in)'.

Artinya, sesungguhnya, orang-orang yang beriman dan berhijrah serta berjihad dengan harta dan jiwanya pada jalan Allah. Dan, orang-orang yang memberikan tempat kediaman dan memberi pertolongan (kepada Muhajirin), mereka itu satu sama lain saling melindungi.

"Itu saya guntingin, saya taruh di kertas yang bahannya lebih keras. Taruh di depan meja tempat saya nulis. Itu yang bikin saya tertarik tapi belum tahu caranya," ucap Dany. "Dari potongan-potongan itu, di handphone dan majalah, saya sobek, saya gunting, saya kliping. Terus saja begitu, ternyata lebih aplikatif."

Dany 'Java Jive' (Foto: Cornelius Bintang/kumparan)

Selanjutnya, sang vokalis akan mengisahkan soal bentuk-bentuk motivasi yang membuat berhijrah. Saksikan terus cerita hidup Dany 'Java Jive' hanya di topik Selebriti Hijrah.

Kamu punya pengalaman berhijrah? Ceritakan pengalamanmu kepada kumparan di sini.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: web: