Pencarian populer

Sosok Chrisye di Mata Fauzan Lubis, Vokalis Sisitipsi

Fauzan Lubis, vokalis Sisitipsi (Foto: Instagram @ohmyjons)

Sisitipsi adalah salah satu grup musik indie jazz yang digandrungi oleh kaum milenial. Salah satu daya tarik grup musik tersebut adalah Fauzan Lubis, sang vokalis.

Pada 8 Desember mendatang, akan digelar sebuah gelaran bertajuk ‘Hip Hip Hura’ yang didedikasikan untuk almarhum Chrisye di Livespace, SCBD, Jakarta Selatan. Fauzan pun didaulat menjadi salah satu penampil. Merasa bangga dan senang, Fauzan mengaku semangat berlatih jelang pementasan.

“Jadi, setiap minggu gue latihan untuk bisa dapetin tensi rasa lagu yang akan gue bawain. Itu sih, persiapan yang paling ekstremnya. Tapi, gue juga sudah enggak sabar sih, sama koreo di acara nanti,” ungkap Fauzan saat ditemui di kawasan Kemang, Jakarta Selatan.

Fauzan Lubis ‘Sisitipsi’ (Foto: Edward Vito/kumparan)

Fauzan menceritakan bahwa ia akan mendaur ulang dua lagu Chrisye yang belum bisa diberitahukan judulnya. Namun, ia mengaku semua aransemen akan dibuat serupa dengan musik yang diusungnya bersama Sisitipsi.

Meski lagu-lagu Chrisye yang dibawakan akan bernuansa serupa dengan musik dari grup bandnya sendiri, Fauzan tetap menemui berbagai kendala. Ia bahkan takut jika nantinya tidak bisa menyampaikan rasa dari lagu Chrisye tersebut pada penonton.

“Karena lagu yang akan gue bawain ini rasanya itu kayak, ketika kondisi lo bahagia, lagu ini bisa buat lo langsung berkaca-kaca. Itu yang lagi gua usahakan,” tuturnya.

Fauzan pun sempat menceritakan bahwa ia mengidolakan beberapa lagu Chrisye, seperti ‘Sendiri’, ‘Serasa’, dan ‘Lilin Lilin Kecil’. Ia juga mengungkapkan seperti apa sosok Chrisye yang baginya lebih dari sekadar idola dan legenda musik Indonesia.

Konferensi Pers ‘Hip Hip Hura’ Chrisye. (Foto: Alexander Vito/kumparan)

“Menurut gue, Chrisye salah satu musisi yang tensi rasanya itu luar biasa. Kalau di luar negeri itu ada Bob Marley, John Lennon, dan Freddie Mercury, Indonesia punya Chrisye. Rasanya tuh sampai, energinya masuk,” kata Fauzan.

Fauzan pun mengaku sedikit banyak mempelajari cara Chrisye tampil di atas panggung. Ia takjub dengan cara Chrisye menggaet animo penonton, meski tanpa banyak melakukan koreografi aneh ketika pentas.

“Kebanyakan gua ngelihat performer, lebih tepatnya pemusik, penontonnya jingkrak-jingkrak, tapi cuma begitu saja. Mereka enggak memikirkan sinyal dari performer ke audience, sedangkan Chrisye fokus ke situ,” imbuhnya.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.55