kumparan
20 Feb 2018 12:56 WIB

Tantangan Cakra Khan Bawakan Soundtrack 'Guru Ngaji'

Cakra Khan. (Foto: Munady Widjaja)
Penyanyi Cakra Khan dipercaya untuk mengisi soundtrack film 'Guru Ngaji'. Pria berusia 25 tahun itu membawakan lagu 'Jangan Mudah Putus Asa', yang diciptakan oleh Ahmad Ferdy dan Ade Govinda.
ADVERTISEMENT
Tantangan dirasakan oleh Cakra saat menyanyikan lagu tersebut. Sebab, ia jarang membawakan lagu yang sarat dengan pesan positif.
"Karena mungkin saya sudah terbiasa menyanyikan lagu yang sedih, jadi mendalami (lagu) yang ada pesan positif tuh agak sedikit harus benar-benar membayangkan. Saya lebih mengingat guru ngaji saya, terus teman main saya," kata Cakra saat ditemui di Hotel Ambhara, Blok M, Jakarta Selatan, Senin (19/2).
Cakra Khan (Foto: Prabarini Kartika/kumparan)
Ia harus melakukan revisi berkali-kali saat proses perekaman lagu 'Jangan Mudah Putus Asa'. Hal itu Cakra lakukan supaya bisa memperoleh hasil yang terbaik.
"Saya bisa enam sampai tujuh kali (revisi rekaman). Karena saya belum puas terus saya rekam lagi," ucap Cakra.
Menurut Cakra, lagu 'Jangan Mudah Putus Asa' bisa membangkitkan semangat. Sehingga, sangat cocok didengarkan oleh orang-orang yang sedang berada dalam kondisi terpuruk. Ia pun termotivasi ketika menyanyikan lagu tersebut.
ADVERTISEMENT
"Jadi lagu ini sangat memotivasi saya dan saya bisa berpikir positif gitu. Karena jujur saya kadang ngeluh capek, saya pengin pulang ke kampung, ngeluh ke ibu," tutur Cakra.
Keputusan Cakra menyanyikan lagu 'Jangan Mudah Putus Asa' juga menjadi pembuktian bagi dirinya. Pria kelahiran Pangandaran, Jawa Barat ini, mau mematahkan stigma bahwa dirinya cuma bisa menyanyikan lagu-lagu sedih.
"Mungkin orang mikirnya Cakra Khan lagunya nangis-nangis dan bikin frustasi. Saya ingin memberikan pandangan ke masyarakat bahwa saya bisa menyanyikan lagu yang positif," ucap Cakra.
Kerap membawakan lagu-lagu sedih ternyata berdampak langsung pada Cakra saat tampil di atas panggung. Ia mengaku kerap menangis ketika manggung.
"Kadang kalau penyanyi itu harus benar-benar dapat feel-nya. Kebetulan lagi, saya semuanya lagu sedih jadi sering (menangis saat nyanyi)," tandas Cakra.
Film 'Guru Ngaji' (Foto: YouTube Chanex Ridhall Pictures)
Film 'Guru Ngaji' berkisah tentang dilema seorang guru ngaji bernama Mukri yang selama ini ikhlas mengajarkan orang-orang membaca Al-Quran, di desa Tempuran tanpa mengharap balasan materi.
ADVERTISEMENT
Namun, kehidupan Mukri sebagai guru ngaji, nyatanya tak cukup untuk menghidupi anak dan istri. Untuk tetap bisa mencukupi kebutuhan keluarga, Mukri terpaksa mengambil pekerjaan sampingan sebagai badut di sebuah pasar malam.
Hal ini membuat Mukri harus berbohong kepada anak dan istri yang tidak tahu, kalau Mukri kerap bersepeda ke desa sebelah untuk menghibur pengunjung pasar malam di sana.
Bagaimana Mukri menjalani dua peran dalam hidupnya itu? Mampukah Mukri menjaga rahasia yang selama ini disimpannya rapat-rapat? Semua akan terjawab dalam film 'Guru Ngaji' yang akan tayang pada 22 Maret mendatang.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan