kumparan
6 Jun 2018 13:55 WIB

Lebih Dekat dengan Raisa Andriana yang Hari Ini Berulang Tahun

Raisa menjadi bintang tamu di kumparan (Foto: Aditia Noviansyah/kumparan)
Tepat pada hari ini, Rabu (6/6) Raisa Andriana genap berusia 28 tahun. Pelantun lagu 'Could It Be' ini lahir di Jakarta, 6 Juni 1990 dari pasangan Allan N. Rachman dan Ria Mariaty.
ADVERTISEMENT
Raisa merupakan lulusan sarjana dari Universitas Bina Nusantara jurusan marketing internasional bisnis. Selama berkarier di industri musik Tanah Air, ia sudah mengeluarkan tiga buah album yaitu, 'Raisa' (2011), 'Heart to Heart' (2013) dan 'Handmade' (2016).
Untuk merayakan ulang tahunnya, berikut kumparan telah merangkum beberapa fakta mengenai Raisa.
1. Belajar bernyanyi dari lagu-lagu Disney
Raisa bernyanyi di Kumparan (Foto: Aditia Noviansyah/kumparan)
Perempuan yang akrab disapa Yaya ini sejak kecil sudah jatuh cinta dengan dunia tarik suara. Ia merasa beruntung karena lahir di tahun 1990, di mana saat itu masih banyak film Disney untuk anak-anak yang jalan ceritanya bagus.
"'Lion King', 'Little Mermaid' kayak gitu dan lagunya keren-keren banget. Dan aku belajar nyanyi salah satunya dari lagu-lagu Disney. 'A Whole New World' aku suka banget," kata Raisa dalam program 'Sarah Sechan' di NET TV, tahun 2013 lalu.
ADVERTISEMENT
Seiring berjalannya waktu, penyanyi wanita asal Inggris, Adele, juga turut menginspirasi seorang Raisa dalam bernyanyi. Menurutnya, pelantun lagu 'All I Ask' itu adalah penyanyi yang benar-benar bernyanyi. Tidak banyak gimmick, dan bernyanyi dengan sepenuh hati.
2. Pernah jadi vokalis band
Raisa Andriana bernyanyi di showcase (Foto: Cornelius Bintang/kumparan)
Sebelum menjadi solois wanita yang sukses seperti sekarang, Raisa dulu sempat menjadi vokalis band. Ya, ia bergabung dalam sebuah band bernama Andante, yang dibentuk oleh Kevin Aprilio.
Selain itu, Raisa pernah nge-band bareng Vidi Aldiano saat masih SMA, dan kerap manggung untuk berbagai acara pernikahan.
3. Memiliki kemampuan yang cukup unik
Raisa menunjukkan ekpresi salah tingkah (Foto: Aditia Noviansyah/kumparan)
Selain memiliki kemampuan dalam tarik suara, ternyata Raisa masih memiliki kemampuan lain yang selama ini terpendam. Ia bisa berbicara dengan jelas dengan kondisi mulut tutup tertutup rapat.
ADVERTISEMENT
Raisa menujukkan bakat tersembunyinya itu saat menjadi bintang tamu di program 'Sarah Sechan' NET TV. Ada salah satu segmen ketika Raisa memutar roulette dan berakhir pada pilihan tantangan. Sarah Sechan menantang Raisa untuk memperkenalkan diri dengan mulut tertutup.
"Ih, kok tahu sih, aku bisa loh. Tapi jangan kaget loh semua. Ini sebenarnya plan B aku, kalau nyanyi tuh udah enggak bisa lagi gitu ya, ini talent aku yang kedua," katanya sambil tertawa.
Kemudian Raisa segera mempraktikannya. Ia mengatakan, "Halo, nama aku Raisa. Umur aku baru tiga tahun," katanya dengan jelas.
4. Penghargaan yang diraih
Raisa Andriana. (Foto: Munady Widjaja)
Sepanjang kariernya di dunia musik Tanah Air, Raisa sudah mendapatkan berbagai macam penghargaan. Di tahun 2012, ia berhasil memenangkan kategori 'Pendatang Baru Terbaik' di ajang penghargaan Anugerah Musik Indonesia (AMI Awards).
ADVERTISEMENT
Kemudian, dalam ajang Indonesian Choice Awards 2014, ia memenangkan kategori 'Female Singer of the Year', 'Song of the Year', dan 'Album of the Year'. Lalu, ajang penghargaan Anugerah Planet Muzik 2015, Raisa berhasil membawa pulang piala sebagai 'Best Artist (Female)'.
Tahun 2016, album 'Handmade' milik Raisa berhasil membawa pulang 7 piala AMI Awards 2016 sekaligus dari berbagai kategori. Seperti 'Artis Solo Wanita Pop Terbaik', 'Album Pop Terbaik', 'Album Best of Best', dan 'Karya Produksi Best of the Best'.
Kolaborasinya dengan Isyana Sarasvati dalam lagu 'Anganmu Anganku' juga mendapat penghargaan 'Duo/Grup/Kolaborasi Soul/R&B/Urban' dan 'Karya Produksi Kolaborasi Terbaik' dalam ajang AMI Awards 2017.
5. Bikin patah hati cowok se-Indonesia
Raisa dan Hamish resmi menjadi suami - istri. (Foto: Munady)
Parasnya yang cantik dan suara yang merdu membuat Raisa memiliki fans dari beragam kalangan. Uniknya, banyak penggemar yang merasa patah hatinya ketika pelantun 'Terjebak Nostalgia' itu melepas masa lajangnya.
ADVERTISEMENT
Pada 3 September 2017 lalu bertempat di Grand Ballroom Ayana MidPlaza Hotel, Hamish Daud resmi menjadikan Raisa sebagai istri. Pernikahan Raisa-Hamish saat itu didapuk menjad #HariPatahHatiNasionalJilid2 di media sosial.
Sebelumnya #HariPatahHatiNasionalJilid1 terjadi saat Raisa dilamar Hamish Daud pada 21 Mei 2017.
Selamat ulang tahun, Raisa!
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·