kumparan
14 Nov 2018 13:01 WIB

Rizky Febian vs Jaz, Siapa Penyanyi Favoritmu?

Rizky Febian vs Jaz (Foto: Infografik: Sabryna Putri Muviola)
Nama Rizky Febian dan Jaz patut untuk turut disebut ketika kita bicara tentang penyanyi solo Tanah Air yang digandrungi banyak penggemar perempuan. Ya, keduanya menjadi idola berkat lagu-lagu cinta mereka yang romantis nan manis.
ADVERTISEMENT
Tak sekadar punya banyak penggemar, Rizky dan Jaz juga sama-sama berprestasi. Mereka mampu meraih sejumlah penghargaan ketika masih menjadi pendatang baru di dunia musik.
Rizky diberi penghargaan sebagai 'Pendatang Baru Paling Ngetop' dalam SCTV Music Awards 2016 dan 'Pendatang Baru Terdahsyat' di Dahsyatnya Awards 2016. Sementara itu, Jaz terpilih sebagai 'Pendatang Baru Paling Ngetop' dalam SCTV Music Awards 2017 dan 'Pendatang Baru Terdahsyat' di Dahsyatnya Awards 2018.
Keduanya juga dinominasikan dalam kategori 'Artis Baru Terbaik (Lelaki)' dalam Anugerah Planet Muzik 2016. Kala itu, Rizky menang dengan single 'Kesempurnaan Cinta' miliknya, mengalahkan Jaz dengan single 'Dari Mata'.
Rizky Febian (Foto: Munady WIdjaja)
Dibandingkan Jaz, Rizky Febian barangkali lebih tenar. Wajar saja, lelaki yang akrab disapa Iki tersebut lebih dulu terjun ke dunia hiburan meski tak langsung merintis karier sebagai penyanyi solo.
ADVERTISEMENT
Ayah Rizky pun merupakan komedian ternama. Ya, siapa yang tak kenal Sule? Pemain film 'Sule Detektif Tokek' itu jugalah yang menciptakan peluang bagi sang anak untuk menjajal peruntungannya di dunia hiburan.
Eksistensi Rizky memang tak lepas dari bayang-bayang Sule pada awalnya. Hanya saja, ia kemudian memulai sepak terjangnya sebagai penyanyi solo melalui 'Kesempurnaan Cinta' yang dirilisnya pada 2015.
Tanpa pernah disangka, lagu yang diciptakannya sendiri itu meledak di pasaran. Banyak kalangan menyukainya. Dari situlah perjalanan serta perjuangan Rizky melepas bayang-bayang sang ayah dimulai.
Rizky Febian di kumparan. (Foto: Abil Achmad Akbar/kumparan)
Setahun kemudian, lelaki kelahiran 25 Februari 1998 tersebut menyambung kesuksesan 'Kesempurnaan Cinta' dengan menelurkan single kedua, 'Penantian Berharga' pada 2016. Tak berhenti sampai di situ, Rizky meluncurkan single 'Cukup Tau' pada 2017 dan 'Hargai Cinta' pada tahun ini.
ADVERTISEMENT
Rizky Febian juga berencana merilis album perdana dalam waktu dekat. Album tersebut memuat sembilan lagu baru bertema cinta, tanpa sejumlah single yang telah diluncurkan sebelumnya.
Kini, pemain film 'Cahaya Cinta Pesantren' itu tengah merampungkan album perdananya. Ia pun masih enggan membocorkan judul album tersebut.
"Saya enggak mau sia-sia. Ini album perdana buat saya, memang benar-benar banyak yang dipikirkan untuk album ini. Di album ini, Iki juga ingin memperlihatkan jati diri Iki yang sebenarnya," tutur Rizky ketika bertandang ke kantor redaksi kumparan beberapa waktu lalu.
Jaz Hayat (Foto: Munady)
Berbeda dengan Rizky Febian yang telah bercita-cita hendak menjadi selebriti dan pada akhirnya mengikuti jejak sang ayah di dunia hiburan, Jaz tak pernah berencana untuk berkarier di dunia musik. Dulu, lelaki asal Brunei Darussalam itu justru menekuni sepak bola.
ADVERTISEMENT
Ya, pemilik nama asli Aziz Hayat tersebut tak sekadar main-main di bidang olahraga. Ia berhasil bergabung dengan Timnas U-16 Brunei Darussalam dan mengikuti turnamen di Thailand pada 2007. Hanya saja, bernyanyi memang telah menjadi hobinya sejak lama. Ia kerap meng-cover lagu dan mengunggahnya di Facebook yang berisi teman-teman terdekat.
Jaz mulai dikenal publik ketika seorang teman mengunggah video yang memuat dirinya tengah menyanyikan 'I Stalk Your Profile'. Lagu tersebut diciptakan sendiri olehnya.
Berkat kepopuleran 'I Stalk Your Profile', Jaz diundang untuk tampil di Anugerah Planet Muzik 2013. Di sanalah sebuah perusahaan rekaman asal Indonesia menawarinya kontrak rekaman.
Penyanyi Jaz (Foto: Intan Alfitry Novian/kumparan)
'Dari Mata' menjadi single perdana Jaz. Dirilis pada 2016, lagu tersebut sukses memikat hati pendengar dan laris manis di kalangan penikmat musik Tanah Air.
ADVERTISEMENT
Seperti Rizky, lelaki kelahiran 5 Maret 1993 itu kemudian rutin merilis single pada setiap tahun. Sebut saja 'Kasmaran' pada 2017 dan 'Teman Bahagia' pada awal tahun ini.
Sebagai pendatang baru, ia juga tengah mempersiapkan album perdana. Hanya saja, Jaz kini lebih dulu fokus merilis single satu per satu.
"Kalau ngomongin soal album, sebenarnya setelah single by single. Jadi, nanti Jaz bakal kasih tahu, sih, kapan albumnya bakal keluar," ujar Jaz ketika menyambangi kantor redaksi kumparan beberapa waktu lalu.
Jadi, siapa penyanyi favoritmu, Rizky Febian ataukah Jaz?
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·