Pencarian populer

Throwback: Perjalanan Karier Shah Rukh Khan, King of Bollywood

Shah Rukh Khan dulu dan kini. (Foto: AFP/Arko Datta & AFP/Stringer)

Para pecinta film Bollywood pasti sudah tak asing lagi dengan sosok Shah Rukh Khan. Aktor yang kini berusia 52 tahun tersebut sudah berkecimpung di dunia seni peran 1980-an akhir. Saat itu, usianya baru menginjak 20-an awal.

Hingga saat ini, setidaknya lebih dari 80 film pernah dibintangi oleh Khan. Bakat aktingnya yang ciamik membuat pria kelahiran New Delhi, 2 November 1965 tersebut dijuluki sebagai 'King of Bollywood'. Ia juga memiliki penggemar yang begitu banyak di India, bahkan di seluruh dunia.

Shah Rukh Khan (Foto: AFP/Strdel)

Dari puluhan film yang pernah dibintangi, terlihat jelas bahwa Khan sudah pernah memerankan berbagai jenis karakter. Mulai dari peran menjadi pemabuk, hingga jadi seorang ilmuwan NASA.

Pada tahun 1994 misalnya, Khan berperan dalam film berjudul 'Anjaam'. Di film itu, ia memerankan tokoh bernama Vijay, seseorang yang menjadi pembunuh lantaran sakit hati melihat wanita yang dicintainya harus menikah dengan pria lain, dan ternyata malah disakiti oleh pria tersebut.

Shah Rukh Khan di film Anjaam (Foto: Goldmines Telefilms/YouTube)

Beberapa film antagonis lain yang dibintangi oleh Khan antara lain adalah 'Daar' (1993) dan 'Baazigar' (1993). Setelah namanya melambung karena peran-peran jahat yang dimainkan olehnya, beberapa tahun kemudian ia malah lebih sering mendapatkan karakter romantis dan melankolis di berbagai film dengan genre drama romantis.

Seperti misalnya saat ia bermain di film 'Dil To Pagal Hai' (1997). Khan berperan sebagai Rahul, seorang penari yang terlibat cinta lokasi dengan penari wanita yang menjadi rekan satu timnya. Sesuai dengan perannya, tentu saja Khan banyak menyanyi dan juga menari di film tersebut.

Shah Rukh Khan (Foto: YRF/YouTube)

Satu tahun setelahnya, ia kembali mendapat peran utama di film berjudul 'Kuch Kuch Hota Hai'. Sama seperti film sebelumnya, kali ini ia juga memerankan seorang laki-laki bernama Rahul.

Namun di film ini, dikisahkan Khan adalah seorang anak kuliahan yang terjebak dalam cinta dan persahabatan. Rahul memiliki seorang sahabat perempuan bernama Anjali (Kajol) yang diam-diam menaruh hati kepada Rahul. Sedangkan Rahul sendiri jatuh cinta dengan salah satu gadis paling cantik di kampus yang bernama Tina (Rani Mukherjee).

Shah Rukh Khan di film Kuch Kuch Hota Hai (Foto: dok. Sony Music India Vevo/YouTube)

'Kuch Kuch Hota Hai' ini menjadi salah satu film yang melambungkan nama Khan di Indonesia. Banyak orang Indonesia yang jadi tergila-gila dengan sosok Khan setelah menyaksikan film yang kisahnya lucu sekaligus mengharukan tersebut.

Shah Rukh Khan (Foto: marxthedude/YouTube)

Sederet film drama percintaan lain yang pernah dibintangi oleh Khan adalah 'Dilwale Dulhania Le Jayenge' (1995), 'Mohabbatein' (2000), 'Kabhi Khushi Kabhie Gham...' (2001), dan masih banyak lagi.

Memasuki tahun 2000-an awal, Khan mulai mendapatkan peran-peran yang jauh lebih serius. Tak lagi sekadar drama percintaan remaja biasa saja. Di tahun 2002 misalnya, Khan dipercaya untuk membintangi film berjudul 'Devdas'.

Dalam film yang diangkat dari novel milik Sharat Chandra Chattopadhyay yang berjudul sama itu, ia berperan sebagai seorang lelaki kaya bernama Devdas yang baru saja kembali ke rumah setelah menempuh pendidikan di London, Inggris, untuk menikahi teman kecilnya bernama Paro (Aishwarya Rai).

Shah Rukh Khan (Foto: Eros Now Movies Preview/YouTube)

Sayangnya, ibu Devdas yang dipengaruhi oleh menantunya mempermalukan Paro beserta keluarganya, dengan menyebut mereka tak pantas untuk Devdas karena berasal dari kalangan bawah. Setelah itu, ibu Paro yang sakit hati langsung merencanakan pernikahan Paro dengan pria yang lebih kaya dari Devdas.

Devdas akhirnya meninggalkan rumah dan mulai melakukan hal-hal menyimpang, seperti menyambangi rumah pelacuran, hingga menjadi pemabuk berat. Aktingnya di film ini cukup diapresiasi oleh banyak orang. Apalagi, film 'Devdas' ini memiliki akhir yang tak bahagia seperti kebanyakan film romantis lain.

Shah Rukh Khan di Film Swades. (Foto: Youtube/Red Chillies Entertainment)

Dari peran menjadi seorang pemabuk berat, Khan beralih menjadi seorang ilmuwan cerdas dari NASA di film berjudul 'Swades' (2004). Dalam film tersebut, ia berperan sebagai Mohan Bhargava, pria yang bekerja sebagai project manager di NASA, Amerika Serikat.

Selama bekerja di Amerika Serikat, sosok Mohan diceritakan selalu memikirkan Kaveri (Kishori Ballal) yang sudah merawatnya sejak kecil. Ia ingin kembali pulang ke India, mencari Kaveri untuk diajak tinggal bersamanya. Setelah berjumpa, Mohan membangun sebuah pembangkit listrik tenaga air setelah mengetahui kalau ada gangguan daya di tempat tinggal Kaveri di Charanpur, India.

Shah Rukh Khan di Film Swades. (Foto: Youtube/Red Chillies Entertainment)

Satu lagi peran Khan yang memiliki karakter cukup kuat, yakni 'My Name is Khan' yang rilis pada tahun 2010. Ia kembali dipertemukan dengan Kajol di film ini, setelah terakhir terlibat bersama di film 'Kabhi Khushi Kabhie Gham' (2001).

Khan berperan sebagai Rizwan Khan, seorang pemudia muslim India yang didiagnosa terkena sindrom Asperger. Di balik kekurangannya tersebut, ia memiliki kelebihan dalam bidang mekanik. Rizwan kemudian jatuh cinta dengan seorang wanita Hindu beranak satu bernama Mandira (Kajol).

Shah Rukh Khan di My Name is Khan. (Foto: Youtube/Supriyo Das)

Setelah menikah, Mandira dan anaknya, Sameer, menambahkan nama Khan di belakang nama mereka. Rizwan dan keluarga kecilnya pun hidup bahagia di New York, Amerika Serikat. Namun, kebahagiaan mereka kandas setelah ada kejadian penyerangan 11 September di New York. Umat muslim dituduh menjadi dalang atas insiden itu, dan disebut sebagai teroris.

Keberadaan keluarga Rizwan pun terancam. Sameer terbunuh karena berkelahi dengan teman-temannya yang tak terima kalau bocah tersebut berasal dari keluarga muslim. Mandira pun menyalahkan Rizwan atas kematian anak semata wayangnya itu.

Ia kemudian meminta Rizwan angkat kaki dari rumah, bertemu dengan presiden, dan meyakinkan seluruh penduduk Amerika Serikat kalau ia bukanlah teroris. Rizwan pun menanggapi permintaan istrinya itu dengan serius, dan memulai perjalanannya untuk bertemu dengan sang presiden.

Shah Rukh Khan (Foto: Supriyo Das/YouTube)

Beberapa film Khan lain yang menarik minat banyak penonton lainnya adalah 'Don' dan 'Don 2' (2006 dan 2011), 'Chak De! India' (2007), 'Chennai Express' (2013), 'Happy New Year' (2014). Filmnya yang booming selama dua tahun terakhir ini adalah 'Dear Zindagi' (2016) dan 'Raees' (2017).

Dari sederet film yang telah disebutkan di atas, kamu lebih suka penampilan Shah Rukh Khan di film yang mana? Tulis komentarmu di bawah ini, ya.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.23