Pencarian populer

Reza Rahadian Akui Dirinya Cukup Tegas saat Jadi Dosen

Reza Rahadian. (Foto: Munady Widjaja)

Selain sibuk di dunia hiburan, aktor Reza Rahadian juga memiliki kesibukan di dunia pendidikan. Ia mengajar di Program Studi Vokasi Komunikasi Universitas Indonesia, mata kuliah penyajian olah suara film dan televisi.

Sebagai seorang dosen, pemain film 'My Stupid Boss' itu mengaku bahwa dirinya adalah sosok yang tegas. Namun, ia juga terkadang bisa bercanda dengan para mahasiswanya.

"Yang jelas, saya cukup tegas. Walaupun saya bisa bercanda, tapi saya pada waktunya tegas, ya tegas," kata Reza Rahadian saat ditemui di kawasan Rasuna Said, Jakarta Selatan, Rabu (14/11).

Ketika mengajar, pria berumur 31 tahun itu merasa senang bisa bertemu dengan mahasiswa yang memiliki pemikiran kreatif. Ia juga kerap berbagi pengalaman. Sehingga, para mahasiswanya itu antusias untuk bertanya.

"Kadang (mahasiswa bertanya) di luar materi yang saya berikan. Karena, saya memberikan keleluasaan sebanyak mungkin untuk bertanya tentang berbagai macam hal. Kalau bisa jawab, saya jawab," ucap Reza.

Reza Rahadian. (Foto: Munady Widjaja)

Pria kelahiran Bogor, Jawa Barat ini juga menceritakan pengalamannya selama menjadi pengajar. Pengalaman uniknya diperoleh ketika ia baru pertama kali mengajar.

"Saya masuk kelas, semuanya kayak kasak-kusuk sendiri gitulah. Ada yang kaget, bingung, macam-macam reaksinya. Tapi, setelah sudah dijalani prosesnya, kangen kalau saya belum ke kampus, kangen sama mahasiswanya," imbuh Reza Rahadian.

Selain itu, pengalaman unik lainnya adalah saat pemeran film 'Habibie & Ainun' ini pulang ke rumah, ia harus memeriksa tugas-tugas mahasiswa yang sudah menumpuk.

"Yang biasanya kalau saya pulang, saya pelajari skrip di tengah waktu yang luang, sekarang saya harus meriksa tugas-tugas yang saya kasih ke mahasiswa," katanya.

Reza Rahadian mengajar di Vokasi Universitas Indonesia. (Foto: Instagram @vokasi_ui dan Instagram @lisanggraeny)

Sebagai seorang praktisi yang juga berkecimpung di industri hiburan Tanah Air, ia memiliki beberapa jaringan yang bisa membuatnya dipermudah ketika akan memberi ilmu kepada para mahasiswanya.

"Saya selalu bilang sama mereka, 'Manfaatkanlah kuliah ini dengan sebaik-baiknya. Apa yang ingin kalian dapat, saya bisa menawarkan beberapa hal yang bisa saya lakukan,'" pungkas Reza.

Namun, di samping itu semua, sebenarnya ia juga tak ingin dirinya disebut sebagai dosen. Baginya, mengajar menjadi salah satu kesempatan untuk berbagi pengalaman kepada anak muda masa kini.

"Kayaknya kalau bilang dosen terlalu berat ya. Saya lebih senang disebut sebagai seseorang yang bisa sharing segala sesuatu," tutur Reza Rahadian.

Reza Rahadian. (Foto: Munady Widjaja)
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.60