kumparan
11 Mei 2018 12:33 WIB

Johnny Iskandar Mundur, OM PMR Rilis Dua Single Terbaru

Rilis Single OM PMR dan Ulang Tahun Indro Warkop (Foto: Maria Gabrielle Putrinda/kumparan)
Sebagai salah satu orkes yang sudah puluhan tahun berkarya di industri musik, Orkes Moral Pengantar Minum Racun (OM PMR) mencoba untuk terus aktif, salah satu cara yang ditempuh adalah dengan menghasilkan karya-karya baru.
ADVERTISEMENT
Bertempat di kawasan Gandaria, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Kamis (10/5), OM PMR merilis dua single baru. Lagu-lagu dengan lirik yang nyeleneh menjadi ciri khas tersendiri bagi grup band yang sudah berdiri sejak 1977 itu. Termasuk untuk lagu-lagu yang rilis pada tahun ini berjudul ‘Engkong’ dan ‘Temen Gue’.
Lagu 'Engkong' sendiri terinspirasi dari hal yang tidak sengaja dilihat oleh mereka. Dalam perjalanan OM PMR menuju suatu acara, seorang mandolin, Yuri Mahippal, melihat sesosok kakek-kakek yang buang air kecil di pinggir jalan.
“Saya lihat itu ada orang tua paruh baya kencing di pinggir jalan, cuek banget. Itu saya perhatiin, dari situ saja saya kembangkan jadi lirik. Biasanya, mitos orang dulu kalau kencing sembarangan bisa macam-macam tuh,” jelas Yuri dengan santai.
ADVERTISEMENT
Orkes yang beranggotakan Boedi Padukone, Yuri Mahippal, Imma Maranaan, Ajie Cetti Bahadur Syah, dan Harri "Muke Kapur" ini sebetulnya sudah lama mempersiapkan dua lagu tersebut. Akan tetapi baru-baru ini mendapat kesempatan untuk dirilis.
“Sejatinya, sudah delapan laguan. Setiap kali kami ingin keluarkan karya kami, kami konsultasi sama Om Indro, karena mungkin ide-idenya lebih kreatif lagi,” jelas Boedi.
Ya, sosok Indro, Dono, dan Kasino Warkop sangat berpengaruh bagi OM PMR. Sebab, pada masanya mereka sering berkolaborasi untuk tampil bersama. Karena keceriaan dan cara OM PMR membawakan sebuah lagu dirasa pas ketika bersama Warkop.
“Kalau berhubungan sama musik, itu sama saya. Kita (Warkop) ibaratnya komandan lapangan. Kalau kita show ke daerah, check sound, yang berangkat itu OM PMR sama saya,” ujar Indro dalam kesempatan yang sama.
Rilis Single OM PMR dan Ulang Tahun Indro Warkop (Foto: Maria Gabrielle Putrinda/kumparan)
Selain merilis single terbaru, dirayakan pula ulang tahun Indro. Memang, pada 8 Mei lalu komedian sekaligus aktor berkepala plontos ini merayakan ulang tahun yang ke-60 tahun. Satu-satunya personel Warkop yang masih hidup ini mengaku tidak menyangka akan mendapat kejutan.
ADVERTISEMENT
“Gue kirain (rangkaian balon tulisannya) HBD OM PMR, pas gue geser dikit ternyata HBD Om Indro. Surprise banget, terima kasih banget, saya merasa tersanjung,” ucapnya terharu.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan